Begini Cara Mengatasi Product Activation Failed di Office

cara mengatasi product activation failed office pada word, excel, powerpont, cara menghilangkan microsodt product activation wizard, penyebab product activation failed office

Cara mengatasi product activation failed di Office - Apa yang terjadi saat kalian menggunakan atau membuka Microsoft Office Word, Excel, Power Point, Access atau lainnya, kemudian tiba-tiba muncul notifikasi di layar “Microsoft Office Activation Wizard, this copy microsoft office is not activated”.

Begitu juga saat membuka file Word, Excel, Power Point maka nama file dikuti dengan pesan di word, excel Product Activation Failed sehingga beberapa fitur utama microsoft office pada Word, Excel, Powerpoint, MS Acces hilang dan tidak dapat digunakan.

cara mengatasi product activation failed office pada word, excel, powerpont, cara menghilangkan microsodt product activation wizard, penyebab product activation failed office

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengatasi product activation failed atau microsoft office activation wizard, pahami terlebih dahulu arti notifikasi microsoft activation wizard.

Apa Itu Microsoft Office Activation Wizard

Office activation wizard adalah notifikasi atau pesan yang disematkan pada product office untuk menggunakan office secara penuh dengan cara activation product office setelah di intsall atau setelah membeli software office.

Jika kalian tidak melakukan aktifasi produk office maka fitur MS office tidak dapat digunakan secara penuh yaitu hanya sebagian menu saja yang dapat digunakan sehingga Powerpoint, Word, Excel product activation failed .

Penyebab Product Activation Failed Pada Office

Apa penyebab munculnya pesan Microsoft Office Activation Wizard sehingga product activation failed office.

1. Tidak Menghubungkan Product Office ke Microsoft

Setelah menginstall atau membeli produk microsoft office maka pengguna akan memasukan product key pada notifikasi porduct activation wizard yang menandakan bahwa kalian telah resmi menggunakan product office secara resmi sehingga semua fitur office word, excel atau powerpoint dapat digunakan secara penuh.

Jika kalian tidak menghubungkan office yang telah di install dengan melakukan product activation office maka product activation failed akan muncul di word, excel, powerpoint yang digunakan.

2. Masa Aktifasi Produk Office Expired

Jika kalian membeli produk office dalam jangka waktu tertentu yaitu menggunakan licence berlangganan, dan tidak melakukan perpanjangan maka product office telah expired atau kadaluarsa sehingga harus melakukan perpajangan atau membeli produk office yang baru.

3. Menggunakan Office Uji Coba atau Trial

Menggunakan office trial atau masa uji coba yang berlaku hanya satu bulan maka setelah lisensi masa uji coba berkahir maka menyebabkan office activation failed dengan munculnya pesan office activation wizard saat menggunakan excel, word, powerpoint atau MS access.

4. Menggunakan Software Ilegal / Tidak Resmi

Software office hanya dapat digunakan pada satu perangkat laptop atau pc dengan satu akun, sehingga jika MS word, excel, powerpoint di install dari pihak lain atau bukan akun sendiri atau microsoft office yang di download secara ilegal melalui internet maka akan memicu munculnya product activation failed.

Tidak melakukan aktifasi resmi setelah munculnya pesan microsoft activation product wizard menyebab product activation failed sehingga fitur office tidak dapat digunakan sepenuhnya.

Akibat Product Activation Failed Microsoft Office

Apa akibat yang ditimbulkan jika mengalami product activation failed office adalah tidak semua fitur di MS Office tidak dapat digunakan secara penuh.

Beberapa menu yang ada di MS Office tidak berfungsi atau tidak dapat digunakan.

Inilah akibat product activaton failed pada microsoft office di laptop atau komputer.

1. Tidak dapat membuat dokumen baru

Product activation failed mengakibatkan kalian tidak dapat membuat dokumen baru.

2, Tidak dapat mengedit dokumen

Dalam kondisi ini maka kalian dapat membuka dan melihat dokumen namun tidak dapat mengedit dokumen atau file di word, excel, powerpoint dan office lainnya.

3. Dapat mencetak dokumen tetapi tidak dapat menyimpannya

Pada kondisi ini kalian dapat mencetak dokumen atau file microsoft office word, excel atau lainnya yang sudah ada namun tidak dapat menyimpan dokumen tersebut.

Dari akibat product activation failed maka banyak fitur microsoft office yang tidak dapat digunakan.

Untuk dapat menggunakan fitur office di word, excel, powerpont, MS Access, maka inilah cara mengatasi microsoft office activation wizard sehingga product activation failed hilang dan dapat menggunakan MS Office norma kembali.

Cara Mengatasi Product Activation Failed Microsot Office

Inilah cara menghilangkan atau mengatasi word, excel product activation failed dan pada MS Office lainnya.

Cara 1. Gunakan Product Office Asli

Cara mengatasi product activation failed pertama yang dilakukan adalah dengan menggunakan product office asli artinya kalian membeli product secara resmi dari microsoft dan bukan menggunakan produk ilegal seperti download ms word, excel, power point dari situs tidak resmi di internet.

Setelah melakukan pembelian maka aktifkan product key pada microsoft activation wizard sehingga office yang digunakan menjadi aktif.

Cara 2. Hubungkan Internet di Laptop atau PC

Menghubungkan laptop atau PC ke internet adalah cara yang paling sederhana untuk mengatasi product activation failed.

Jika kalian telah menggunakan produk resmi office namun muncul pesan microsoft office activation wizard maka cara kedua adalah menghubungkan laptop atau PC ke internet.

Munculnya pesan ini dapat terjadi karena kalian dalam jangka waktu lama yaitu tidak membuka laptop atau PC yang terhubung ke internet sehingga word, excel, powerpoint di laptop atau PC tidak terhubung ke akun microsoft kalian.

Mengaktifkan koneksi internet di laptop atau komputer maka secara otomatis akun dan produk akan terhubung ke microsoft yang memandakan bahwa office telah digunakan secara resmi oleh pemiliki akun.

Cara 3. Log in ke Account Office

1. Buka MS office word, excel, powerpoint atau lainnya.

2. Pilih Account, kemudian Log in atau masukan akun kalian.

3. Ikuti prosesnya sampai selesai.

4. Setelah berhasil log in maka product activation failed akan hilang dan sekarang kalian dapat menggunakan MS Office seperti biasa.

Cara 4. Update Office dan Windows

Update Microsoft Office yang kalian miliki dan gunakan adalah cara untuk mengatasi product activation failed termudah.

Jika kalian menyetel notifikasi update office atau windows secara otomatis maka akan muncul di laptop atau PC.

Buka notifikasi tersebut sehingga produk office di komputer akan terhubung ke akun resmi kalian.

Cek update Windows security Microsoft defender protection anti virus , jika terdapat update maka lakukan update defender protection sebagai cara untuk melindingi produk office word, excel, powerpoint dari virus.

Dengan mengupdate Windows defender virus and threat protection di windows maka secara tidak langsung product office akan terhubung ke akun resmi ofiice kalian sehingga microsoft mengetahui bahwa office kalian adalah product yang legal.

Cara 5. Melalui OSPPREAM.EXE

1. Buka laptop atai PC Windows.

2. Buka File Explorer melalui taskbar atau tekan Win + E di keyborad

3. Selanjutnya pilih Local Disc (C) sebagai tempat install MS Office dan Windows.

4. Lalu pilih dan buka Program Files dengan cara klik dua kali pada mouse sehingga terbuka file pada program file.

5. Selanjutnya cari dan pilih Microsoft Office > pilih Office16 (sesuaikan dengan microsoft office 2013, 2016, 2019, 2021 yang digunakan dengan nama file Office13, Office16, Office19, Office21)

6. Selanjutnya cari file OSPPREARM.EXE atau ketik OSPPREARM.EXE pada kotak pencarian disebelah kanan atas pada File Explorer.

7. Setelah file OSPPREARM.EXE ditemukan kemudian centang file tersebut kemudian klik kanan pada mouse, lalu pilih Run as Administrator.

cara mengatasi product activation failed office pada word, excel, powerpont, cara menghilangkan microsodt product activation wizard, penyebab product activation failed office

8. Selanjutnya muncul notifikasi di layar laptop berup User account control kemudian pilih Yes.

9. Selanjutnya tunggu prosesnya sampai selesai.

10. Setelah itu buka Microsoft Word, Excel, Power Point atau produk office lainnya kembali.

Hasilnya office tidak mengalami product activation failed dan kalian dapat menggunakan office kembali.

Jika cara sebelumnya berhasil maka kalian dapat menghilangkan product activation wizard adalah dengan menggunakan Activator.

Cara 6. Menggunakan Activator Office

Cara untuk mengatasi product activation failed adalah dengan menggunakan activator office meskipun tidak disarankan karena mengaktifkan office secara tidak resmi.

Sebelum menggunakan activator maka perlu dipahami bahwa cara ini bersifat sementara, artinya pesan microsoft product activation wizard dapat muncul kembali menyebabkan product activation failed di office

Meskipun demikian setidaknya word, excel, power point atau office lainnya yang telah di install dapat digunakan kembali meskipun cara ini tidak disarankan untuk digunakan karena sewaktu-waktu activation wizard akan muncul kembali di office.

Activator office yang dapat dicoba atau digunakan untuk menghilangkan product activation failed seperti activator ms-toolkit, KMSPico, Re-Loader, KMS tool, AAct, KMSAuto++ atau yang lainya.

Sebelum mendownload tool activator Office 2019 maka nonaktifkan terlebih dahulu anti virus di windows, karena mendownload file activator pada browser akan dianggap atau terdeteksi sebagai bahaya virus.

Anti Virus di Window 10 adalah virus and threath protection di Windows 10 atau windows 11, sesuaikan anti virus lainnya di windows yang digunakan.

1. Ketikan Virus and threath protection di pencarian di taskbar windows 10.

2. Selanjutnya buka Virus and threath protection, setelah itu akan terbuka terbuka Windows Security Virus and treath protection,

3. Setelah itu pilih Manage Setting, lalu nonaktifkan pada Real-time protection dan pada Cloud-delivered protection.

4. Selanjutnya akan muncul user account control Windows Security di layar kemudian pilih Yes.

5. Pada proses ini kalian telah berhasil mamatikan anti virus di windows.

6. Setelah anti virus dinonaktifkan maka Buka situs atau download activator office di laptop atau PC.

7. Setelah di download kemudian ektrak filenya.

8. Selanjutnya buka activatornya kemudian pilih Aktifkan Office lalu ikuti poses selanjutnya.

9. Tunggu sampai proses aktifasi selesai sehingga muncul pesan Activation Successful.

10. Setelah itu cek pada salah satu office kalian dapat melalui MS Word atau MS Excel.

11. Buka MS Office Word di laptop atau lainnya, kemudian pilih pada Account, selanjutnya dibagian kanan akan tertulis Product Activated.

Hasilnya MS office telah diaktifkan sehingga powerpoint, word, excel product activation failed hilang dan dapat menggunakan product office secara normal meskipun sewaktu-waktu dapat muncul kembali product activation wizard.

Menggunakan produk resmi dan berlisensi adalah hal terbaik sebagai cara mengatasi product activation failed sehingga notifikasi microsoft product activation hilang.

Setelah kalian mengaktifkan produk office maka product activation failed tidak ada dan kalian dapat menggunakan semua fitur yang ada di microsoft word, excel, power point, MS access yang telah di install di laptop dan komputer.