Melihat Menu Dashboard Blogger | Fungsi Dan Kegunaannya

 

Menu pada dasboard blogspot

Dashboard Blogger adalah sebuah halaman yang berisi menu-menu untuk mengatur semua kegiatan di blog. 

Fungsi dashboard blogger adalah untuk mengatur tampilan blog, tata letak blog pada beranda, tema blog, postingan artikel, menambahkan widget di beranda, dan menambahkan google adsense.

Dashboard dapat digunakan setelah kalian login ke akun blogger dengan menggunakan email gmail.

Pada dashboard di blogger terdapat menu-menu yang bisa kalian ketahui fungsi dan kegunaannya berikut ini.

Fungsi Menu dashboard blogger 


Menu di blogspot

1. Menu Postingan

Fungsi menu Postingan untuk menulis artikel yang akan kalian terbitkan, mulai dari mengatur huruf, menambahkan gambar atau video, menambahkan label, sampai pada deskripsi penelusuran agar artikel kalian dengan mudah ditemukan oleh search engine seperti Googlebot, Bingbot,

2. Menu Statistik

Fungsi menu Statistik untuk melihat trafik pengujung blog yang berisi tentang data Pengikut, Postingan, Komentar, dan data Pengunjung yang melihat blog kalian dengan tampilan Hari ini, kemarin, Bulan ini, Bulan Lalu.

Data tampilan halaman blog dapat diketahui dari mana saja sumber pengunjung blog membuka sebuah artikel, misalnya dari pencarian google, search bing, yandex dan mesin pencari lainnya. 

Agar statistik traffic blogger kalian lebih lengkap maka dapat di akses dengan Cara Membuat Akun Google Analytics.

3. Menu Komentar

Menu komentar adalah bagian yang digunakan untuk mengetahui komentar yang masuk pada postingan artikel yang dapat di ketahui pada bagian ini.

4. Menu Penghasilan

Penghasilan adalah menu yang berfungsi untuk mendaftarkan blog agar menghasilkan uang melalui Adesnse Google. Adsense Google berfungsi untuk menayangkan iklan pada blog.

Jika blog kalian memiliki artikel berkualitas, dengan pengunjung blog yang banyak serta memiliki syarat kebijakan adsense google maka kalian dapat mencoba mengkuti program ini.

5. Menu Halaman

Fungsi menu Halaman adalah tempat menerbitkan sebuah tulisan yang sifatnya statis yaitu khusus blog atau website kalian sendiri seperti Halaman About atau Tentang kami.  Contact atau Kontak kami, Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap.

6. Menu Tata Letak

Tata letak adalah bagian dasboard yang digunakan untuk mengatur tampilan halaman blog, yang terdiri dari empat bagian utama yaitu pada  Header, Sidebar, Postingan Blog, dan Footer. Pada bagian ini dapat di atur juga warna tampilan blog dan menambahkan widget di sidebar atau menu-menu khusus dengan menambahkan kode HTML atau CSS di home page.

7. Menu Tema

Tema adalah menu yang berfungsi untuk mengatur template pada blog. Blogspot sudah menyediakan tema bawaan yang bisa kalian pilih atau kalian juga bisa menggunakan tema atau template sendiri yang telah kalian siapkan.

Pada menu Theme dapat dilakukan pencadangan template yang digunakan apabila kalian ingin mengganti template di blogger. 

Fungsi Cadangkan pada pengaturan tema blogspot apabila saat kalian mengganti template dan terjadi error maka kalian dapat mengupload template kembali.

8. Menu Setelan atau Settings

Setelan berisi menu settings pada blogger untuk mengatur mulai dari Pengaturan dasar dan pengelolaan blog, Pengaturan tag meta, Membuat robots.txt custom, Google Search Console, Monetisasi untuk Adsense dan Profil pengguna.

9. Menu Daftar Bacaan

Daftar Bacaan adalah menu yang berisi tentang blog  atau website apa saja yang kalian ikuti.

10. Menu Lihat Blog

Lihat blog adalah menu untuk melihat halaman beranda blog yang telah kalian buat. Jika kalian telah membuat postingan di blog atau baru mengatur perubahan di blogger dapat melihat hasilnya pada menu ini.

Itulah menu-menu yang ada pada dashboard di blogger semoga bermanfaat. Salam Blogger.