Cara membuat akun google analytics untuk mengetahui visitors pada website / blog

Google Analytics adalah tool yang berisi data statistik traffic pengguna atau visitors dengan memasukan property yang berupa sebuah situs, web atau blog, aplikasi android dan aplikasi IOS yang harus didahului dengan google analytics log in dengan cara membuat account google analytics terlebih dahulu menggunkan akun google.

Memasang Google analytics bermanfaat untuk mengetahui keunggulan blog atau website dengan tersajinya data pengguna ketika membuka sebuah URL artikel pada sebuah judul postingan web sehingga diketahui judul apa yang banyak di lihat pengguna dengan durasi waktu kunjungan pada masing-masing judul artikel.

Data yang tersaji di Google analytics dapat di gunakan sebagai acuan untuk meningkatkan SEO blog atau website dengan memperbaiki artikel yang sedikit di lihat oleh visitors menjadi lebih berkualitas dan mudah ditemukan oleh search engine agar terindex dengan cepat.

Peta kunjungan yang disajikan dapat diketahui terutama artikel atau URL yang sudah terindex Google, sudah di submit di Bing dan Yahoo, menambahkan sitemap di Yandex dan submit ke newbang Duckduckgo yang mendapatkan perhatian dari pengunjung blog atau website yang ditemukan pada search engine sebagai data penguna organic di google analytics.

Fungsi google analytics yang menyajikan ringkasan visitors atau pengguna dengan waktu engagement yaitu lamanya visitors mengunjungi blog, visitors orgnic dan referral, pageview, first visit, click, scroll, view search result serta data real time visitors pada 30 menit terakhir.

Baca juga :

Cara Membuat Akun Google Analytics

Ada 3 tahapan dalam membuat akun google analytics dan menghubungkan blog atau website ke google analytics yaitu Tahap penyiapan akun, tahap penyiapan property, dan Tentang bisnis anda. 

Sebelum menambahkan blog ke google analytics maka kalian harus masuk ke situsnya dulu serta sudah memiliki akun google.

1. Buka situs Google Analytics di analytics.google.com dan untuk lebih mudah menggunakan browser Chrome di yang sudah tersinkronisasi ke akun google.

Jika tidak menggunakan chrome maka kalian log in dengan akun google dahulu.

2. Bagi pengguna Blogger atau Blogspot, mendaftar Google Analytic bisa dapat dilakukan melalui dashboard blogger.

Buka Statistik kemudian lihat grafik Tampilan dan klik tulisan LEBIH LANJUT TENTANG BLOG INI,  kemudian akan terbuka Analytics yang terhubung ke akun blogger kemudian klik Mulai Mengukur.

3. Tahap pertama adalah Penyiapan akun. Tulis nama akun kalian yang akan dibuat dan beri tanda checklist di bagian bawah pada Setelan Berbagi Data Akun, kemudian pilih Berikutnya.

4. Tahap dua, Buat Nama Properti, Misalkan dengan nama Blog atau Website kalian masing-masing. 

Kemudian masukan Zona Waktu dan pilih Indonesia serta masukan Mata uang Rupiah,  lalu klik Selanjutnya. Untuk informasi ini kalian bisa setel ulang di Admin.

5. Tahap tiga, Masukan informasi Tentang bisnis anda. Pilih katagori industri jika website kalian berhubungan dengan industri yang memiliki karyawan, jika tidak kosongkan saja.

Kemudian Checklist pada bagian bawahnya sesuai dengan harapan kalian tentang menggunakan Google analytic. Jika sudah semua maka pilih Buat.

6. Muncul jendela Persyaratan perjanjian Google Analytics, kemudian Pilih Negara Indonesia (sesuaikan dengan negara asal kalian) dan Checklist pada bagian Saya menyetujui kemudian Klik pada Saya setuju.

7. Kemudian terbuka jendela Komunikasi email saya dan checklist pemberitahuan email yang kalian inginkan.

8. Selanjutnya Menyiapkan aliran data untuk mengumpulkan data, Kemudian pilih Choose Platform dan pilh Web.

9. Kemudian Masukan Url Situs dan Tulis nama aliran data. Klik Buat aliran data.

10. Pilih pada pengaturan Petunjuk Pemberian Tag> Pilih Tambahkan tag di halaman baru. Tambahkan tag Analytics ke situs untuk memulai aliran situs anda Google Tag Manager. Kemudian terbuka kode gtag.js

Cara Memasang Google Analytics di Blogspot

Setelah kode gtag.js terbuka langkah selanjutnya adalah memasang kode Script tersebut pada template blogger pada langkah berikut ini.

1. Salin atau copy kode tersebut yang akan di letakan di Temayang diletakan setelah <head> dan sebelum </head>.

2. Buka dashboard pada blogger atau blogspot kemudian Pilih Tema, kemudian Edit Html Cari kode <head> dan letakan kode gtag.js setelah <head>, kemudian Simpan.

Pada tahap ini kalian telah berhasil memasang google analytics di blogspot

Untuk meengathui data statistik di Google analytics dapat dilihat kurang lebih setelah 24 jam kemudian setelah blog atau website terhubung ke Analytics.

Dengan membuat akun google analytics maka kalian dapat mengetahui traffic blog atau website dengan mempelajari data yang tersaji di google analytics terutama untuk meningkatkan SEO blog atau website.

Semoga bermanfaat.