Cara SEO agar Website / Blog Mobile Friendly dan cara mengetahuinya

Optimalisasi website / Blog adalah sebuah strategi atau cara agar website masuk dalam index search engine dan tampil di halaman pertama pencarian. 

Website yang Mobile Friendly sebagai salah satu faktor dalam mengoptimalkan SEO yaitu Search Engine Optimization  pada website atau blog agar mudah ditemukan oleh mesin pencari “search engine”.

Mengapa Website harus mobile friendly

Pesatnya peningkatan pengguna pada perangkat mobile sekarang ini menjadi perhatian utama bagi pengelola atau setiap pemiliki website dan blog harus mampu meningkatkan kebergunaan seluler atau mobile friendly.

Mobile friendly atau Mobile Responsive adalah kemampuan menyesuaikan tampilan di segala ukuran layar pada semua perangkat mobile di handphone dan tablet.

Kemampuan website dan blog yang mobile friendly menjadi prioritas utama agar wesbite masuk pada peringkat satu google serta pada penelusuran lainnya.

Salah satu cara SEO untuk meningkatkan peringkat di pencarian adalah dengan cara membuat web yang responsive yaitu menggunakan template responsive pada perangkat mobile.

Template responsive memiliki kecepatan loading yang baik saat membuka halaman web atau blog menggunakan layar berkuran kecil di perangkat mobile.

Cara SEO Website Mobile Friendly

  1. Gunakan tema atau template yang responsive. Tema atau template yang responsive mendukung untuk pengoptimalan pada mesin pencari atau SEO yang baik. Menggunakan tema yang responsive berhubungan dengan kecepatan dalam mengakses blog atau website lebih cepat.
  2. Kurangi flash atau video yang dapat memperlambat kecepatan akses dalam membuka website atau blog. Pada perangkat mobile, flash dan video dapat mempengaruhi kecepatan loading sehingga mobile friendly menjadi kurang maksimal.
  3. Gunakan gambar dalam format yang ringan seperti PNG dan Webp.
  4. Kompres ukuran dimensi gambar dan ukuran file menjadi lebih kecil sehingga kecepatan loading saat membuka halaman lebih cepat. Gunakan ukuran pada dimensi yang tepat yaitu gambar ukuran kecil, sedang, besar atau ekstra besar agar lebih responsive pada tampilan mobile.
  5. Gunakan huruf yang mudah diakses pada website atau blog. 
  6. Kurangi penggunaan Script yang tidak begitu diperlukan seperti menambah gadget pada website atau blog.

Baca Juga :

Cara mengetahui website atau blog mobile friendly

Untuk mengetahui apakah Blog atau website sudah mobile friendly dengan menggunakan tools mobile freindly test.  

Cara Cek Website Mobile-Friendly

  1. Ketikan Mobile-Friendly Test Google pada pencarian google, Buka dengan Browser Chrome yang sudah terhubung dengan akun google untuk terhubung ke Search Console Google.
  2. Masukan URL blog atau website.

Hasil Mobile Friendly Test

Hasil Test dibawah ini menunjukan bahwa website atau blog Mobile Friendly :

Lihat Screenshot,  menunjukan gambar halaman website dalam tampilan di smarthphone.

Lihat HTML halaman yang dirender menunjukan halaman blog atau website dengan format html.

Tidak ada masalah pemuatan, Klik LIHAT DETAIL.


Agen Pengguna : Smartphone Googlebot, menunjukan pengujian melalui smartphone.

Klik TAMPILKAN SEMUA KONTEN untuk melihat semua aset halaman telah di muat, menunjukan halaman yang dimuat semua saat pengujian.

Pesan Console Javascript : Tidak ada pesan, menunjukan halaman yang di uji mobile friendly

Apakah website atau blog kalian sudah mobile friendly dari hasil uji test tersebut. 

Dengan mengetahui halaman telah mobile friendly maka salah satu kriteria SEO website telah terpenuhi dan mempermudah penelusuran pada search engine.