Cara Membuat Paragraf Menjorok (Indent) Di Word

cara membuat paragraf menjorok kedalam di word. cara membuat paragraf menjorok 5 dan paragraf menjorok 7 ketukan pada paragraf

Tutorial microsoft word bagaimana cara membuat paragraf menjorok di word dengan mengatur indent pada paragraf di word.

Saat kalian mengetik menggunakan ms word pastinya akan membuat paragraf.

Penulisan dalam membuat paragraf secara umum ada dua jenis yaitu pertama paragraf rata kiri keseluruhan yaitu paragraf tanpa menggunakan indent.

Kedua, paragraf menjorok kedalam yaitu paragraf dengan baris pertama atau first line masuk kedalam paragraf. Atau paragraf dengan keseluruhan menjorok kedalam tanpa menggunakan first line dengan menggunakan increase indent.

Cara Membuat Paragraf Di Word

Paragraf menjorok kedalam sering digunakan saat membuat tulisan pada surat resmi, skripsi, tesis dan tulisan ilmiah lainnya yang sering digunakan oleh pelajar dan mahasiswa.

Cara membuat paragraf yang menjorok kedalam di word dapat diatur dengan menggunakan indentasi menggunggakan Indent tab dan format paragraf.

Dari kedua cara menjorokan paragraf semuanya mudah untuk dilakukan sehingga kalian dapat memilih cara mana yang paling mudah digunakan terutama untuk merapikan paragraf yang berantakan.

Inilah langkah langkah cara membuat indent paragraf menjorok kedalam di word 2000, 2007, 2010, 2013, 2017, 2019 dan Word di macbook dapat dilakukan pada semua versi word dengan cara yang sama.

Cara Membuat Paragraf Menjorok Di Word

Melangkah pada cara pertama yaitu membuat paragraf menjorok kedalam dengan menggunakan toolbar formating.

Membuat Paragraf Menjorok Dengan Toolbar Formating

Pada toolbar formating di word terdapat icon yang berfungsi untuk membuat paragraf masuk kedalam yaitu Increase Indent.

Dengan menggunakan Increase Indent maka paragraf akan menjorok kedalam dengan rata kiri secara default dengan jarak 1,27 cm atau 0,5 inci dari margin.

cara membuat paragraf menjorok kedalam di word. cara membuat paragraf menjorok 5 dan paragraf menjorok 7 ketukan pada paragraf

Dan untuk mengembalikan agar paragraf tidak menjorok kedalam maka pilih Decrease Indent.

Untuk memulai membuat paragraf dengan Increase Indent adalah buat file baru di word kalian, kemudian pilih Increase Indent kemudian tuliskan teks di word dan otomatis paragraf akan menjorok kedalam.

Jika kalian ingin mengatur paragraf yang sudah kalian buat dan ingin memasukan paragraf kedalam maka blok atau seleksi paragraf tersebut kemudian pilih Increase Indent.

Membuat Paragraf Menjorok Kedalam Dengan Indent Tab ruler

Cara kedua membuat paragraf menjorok adalah dengan menggunakan Indent Tab dan Hanging Tab.

Baca Juga : Cara Mengatur Jarak Spasi Tab Stop Di Word

Indent tab berada pada Ruler atau penggaris di word, jadi jika ruler kalian tidak muncul maka kalian dapat mengaturnya pada menu View, kemudian checklist Ruler dan ruler akan muncul di word kalian.

Arahkan kursor pada Tab First Line Indent, klik kiri tahan dan seret kekanan untuk membuat paragraf menjorok kedalam pada baris pertama.

cara membuat paragraf menjorok kedalam di word. cara membuat paragraf menjorok 5 dan paragraf menjorok 7 ketukan pada paragraf

Untuk menjorokan seluruh paragraf geser Hanging Indent ke kanan dan sesuaikan jaraknya pada ruler.

Membuat Paragraf Menjorok Kedalam Dengan Menu Format Paragraf

Pilih Home dan pada Ribbon kemudian pilih Paragraph > pilih Paragraph Setting.

cara membuat paragraf menjorok kedalam di word. cara membuat paragraf menjorok 5 dan paragraf menjorok 7 ketukan pada paragraf

Atur pada Indentation > Special, pilih First Line > pada By isikan indent pada baris pertama sehingga paragraf menjorok kedalam, dan sebagai contoh saya membuat 1 cm.

Membuat Paragraf Menjorok Kedalam 7 Ketukan

Paragraf menjorok kedalam 7 ketukan adalah paragraf yang menjorok dengan jarak 7 karakter dari margin atau indentasi kiri yang biasa digunakan untuk membuat tulisan ilmiah skripsi, tesis atau laporan ilmiah laiinnya.

Cara mengatur paragraf menjadi 7 ketukan atau karakter pada First Indent sekitar 1,27 cm.

Membuat Paragraf Menjorok Kedalam 5 Ketukan

Sedangkan membuat paragraf di Word menjorok kedalam 5 ketukan dengan angka first line sekitar 1 cm.

Jarak spasi menjorok kedalam pada paragraf dengan satuan centimeter akan berbeda dengan ketukan atau karakter, karena pada ruler tidak ada pengaturan berdasarkan jarak karakter maka paragraf menjorok ke dalam pada 5 ketukan dan 7 ketukan dapat kalian perkirakan pada pengaturan First Line Indent dalam satuan centimeter di ruler.

Demikian cara membuat paragraf menjorok di word yaitu paragraf menjorok kedalam pada baris pertama dengan mengatur indentation pada indent tab di ruler dan pada format paragraf First line indent.