Cara Mengetahui Kecepatan Website / Blog

Cek kecepatan website dengan speed test agar kecepatan loading website meningkat

Kecepatan dalam membukawebsite adalah salah satu kunci dalam memenuhi SEO agar muncul di halaman pertama pencarian di search engine.

Kecepatan website adalah tingkat kemampuan situs website dan blog menampilkan halaman pada setiap browser mulai dari Klik sampai dengan halaman web terbuka penuh pada setiap browser baik di Chrome, Safari Macbook, Opera, Firefox atau Microsoft Edge yang di install Macbook.

Blog muncul di halaman pertama penelusuran google adalah target yang ingin dicapai bagi setiap website atau blog.

Kecepatan loading website ditentukan oleh beberapa hal yang saling terkait yang mempengaruhi kecepatan website.

Sebelum melangkah cara mengetahui kecepatan website kalian hal yang harus dilakukan adalah melakukan Optimasi Kecepatan Website atau Blog terlebih dahulu.

Untuk mengetahui kecepatan website dapat dilakukan dengan menggunakan tool test kecepatan website. Salah satunya dengan menggunakan PageSpeed Insights.

Tes kecepatan dapat dilakukan untuk versi mobile dan desktop yang dapat dipilih pada icon SELULLER atau DESKTOP. Page Speed Insights juga berisi laporan data yang mempengaruhi kecepatan website atau blog dan saran perbaikan agar kecepatan website atau blog lebih optimal.

Cara Cek Kecepatan Website / Blog dengan Page Speed Insigths

Buka Page Speed Insigths.

Masukan URL Website atau Blog.

Cara mengetahui kecepatan website atau blog untuk meningkatkan blog menjadi mobile friendly

Hasil test speed dengan menggunakan PageSpeed Insights dapat diketahui dengan nilai Skor kecepatan blog dan website dalam tiga katagori yaitu Cepat, Sedang dan Lambat.

Hasil pengetesan dapat diketahui untuk tiga katagori yaitu Metrix, Peluang dan Diagnostik.

Metrix adalah data yang menunjukan nilai dari setiap katagori yang menunjukan skor yang ditunjukan dengan kode lambang dan warna.

Kriteria penilaian berupa First Contentful Paint, Speed Index, Largest Contentful Paint, Time to Interactive, Total Blocking Time dan Cumulative Layout Shift.

Cara menegtahui kecepatan website dan blog dengan speed test untuk optimasi kecepatan loading website

Katagori Kecepatan Website atau Blog

1. Warna Merah dengan skor 0 – 49, menunjukan kecepatan website atau blog LAMBAT.

2. Warna Orange dengan skor 50 - 89, menunjukan kecepatan website atau blog SEDANG.

3. Warna Hijau dengan skor 90 – 100, menunjukan kecepatan website atau blogCEPAT.

Peluang berisi Saran agar kecepatan loading website lebih cepat dengan menyertakan hal apa saja yang perlu di tingkatkan untuk mengoptimalkan kecepatan website.

Diagnostik berisi informasi yang mempengaruhi kecepatan loading blog secara tidak langsung yang berisi saran perbaikan yang dapat ditingkatkan.

Tiap parameter penilian berisi data yang harus dilakukan dalam memperbaiki kecepatan website / blog yang bisa dilihat pada rincian masing-masing katagorinya.

Cara Meningkatkan Kecepatan Blog atau Website

1. Gunakan Tema atau Template yang responsive dan ringan. Template yang responsive memiliki kemampuan untuk menyesuaikan halaman dengan cepat pada Tampilan Seluler atau Mobile Friendly

2. Kurangi video dan flash pada website atau blog. Waktu loading video membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga berpengaruh terhadap kecepatan website.

3. Atur gambar dengan format yang sesuai pilih pada pengaturan ukuran gambar di blogger pada ukuran sedang, besar atau ekstra besar dalam format JPG, PNG atau Webp dan jangan memilih pada format ukuran asli karena akan berpengaruh terhadap Masalah Large Contentful Paint atau LCP.

Kompres ukuran file gambar menjadi lebih kecil dan disarankan ukuran gambar kurang dari 100 kb

4. Kurangi penggunaan Widget yang tidak terlalu diperlukan yang akan memberatkan kecepatan loading website.

5. Kurangi penggunaan Script dan Pengaturan Css pada template yang tidak terlalu diperlukan untuk digunakan.

6. Gunakan fitur Lazyload pada template untuk meningkatkan kecepatan blog.

Tingkatkan kecepatan website dengan cara mengetahui kecepatan website atau blog menggunakan Speed Tes Insights sehingga pengoptimalan SEO kecepatan website dapat ditingkatkan agar muncul dihalaman pertama pencarian search engine.