Cara Daftar Adsense dan Syarat Monetisasi Blog agar cepat diterima

Cara daftar google adsense di blogger dan syarat monetisasi blog atau website agar memenuhi syarat tayang iklan

Inilah panduan dan tips cara daftar adsense blog dan website serta syarat monetisasi blog agar cepat diterima untuk menayangkan iklan google adsense sebagai cara menghasilkan uang dari blog.

Apa Itu Google Adsesne

Google Adsense adalah program tayangan iklan google untuk blog, website atau Youtube.

Syarat monetisasi blog pada Google adsense agar blog dapat menayangkan iklan dari google ads yang sesuai dengan tema blog yang relevan, memiliki artikel atau konten yang cukup serta memiliki keunikan yang berbeda dengan konten yang berkualitas, orisinil tulisan sendiri.

Cara daftar Google Adsense untuk blog sebenarnya sangat mudah tetapi sebelum melakukannya maka perlu membuat akun adsense terlebih dahulu dengan menggunakan Akun Google di blogger.

Sebelum mendaftar google adsense untuk blog perlu dilakukan persiapan agar blog atau website memenuhi syarat adsense diterima sesuai dengan syarat kebijakan dari Google Adsense.

Baca juga :

Cara membuat akun Google Analytics

Cara daftarkan blog atau website di Bing Webmaster

Apa Syarat Blog Agar Diterima Adsense

Bagaimana cara agar blog cepat diterima adsense

Pertanyaan ini adalah sangat sering ditanyakan oleh banyak blogger yang ingin cepat memonetisasi blog agar dapat menayangkan iklan google adsense.

Google adsense sendiri sebenarnya memberikan syarat yang mudah, namun dalam kenyataannya banyak blogger yang di tolak adsense karena kualitas blog belum memenuhi syarat dan ini sangat sering terjadi yaitu karena alasan low value content.

Google memberikan gambaran syarat blog agar diterima adsene dengan membuat kontent atau artikel berkualitas dan memberikan pengalaman bagi pengunjung blog.

Konten berkualitas artinya bahwa blog kalian harus memiliki artikel original, dibuat sendiri, memenuhi syarat artikel berkualitas dan SEO friendly.

Sedangkan memberikan pengalaman berharga bagi pengunjuung adalah bahwa blog atau website harus mendatangkan banyak traffic organic atau traffic dari pencarian di search engine.

Jika blog atau website memiliki banyak traffic maka pengiklan akan datang dengan sendirinya, begitu juga dengan google adsense tidak menerima blog yang sepi pengunjung meskipun tidak menyebutkan berapa jumlah pengunjung blog sebagai syarat diterima adsense.

Inilah syarat monetisasi blogger agar diterima google adsense sehingga dapat memasang iklan adsense di blog.

Syarat Monetisasi Agar Blog Cepat Diterima Google Adsense

1. Pemilik akun adsense telah dewasa

Syarat mendaftar adsense yang harus dipenuhi adalah umur pemilik akun adsense adalah lebih dari 18 Tahun dan jika kurang maka kalian dapat meminta orang tua atau wali untuk mendaftarkan dengan akun mereka dan jika disetujui maka semua pembayaran akan diserahkan kepada orang tua atau wali sebagai pihak yang bertanggung jawab atas blog atau website tersebut.

2. Memiliki Artikel berkualitas

Siapkan konten atau artikel yang berkualitas. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang unik dan membawa pengalaman berbeda bagi pengguna memiliki nilai tambah yang di butuhkan pengguna.

Artikel berkualitas mudah ditemukan oleh mesin pencari dengan meningkatkan kualitas SEO yang disukai oleh mesin pencari.

Artikel berkualitas cepat dimasukan dalam indeks google, mudah ditemukan oleh pengguna sehingga meningkatkan traffics blog atau website sebagai salah satu syarat monetisasi supaya diterima menayangkan iklan adsense.

3. Menggunakan template blog yang responsive

Gunakan tampilan blog sebagai syarat monetisasi adsense yaitu dengan menggunakan template blogger yang responsive dan siap untuk menampilkan tayangan iklan.

Template Responsive adalah template dapat menyesuian pada tampilan mobile friendly pada perangkat seluler pada HP dan tablet.

cek apakah blog atau website sudah mobile friendly. Template yang tidak responsive akan memperberat website atau blog sehingga akan mempersulit tayangan iklan adsense.

Jika template tidak mendukung maka adsense yang diajukan akan ditolak karena tidak compatible terhadap tayangan iklan Google Adsense.

4. Persiapan navigasi menu blog yang baik

Cek navigasi menu pada blog yaitu menu dropdown yang dapat diakses dengan mudah oleh para pengguna.

Huruf yang digunakan mudah dibaca dengan susunan teks dan gambar yang relefan dengan tata letak blog yang teratur dan rapi pada bagian header, body, sidebar dan footer sehingga pengunjung web ingin berlama-lama pada menemukan artikel yang dibutuhkan yang dapat di cari pada kotak pencarian blogger.

Siapkan kolom komentar untuk interaksi dengan pengunjung, lakukan moderasi komentar sebelum ditayangkan agar sesuai dengan kebijakan program adsense.

5. Cek URL agar tidak ada broken link

Lakukan pengecekan terhadap URL blog baik link URL internal yang mengarah ke blog sendiri ataupun link keluar. Jangan sampai ada Broken link pada blog atau website dengan Cek dan perbaiki broken link pada blog atau website

6. Membuat About, Sitemap, Disclaimer, Privacy Policy dan Contact Blog

Lengkapi website atau blog dengan definisi blog dengan halaman About, Sitemap atau peta situs, Disclaimer, Privacy and Policy, dan Contact sebagai syarat kelengkapan sebuah situs.

Membuat privacy policy pada blog adalah syarat yang harus dipenuhi karena setelah akun adsense diterima maka kalian harus mengaktifkan dan embuat pesan GDPR bagi pengguna di Uni Eropa meskipun kalian blog kalian tidak berada di wilayah Uni Eropa namun harus mematuhi aturan tersebut sebagai sebagai publisher adsense.

Jika blog sudah memenuhi syarat adsense dan sekarang waktunya untuk mendaftar google adsense blog atau website melalui dashboard blogger.

Inilah langkah-langkah cara daftar adsense di blogger.

Cara Daftar Adsense Blog dan Website di Blogger

1. Buka dashboard Blogger di Blogspot.

2. Buka menu Setelan kemudian pada pengaturan Bahasa Blog ubah menjadi Bahasa Inggris atau English.

3. Kembali ke dashboard Blogspot kemudian pilih Penghasilan, terbuka jendela Buat Akun Adsense Baru, kemudian Klik BUAT AKUN ADSENSE.

4. Kemudian terbuka jendela untuk mengisi data untuk daftar akun Adsense dengan mengisi URL Blog atau Website, Klik Ya pada bagian dapatkan manfaat lebih banyak dari Adsense.

5. Selanjutnya pilih negara, jika sudah Ceklist pada persetujuan untuk mengikuti peraturan dan kebijakan adsense, Selanjutnya Klik Buat Akun.

6. Masukan informasi Pembayaran dengan mengisi data lengkap dan nomor Handphone kalian. Jangan lupa selalu mengecek email yang masuk saat kalian mendaftar google adsense.

6. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan adsense ke Blog dengan memasukan kode Script penayangan adsense pada blog yang nantinya diletakan diantara <head> dan </head>. Salin atau copy kode tersebut.

7. Buka dashboard blogger kemudian masuk ke Pengaturan kemudian pilih Tema selanjutnya pilih edit HTML. Selanjutnya paste atau tempel kode Script panayangan adsense tersebut setelah <head> dan sebelum </head>, kemudian Simpan Tema.

8. Jika kode atau Script adsense sudah di letakan pada template atau tema kemudian kembali ke Adsense untuk melakukan konfirmasi telah memasukan kode adsense di Blogger.

9. Selanjutnya Google Adsense akan meninjau blog atau website kalian apakah pengajuan monetisasi blog diterima atau ditolak.

10. Proses peninjuan berkisar antara paling cepat satu hari sedang dua minggu yang hasilnya akan diberitahukan melalui email kalian.

11. Selama proses peninjuan dari Google Adsense kalian tetap membuat postingan artikel yang berkualitas dan jangan merubah atau mengganti template yang sedang digunakan, usahakan tidak merubah-rubah pada pengaturan tata letak halaman blog.

Jika akun adsense tidak diterima bukanlah akhir segalanya bagi kalian blogger sejati yang tetap semangat untuk sukses di dunia blogging.

Baca juga : Cara mengatasi low value content saat adsense ditolak.

Meningkatkan kualitas blog dengan seo on page dan off page memperbesar peluang diterima google adsense.

Itulah cara daftar adsense dan syarat monetisasi blog agar cepat diterima untuk menayangkan iklan google.