Cara Meningkatkan CPC Adsense Blog Yang Efektif

Cara meningkatkan CPC adsense blog agar tinggi, menaikan CPC google adsense rendah dengan cepat ,optimasi iklan adsense agar CPC  blog naik dan tinggi

Bagaimana cara meningkatkan CPC Adsense blog atau menaikan CPC penghasilan iklan adsense.

Sebagai blogger atau publisher adsense yang telah menyangkan iklan di blog tentunya menginginkan CPC adsense tinggi.

Hal yang sering terjadi adalah ternyata CPC adsense rendah pada blog.

Jika jumlah pengunjung blog yang tertarik oleh iklan adsense banyak namun CPC atau Cost per click rendah sangat disayangkan bukan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan CPC adsense di blog agar pendapatan blog meningkat.

Apa itu CPC Adsense

CPC adsense adalah Cost per click atau BPK yaitu biaya per klik yang terima oleh publisher adsense jika iklan adsense yang dipasang pada blog mendapat klik oleh pengunjung.

CPC adsense yang tinggi adalah dua sisi yang selalu bertolak belakang bagi pengiklan dan publisher.

Pengiklan menginginkan CPC rendah sehingga biaya pasang iklan di google adsense menjadi lebih kecil sesuai dengan anggaran yang pengiklan sediakan.

Bagi pengiklan, CPC adsense rendah menjadi sebuah keuntungan karena dapat menayangkan banyak iklan dengan penawaran anggaran pada bit keyword yang ditargetkan.

Namun bagi blogger menginginkan CPC tinggi di blog agar pendapatan meningkat.

Dari kedua sisi tersebut tidak dapat disatukan antara pendapat pengiklan dan pemilik blog sebagai publisher adsense mengenai CPC.

Sebagai blogger tentunya harus memiliki strategi yang efektif untuk meningkatkan CPC adsense di blog atau website yang kalian kelola.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi biaya per klik atau cost per click iklan google adsense yang diterima pemilik blog sebagai publisher adsense.

Besarnya CPC yang diterima oleh publisher pada setiap iklan tentunya berbeda-beda.

Saat CPC kecil pada rata-rata CPC yang diketahui dari laporan di dashboard adsense maka posisi penargetan bit oleh pengiklan yang akan ditayangkan di blog kalian kemungkinannya akan kecil juga.

Bid pengiklan tentunya akan memilih range atau jangkauannya bid terendah dan bit tertinggi pada setiap keyword yang digunakan pengiklan.

Cara Meningkatkan CPC Adsense Blog

Jika sekarang kalian mengalami CPC adsense rendah di blog, Inilah cara menaikan atau meningkatkan CPC adsense di blog yang efektif dan cepat berikut ini.

1. Menentukan Niche Blog

Tentukan niche atau tema blog yang memiliki CPC tinggi dibanding niche lainnya.

Sebelum membuat blog atau website maka tentukan niche atau tema blog yang memiliki nilai CPC tinggi.

Memilih niche atau tema pembahasan yang tepat adalah cara pertama untuk meningkatkan CPC adsense.

Blog yang memiliki satu tema saja cenderung memiliki CPC yang lebih tinggi dibanding blog yang meiliki tema beragam pembahasan dalam artikelnya sehingga iklan yang ditayangkan akan lebih relefan dengan tema.

Untuk tema atau niche dengan CPC tinggi dapat kalian pilih sesuai dengan minat dan keahlian kalian, jadi apapun minat atau tema yang akan kalian buat di blog akan meningkatnkan CPC Adsense.

Pengiklan akan menargetkan keyword sesuai dengan niche blog.

Pengunjung pada satu niche akan mencari artikel yang sesuai dengan minat mereka sehingga kemungkinan penndapatan iklan akan lebih besar dibanding dengan blog yang memiliki tema pembahasan yang bermacam-macam.

Bagaimana jika blog kalian memiliki tema yang beragam atau membahas lebih dari satu tema.

Tema blog yang beragam tentunya juga dapat dinaikan Cpcnya dengan langkah dan cara selanjutnya berikut ini.

2. Membuat Konten Berkualitas

Setelah menentukan niche maka langkah selanjutnya meningkatkan CPC google adsense adalah membuat konten atau artikel berkualitas.

Konten berkualitas harus memiliki dua kriteria yaitu konten atau artikel yang dibutuhkan oleh pengunjung blog dan konten yang sesuai dengan SERP atau pencarian query atau kata kunci di mesin pencari.

Dengan artikel berkualitas maka kunjungan blog akan semakin banyak dan peluang pengunjung tertarik pada iklan akan lebih besar sesuai dengan minat pengunjung pada niche atau keyword adsense yang dimasukan sesuai dengan query pada pencarian di google.

Konten atau artikel berkualitas tidak hanya menargetkan pada query atau kata kunci yang sesuai dengan SERP saja, optimasi gambar di blog dengan menggunakan alt text atau deskripsi gambar yang juga kan meningkatkan traffics pengunjung untuk menaikan CPC adsense blog kalian.

3. Memasukan Keyword CPC Tinggi

Optimalkan artikel atau konten di blog dengan memasukan keyword CPC tinggi adalah salah satu cara untuk meningkatkan CPC adsense.

Cara untuk menemukan keyword CPC tinggi adalah dengan menggunakan Keyword planner google ads.

Caranya kalian tinggal daftar keyword planner google ads dengan akun google gmail kalian kemudian ikuti langkah-langkahnya sampai selesai karena mudah dilakukan.

Selanjutnya cari atau masukan kata kunci di google keyword planner yang akan kalian gunakan.

Temukan dan tentukan keyword dengan volume traffics yang cukup dan pilih bid nilai tinggi.

Setelah itu buat artikel dengan judul yang memasukan kata kunci tersebut.

Tool gratis untuk mencari CPC tinggi juga dapat menggunakan ektensi Keyword Surfer di browser chrome kalian.

Masukan kata kunci di pencarian google chrome, kemudian temukan keyword dengan nilai cpc terbaik di pencarian.

Masukan keyword tersebut dalam judul artikel kalian atau update artikel kalian dengan memasukan keyword tersebut tanpa berlebihan dapat meningkatkan CPC blog. 

4. Menentukan Ukuran Iklan Adsense

Buat unit iklan dengan ukuran yang memiliki peluang CPC tinggi yang sering dipasang oleh pengiklan brand besar yang ingin menampilkan iklannya secara optimal dengan ukuran banner adsense yang besar.

Pasang iklan banner adsense ukuran tetap dengan peluang CTR tinggi seperti banner adsense ukuran 728 x 90 px, 300 x 600 px, 160 x 600 px dan 970 x 250 px.

Baca juga : Ukuran iklan adsense dengan CPC tinggi

Pilih salah satu ukuran iklan tersebut untuk dipasang pada blog kalian disamping juga memasang iklan responsive dan iklan otomatis.

Setelah menentukan ukuran iklan tetap maka langkah selanjutnya adalah menempatkan posisi iklan di blog yang strategis untuk mendatangkan minat pengunjung blog untuk tingkatkan CPC google adsense.

5. Mengurangi Iklan Adsense Yang Dipasang

Pasang iklan adsense dalam jumlah yang wajar, artinya sesuaikan dengan panjangnya artikel yang dibuat.

Baca juga : Cara memasang iklan adsense di blog

Pasang 2 sampai 3 iklan pada artikel pada setiap halaman. Jika kalian memasang iklan otomatis maka lakukan eksperimen adsense melalui dashborad adsense pada menu pengoptimalan kemudian pilih eksperimen.

Atau atur iklan otomatis melalui menu Iklan, lalu edit di situs dan kurangi penayngan iklan otomatis menjadi 80 persen.

Atur juga pada tayangan iklan otomatis ovelay pada iklan vinyet atau anchor.

Mengurangi jumlah iklan yang dipasang akan memperbesar ratio CPC akan memperbesar kemungikan munculnya ratio iklan yang sesuai dengan isi artikel untuk meningkatkan CPC adsense yang lebih tinggi,

6. Memasang iklan Pada Posisi Yang Strategis

Pasang iklan adsense pada posisi yang strategis agar mudah dilihat oleh pengunjung blog.

Pasang ukuran iklan adsense banner 970 x 250 pixel atau 728 x 90 pixel dibagian atas yaitu dibawah menu navigasi atau dibawah judul artikel.

Memasang iklan adsense di bawah menu navigasi atau di header memudahkan pengunjung untuk melihat iklan saat pertama membuka blog atau artikel, sehingga memperbesar peluang cost per click adsense yang lebih besar.

Tempatkan iklan dibagian atas artikel yaitu dibawah judul dan dibawah menu navigasi atau di header untuk meningkatkan peluang CPC blog tinggi dengan memasang iklan google adsense ukuran banner.

7. Optimasi Iklan Adsense

Lakukan optimasi iklan google adsense melalui dashboard pada menu iklan yaitu dengan mengizinkan google untuk mengoptimalkan ukuran iklan dan jenis iklan pada seluler.

Cara optimasi iklan adsense adalah buka dashboard adsense kemudian pilih menu Iklan > pilih Setelan Global kemudian aktifkan izinkan google mengoptimalkan ukuran iklan seluler anda.

Optimalkan juga iklan adsense di pengaturan pada iklan otomatis jika kalian memasangnya di blog atau website kalian yaitu dengan mengoptimalkan unit iklan yang sudah ada dengan iklan otomatis yang dipasang di blog kalian.

8. Meningkatkan Kecepatan Blog

Kecepatan loading blog atau website dapat mempengaruhi CPC di blog, mengapa demikian.

Perkembangan teknologi mobile device atau seluler seperti pengguna HP dan tablet semakin meningkat untuk membuka blog dan website.

Kecepatan loading blog pada perangkat seluler di HP adalah peluang meningkatnya CPC blog, sehingga kecepatan blog menjadi prioritas yang harus ditingkatkan.

Optimasi kecepatan blog untuk mempebesar peluang traffics seluler mendapatkan banyak peluang iklan adsense di HP atau mobile device.

Cek kecepatan blog atau website kalian menggunakan Page Insights google, untuk mengetahui peluang perbaikan untuk meningkatkan kecepatan blog dan website.

Tingkatkan kecepatan blog untuk menukan CPC adsense maka Buka google search console, kemudian lihat pada Data web inti, perbaiki masalah kecepatan blog dengan memperbaiki LCP.

9. Memblokir Iklan Adsense CPC Rendah

Google adsense memilkii fitur untuk mengatur iklan yang ditayangkan di blog yaitu dengan memblokir iklan, jika kalian menganggap iklan tersebut tidak sesuai dengan niche blog atau mengandung unsur sensitif.

Bagaimana jika ingin memblokir iklan sdsense CPC rendah, hal itu sah-sah saja sepanjang tidak melanggar kebijakan google adsense.

Membokir iklan adsense CPC rendah yang tidak sesuai dengan tema blog memperbesar peluang iklan lain dengan CPC lebih bagus untuk tayang di blog kalian, meskipun memblokir iklan adalah bukan pilihan bijak untuk meningkatkan CPC adsense.

Utamakan membuat konten berkualitas dengan menggunakan keyword CPC tinggi serta optimasi blog atau website unuk mendatangkan traffics blog.

10. Menargetkan Kata Kunci Pada Suatu Wilayah

Menargetkan keyword atau kata kunci pada suatu wilayah akan memilki besarnya CPC yang berbeda.

Jika kalian menargetkan kata kunci di Indonesia tentunya tidak akan mendapatkan CPC yang tinggi karena CPC di negara-negara asia CPCnya rendah.

Niche blog dan penargetan kata kunci dengan CPC Amerika lebih tinggi dibanding di Asia.

Begitu juga akan cost per click adsense akan berbeda pada penargetan keyword di negara-negara Eropa.

Gunakan tool untuk mencari keyword dengan penargetan kata pada suat wilayah atau negara dengan CPC tinggi.

Setelah kalian mengetahui tips dan trik cara meningkatkan CPC adsense di blog dan website maka kalian dapat melakukan cara yang sesuai dengan kodisi blog kalian untuk meningkatkan CPC adsense di blog.