Cara Mengetahui dan Memperbaiki Broken Link Pada Blog atau Website

Inilah cara mengetahui dan memperbaiki broken link di Blog dan website dengan cara mengecek link atau URL yang diletakan pada sebuah artikel dalam bentuk Anchor Text

Apakah Broken Link itu

Broken link adalah sebuah link rusak atau tautan rusak yang ada di blog atau website yang tidak berfungsi apabila kita buka link tersebut dengan adanya pesan error 404 atau link tidak ditemukan.

Link atau tautan dapat berupa link internal yaitu link yang ada pada website itu sendiri dan link eksternal yaitu link yang berasal dari luar website.

Penyebab Broken Link

Inilah hal yang dapat menyebabkan munculnya broken link di blog dan wesbite

1. Halaman web telah dipindahkan

Hal ini terjadi karena link atau URL yang kita tautkan telah dipindahkan pada website lain sehingga memiliki URL dengan nama lain yang berbeda dari URL sebelumnya.

2. Kesalahan dalam memasukan URL

Kesalahan ini biasnya terjadi bukan karena link atau tautan URL tidak ada tetapi karena penulisan link atau URL yang tidak benar atau tidak lengkap.

Kesalahan dalam menuliskan link atau URL misalnya kurang huruf atau kelebihan huruf dalam menulisnya, sehingga mesin crawling menganggap bahwa link tersebut rusak atau broken link.

3. Halaman yang ditautkan telah di hapus oleh pemilik web

Halaman yang telah dihapus oleh pemilik web adalah sebuah pesan yang menunjukan bahwa link atau tautan tidak ditemukan dengan pesan error 404 yang dikatagorikan sebagai broken link atau tautan rusak.

Akibat dan Efek Broken Link

Efek dari broken link menyebabkan pengalaman pengunjung blog atau website menjadi tidak nyaman sehingga menurunkan tingkat kunjungan di web.

Bagi pembisinis broken link pada website mengakibatkan penurunan reputasi kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang dijalankan.

Menurut beberapa pakar SEO bahwa broken link tidak menurunkan pada reputasi pencarian oleh mesin penelusuran.

Meskipun demikian memperbaiki link yang rusak adalah salah satu cara seo blog untuk mendapat peringkat lebih baik yang berpengaruh terhadap Health Score Website.

Cara Mengetahui Broken Link di Blog atau Website

Untuk mengetahui broken link salah satunya dengan menggunakan tool, software atau website broken link checker baik yang berbayar ataupun gratis.

Inilah salah satu web yang dapat digunakan untuk mengecek broken link pada blog atau web kalian secara gratis yaitu Broken Link Checker.

Cara Cek Broken Link di Blog

  1. Buka situs Broken Link Checker https://www.brokenlinkcheck.com  > Masukan URL blog atau web.

  1. Klik Tombol Find broken links > Masukan security code.

  1. Pilih Report distinct broken links only hanya ingin mengetahui broken link saja atau PilihReport all occurrences of each dead link jika ingin mengetahui semua link rusak secara keseluruhan.
  2. Lihat Status, hasil di bawah menunjukan bahwa pada blog atau website tidak ditemukan broken link dengan hasil  Found 0 broken links.

Cara Memperbaiki Broken Link

1. Jika hasil pengecekan adanya broken link maka akan disajikan pada tabel yang menunjukan link atau tautan mana saja yang masuk dalam katagori broken link.

2. Tabel akan menunjukan pesan broken link berupa tempat lokasi broken link.

3. Pada tabel Klik url untuk mengetahui preview halamannya dan Klik src untuk mengetahui letak broken link yang ditunjukan dalam kode html yang ditandai dengan kotak berwarna merah muda.

4. Fokuskan pada penulisan link atau tautan apakah sudah benar dalam menuliskan link atau URL tersebut.

5. Lihat pesan pada table server respon, jika kode 404 menunjukan bahwa link tidak ditemukan.

6. Coba cek link tersebut dan jika masih ada berarti broken link terjadi karena kesalahan dalam menulis URL nya kemudian perbaiki link tersebut.

Jika sudah diperbaiki, Lakukan pengecekan kembali dan jika sudah benar maka hasilnya tidak ditemukan broken link Found 0 broken links.

Baca juga :

Manfaat Memperbaiki Broken Link

  1. Blog atau web yang tidak memiliki broken links masuk dalam katagori Situs Sehat yaitu tidak memiliki tautan rusak error 404.
  2. Blog atau website memenuhi syarat SEO sehingga mudah di temukan oleh mesin pencarian Google, Bing, Yahoo, Yandex dan Duckduckgo untuk dimasukan dalam index.
  3. Traffics Blog akan meningkat karena pengunjung tidak menemukan link mati yang tidak ditemukan ketika di klik karena kepercayaan terhadap situs meningkat.

Demikian cara mengetahui broken link di blog dan website, cara cek broken link serta cara memperbaiki broken link pada blog atau website.