Cara Daftar Adsense dan Syarat Monetisasi Blog agar cepat diterima

Cara daftar google adsense di blogger dan syarat monetisasi blog atau website agar memenuhi syarat tayang iklan

Inilah panduan dan tips cara daftar google adsense pada blog dan website beserta syarat monetisasi blog agar cepat diterima untuk menayangkan iklan dari google adsense.

Apa Google Adsense Itu

Google Adsense adalah program tayangan iklan google untuk blog, website atau Youtube.

Salah satu cara agar blog atau website mendapatkan uang adalah dengan membuat akun google adsense dan memenuhi syarat daftar google adsense.

Syarat monetisasi agar blog dapat menayangkan iklan google secara umum adalah memiliki artikel atau konten yang cukup, memiliki keunikan sebagai konten yang berkualitas dan orisinil tulisan sendiri.

Cara daftar google adsense untuk blog sebenarnya sangat mudah tetapi sebelum melakukannya maka perlu membuat akun adsense terlebih dahulu dengan menggunakan Akun Google.

Lakukan persiapan yang matang agar blog atau website memenuhi syarat google adsense dan tidak melanggar kebijakan google.

Baca juga :

Cara membuat akun Google Analytics

Syarat Daftar Google Adsense Agar Blog Cepat Diterima

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh blogger yang ingin cepat memonetisasi blognya untuk memasang iklan adsense.

Google adsense sendiri sebenarnya memberikan syarat yang mudah, namun dalam kenyataannya banyak blogger yang di tolak adsense karena kualitas blog belum memenuhi syarat karena alasan low value content.

Google memberikan gambaran syarat blog agar diterima adsense dengan membuat content atau artikel berkualitas dan memberikan pengalaman bagi pengunjung blog.

Konten berkualitas artinya bahwa blog kalian harus memiliki artikel original, dibuat sendiri, memenuhi syarat artikel berkualitas dan SEO friendly.

Artikel harus memberikan pengalaman berharga artinya bahwa blog atau website harus mendatangkan banyak traffic organic atau pengunjung ke blog dan website.

Jika blog atau website memiliki banyak traffic maka pengiklan akan datang dengan sendirinya, begitu juga dengan google adsense tidak menerima blog yang sepi pengunjung meskipun tidak menyebutkan berapa jumlah pengunjung blog sebagai syarat diterima adsense.

Syarat Monetisasi Agar Blog Cepat Diterima Adsense

Inilah syarat monetisasi blogger agar diterima google adsense sehingga dapat memasang iklan adsense di blog.

1. Pemilik Akun Adsense Telah Dewasa

Syarat daftar google adsense yang harus dipenuhi adalah umur pemilik akun adsense adalah lebih dari 18 Tahun

Jika umur kalian kurang dari 18 tahun maka kalian dapat meminta orang tua atau wali untuk mendaftarkan dengan akun mereka dan jika disetujui maka semua pembayaran akan diserahkan kepada orang tua atau wali sebagai pihak yang bertanggung jawab atas blog atau website tersebut.

2. Memiliki Artikel Berkualitas Dalam Jumlah Yang Cukup

Siapkan konten atau artikel yang berkualitas dalam jumlah yang cukup.

Google sendiri tidak menyebutkan berapa jumlah minimal artikel pada blog saat kalian mendaftarkan blog ke google adsense.

Yang menjadi prioritas google adsense adalah Artikel berkualitas yang unik dan membawa pengalaman berbeda bagi pengguna, memiliki nilai tambah yang di butuhkan pengguna dan mendatangkan pengunjung organic murni di pencarian google.

Artikel berkualitas mudah ditemukan oleh mesin pencari dengan meningkatkan kualitas SEO yang disukai oleh mesin pencari.

Artikel berkualitas cepat dimasukan dalam indeks google, mudah ditemukan oleh pengguna sehingga meningkatkan traffics blog sebagai salah satu syarat monetisasi blog dan website.

3. Menggunakan Template Blog Responsive

Syarat agar monetisasi adsense yaitu menggunakan template blog yang responsive dan siap untuk menampilkan tayangan iklan.

Saat pertama mendaftar google adsense maka kalian akan harus memasukan kode atau tag html pada template dan tag iklan otomatis.

Jika blog atau website kalian diterima maka dapat langsung menayangkan iklan otomatis adsense. Namun jika template yang digunakan tidak mendukung maka google adsense akan menolaknya karena tidak memenuhi syarat untuk menyangkan iklan.

Template Responsive adalah template dapat menyesuian pada tampilan mobile friendly pada perangkat seluler pada HP dan tablet.

Cek apakah blog atau website sudah mobile friendly. Template yang tidak mobile friendly akan memperberat website atau blog pada tampilan di HP sehingga akan mempersulit tayangan iklan adsense.

Jika template tidak mendukung maka akun adsense yang didaftarkan akan ditolak karena tidak compatible terhadap tayangan iklan google ads.

4. Traffic Blog Cukup

Meskipun google adsense tidak menyebutkan berapa jumlah traffic yang harus dicapai sebagai syarat google adsense agar diterima.

Berdasarkan pengalaman pribadi maka traffic blog harus memenuhi jumlah visitor blog secara organic di pencarian google yang mencukupi.

Pengalaman pribadi blog pengunjung blog harus stabil kurang lebih selama 3 bulan yaitu mencapai 500 pengunjung organic per hari dari pencarian google atau 15000 per bulan atau 45000 per 3 bulan.

Kalian dapat melihat berapa jumlah kunjungan visitor blog di google search console. Jika kunjungan blog sudah mencukupi maka kalian dapat mendaftar ke google adsense.

Jika kunjungan blog masih sedikit maka tingkatkan traffic organic dari google terlebih dahulu sampai stabil, meskipun saat traffic sedikit kalian dapat mendaftar google adsense namun kemungkinan di tolak lebih besar.

Jika akun adsense di tolak karena low value content maka perbaiki traffic blog terlebih dahulu sampai stabil kemudian ajukan permintaan peninjuan akun adsense pada blog kalian sampai diterima.

5. Gunakan Menu Navigasi Blog Yang Baik

Cek menu navigasi pada blog yaitu menu dropdown pada header yang dapat diakses dengan mudah.

Link pada menu navigasi atau dropdown menu tidak terdapat brokenlink yaitu menu navigasi dapat dibuka dengan baik.

Menu navigasi harus bekerja dengan baik agar tidak menimbulkan masalah iklan adsense dibatasi karena traffic tidak valid pada google adsense yaitu kesalahan menu navigasi yang menempel pada iklan adsense, terutama ikan adsense yang dipasang dibagian atas yang berdekatan dengan menu navigasi.

Huruf yang digunakan mudah dibaca dengan susunan teks dan gambar yang relefan dengan tata letak blog yang teratur dan rapi pada bagian header, body, sidebar dan footer sehingga pengunjung web ingin berlama-lama pada menemukan artikel yang dibutuhkan yang dapat di cari pada kotak pencarian blogger.

Siapkan kolom komentar untuk interaksi dengan pengunjung, lakukan moderasi komentar sebelum ditayangkan agar sesuai dengan kebijakan program adsense.

6. Tidak Ada Broken Link

Lakukan pengecekan terhadap semua url pada blog baik link internal yang mengarah ke blog sendiri ataupun link keluar.

Jangan sampai ada Broken link pada blog atau website dengan Cek dan perbaiki broken link pada blog atau website

7. Membuat About, Sitemap, Disclaimer, Privacy Policy dan Contact Blog

Lengkapi website atau blog dengan definisi blog dengan halaman About, Sitemap atau peta situs, Disclaimer, Privacy and Policy, dan Contact sebagai syarat kelengkapan sebuah situs.

Membuat privacy policy pada blog adalah syarat yang harus dipenuhi karena setelah akun adsense diterima maka kalian harus mengaktifkan dan membuat pesan GDPR bagi pengguna di Uni Eropa meskipun kalian blog kalian tidak berada di wilayah Uni Eropa namun harus mematuhi aturan tersebut sebagai sebagai publisher adsense.

8. Perhatikan Umur Blog

Daftarkan blog atau website kalian setelah blog setelah berumur 3 bulan, meskipun umur blog yang telah lama bukan jaminan di terima google adsense namun setelah 3 bulan maka dapat diperkirakan bahwa blog telah stabil.

Stabil artinya bahwa blog tidak tergolong sebagai blog baru yang biasanya masih bongkar pasang mengatur tampilan blog seperti mengganti template, merubah tata letak blog, menambah dan mengurangi menu navigasi yang sering dilakukan oleh blog baru.

Jadi dalam waktu tersebut maka blog atau website kalian sudah matang pada masalah tata letak, penambahan halaman dan lainya sehingga tidak dianggap sebagai blog baru yang masih mengubah-ubah blognya.

Jika blog sudah memenuhi syarat adsense dan sekarang waktunya untuk mendaftar google adsense blog atau website.

Platform blog dapat digunakan untuk melakukan monetitasi google adsense seperti blogger, wordpress, blog weebly.

Inilah langkah-langkah cara daftar adsense di blogger.

Cara Daftar Google Adsense di Blogger

1. Buka dashboard Blogger di Blogspot.

2. Buka menu Setelan atau Setting kemudian pada pengaturan Bahasa Blog ubah menjadi Bahasa Inggris atau English.

3. Kembali ke dashboard Blogspot kemudian pilih Penghasilan, terbuka jendela Buat Akun Adsense Baru, kemudian Klik BUAT AKUN ADSENSE.

4. Kemudian terbuka jendela untuk mengisi data untuk daftar akun adsense dengan mengisi URL Blog atau Website, Klik Ya pada bagian dapatkan manfaat lebih banyak dari Adsense.

5. Selanjutnya pilih negara, jika sudah Ceklist pada persetujuan untuk mengikuti peraturan dan kebijakan adsense, Selanjutnya Klik Buat Akun.

6. Masukan informasi Pembayaran dengan mengisi data lengkap dan nomor Handphone kalian. Jangan lupa selalu mengecek email yang masuk saat kalian mendaftar google adsense.

6. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan adsense ke Blog dengan memasukan kode Script penayangan adsense pada blog yang nantinya diletakan diantara <head> dan </head>. Salin atau copy kode tersebut.

7. Buka dashboard blogger kemudian masuk ke Pengaturan kemudian pilih Tema selanjutnya pilih edit HTML. Selanjutnya paste atau tempel kode Script panayangan adsense tersebut setelah <head> dan sebelum </head>, kemudian Simpan Tema.

8. Jika kode atau Script adsense sudah di letakan pada template atau tema kemudian kembali ke Adsense untuk melakukan konfirmasi telah memasukan kode adsense di Blogger.

9. Selanjutnya Google Adsense akan meninjau blog atau website kalian apakah pengajuan monetisasi blog diterima atau ditolak.

10. Proses peninjuan berkisar antara paling cepat satu hari sedang dua minggu yang hasilnya akan diberitahukan melalui email kalian.

11. Selama proses peninjuan dari Google Adsense kalian tetap membuat postingan artikel yang berkualitas.

12. Jangan merubah atau mengganti template yang sedang digunakan dan tidak merubah-rubah pada pengaturan tata letak halaman blog.

Jika akun adsense tidak diterima bukanlah akhir segalanya bagi kalian blogger sejati yang tetap semangat untuk sukses di dunia blogging.

Meningkatkan kualitas blog dengan seo on page dan off page memperbesar peluang diterima google adsense.

Demikian cara daftar adsense dan syarat monetisasi blog agar cepat diterima untuk menayangkan iklan google.