Cara agar artikel blog terindex di Yandex Webmaster

Cara agar artikel blog terindex di yandex webmaster tools, cara  mengirim atau submit blog dan submit sitemap ke yandex, cara indeks artikel ke yandex webmaster tool

Yandex Webmaster adalah tool untuk submit artikel di blog atau website di search engine yandex.

Yandex search adalah salah satu mesin pencari di dunia yang berasal negara Rusia yang memiliki pengguna yang besar terutama dengan kemampuan sebagai pencarian dalam Bahasa Rusia pada Yandex.ru.

Search engine Yandex juga dapat di akses dalam versi Bahasa inggris pada Yandex.com untuk menjangkau pengguna di berbagai negara di dunia dengan menggunakan Yandex browser.

Untuk mempermudah penemuan pada mesin pencari maka Blog atau website harus mengirimkan sitemap pada setiap mesin pencari pada Webmaster masing-masing agar blog, website dan artikel dapat terindex dengan cepat.

Agar artikel blog terindex di halaman pertama Google maka blog harus di index pada Google Search Console, dan agar dapat terindex di pencarian Bing dan Yahoo maka harus di index pada Bing Webmaster Tool.

Cara index artikel blog agar ditemukan mesin pencari yandex maka blog atau website kalian harus submit sitemap di Yandex Webmaster.

Pada layanan website yandex memiliki search engine yang bagus, dan memiliki Yandex browser dari negara Rusia ini yang cepat loadingnya serta layanan email untuk berkirim pesan elektronik.

Cara tepat untuk memulai agar artikel, blog atau website dapat terindeks di pencarian yandex adalah dengan mengirimkan sitemap di Yandex Webmaster.

Standar SEO one page yang diterapkan oleh Yandex webmaster sendiri dan juga seperti pada webmater lainnya baik Google search console atau Bing webmaster tool.

SEO yang mengutamakan artikel berkualitas yaitu artikel hasil karya orisinal, memiliki kata kunci yang optimal yang mudah ditemukan oleh search engine yandex.

Cara agar terindeks di yandex maka lakukan juga optimasi judul dengan URL yang tepat, menambahkan deskripsi penelusuran yang relevan, kecepatan loading blog atau website yang berhubungan dengan kemampuan template yang responsive dan mobile friendly atau kebergunaan seluler.

Baca juga :

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara daftar blog atau website ke yandex webmaster, serta berikut submit sitemap ke yandex dan indeks artikel pada yandex.

Cara Indeks Blog atau Website ke Yandex Webmaster

Inilah langkah-langkah cara agar artikel terindeks di yandex dengan cara submit sitemao ke yandex webmaster.

Langkah 1. Membuat Akun Yandex

1. Pertama masuk ke Yandex Webmaster Tool, kemudian Klik Login dan Klik Create ID untuk membuat akun baru jika belum memiliki akun.

2. Masuk pada kolom Regristration, isikan Nama depan, Nama belakang, Masukan nama pengguna, Masukan kata sandi.

3. Ulangi kata sandi pada kolom Confirm password, dan masukan nomer HP dan jangan lupa dengan masukan kode negaranya, Indonesia +62 nomer HP kalian, selanjutnya Klik Register.

Cara agar artikel blog terindex di yandex webmaster tools, cara  mengirim atau submit blog dan submit sitemap ke yandex, cara indeks artikel ke yandex webmaster tool

4. Kemudian masukan kode verifikasi yang dikirim ke HP kalian lewat SMS, kemudian verifikasi, Dan Accept pada Privasi policy terms of use. Jika sudah kalian bisa masukan photo profil dan jika tidak lanjutkan klik Skip

Langkah 2. Memasukan URL Blog atau Website ke Yandex

1. Sesudah akun Yandex dibuat kemudian muncul jendela baru masuk ke Yandex Webmaster, Welcome to Yandex Webmaster kemudian klik Go.

2. Masukan URL website atau blog pada Site address kemudian klik Add.

Cara agar artikel blog terindex di yandex webmaster tools, cara  mengirim atau submit blog dan submit sitemap ke yandex, cara indeks artikel ke yandex webmaster tool

3. Terbuka pilihan kode verifikasi berupa Html file, Meta tag dan DNS record.

Pilih pada bagian Meta tag. Kemudian copy Meta tag tersebut yang akan di tempatkan di edit html di tema.

Cara veriifikasi blog atau website di yandex webmaster tools

Langkah 3. Verifikasi Blog dan Website di Yandex Webmaster

1. Selanjutnya melakukan verifikasi blog atau website dengan cara Buka dashboard Blogger kalian, kemudian pilih Tema, pilih Edit Html

2. Pastekan Meta tag dibawah kode <head>. Atau cari dengan menekan Ctrl F pada Windows atau Command F pada Macbook dan ketikan <head>, kemudian Simpan.

3. Tahap selanjutnya kembali ke Yandex Webmaster kemudian konfirmasi meta tag telah ditambahkan ke Blog atau website kalian dengan Klik Check.

4. Terbuka Pertanyaan dari Yandex Webmaster dan isikan jawabannya, kemudian Submit

Proses mendaftar akun Yandex Webmaster berhasil dengan terbukanya dashboard Yandex Webmaster.

Langkah 4. Submit Sitemap ke Yandex

1. Tahap selanjutnya adalah dengan mengirimkan Sitemap > Buka pada menu Indexing kemudian pilih Sitemap files.

2. Masukan sitemap blog atau website kalian dengan format sitemap.xml.

3. Proses penambahan peta situs memerlukan proses antara 1 sampai 2 minggu setelah submit sitemap untuk pertama kalinya kemudian Yandex bot akan merayapi sitemap untuk mengindeks artikel pada blog atau website.

Cara agar artikel blog terindex di yandex webmaster tools, cara  mengirim atau submit blog dan submit sitemap ke yandex, cara indeks artikel ke yandex webmaster tool

4. Tunggu proses identifikasi Sitemap yang telah dikirim ke Yandex yang dapat dilihat pada laporan pengiriman peta situs.

Dengan mengirimkan sitemap atau peta situs maka yandex akan merayapi peta situs untuk dimasukan ke dalam indeks di pencarian yandex.

Lihat hasilnya setelah 2 minggu, buka Yandex webmaster tool, kemudian pelajari masalah apa yang harus ditingkatkan agar artikel blog atau website kalian dapat terideks di yandex.