Panduan Mendaftar Ahrefs Webmaster Tools Agar Terhubung ke Website

Bagaimana cara mendaftar Ahrefs Webmaster Tools agar website terhubung untuk mengetahui performance dan analisa situs.

Ahrefs Webmaster Tools adalah salah satu alat atau tools yang dapat digunakan meningkatkan SEO dengan menghubungkannya website sehingga tersaji data statistik dan analisa untuk meningkatkan SEO website kalian.

Fungsi Ahrefs Webmaster Tools untuk website

1. Mengetahui performance atau kesehatan website dengan melakukan cek seo yang terdapat pada fitur Health Score.

2. Menganalisa keyword artikel pada peringkat atau rangking di google yang memberikan traffic untuk website.

3. Mengetahui backlink apa saja yang mengarah ke blog serta mengetahui masalah apa saja yang harus diperbaiki.

Jika kalian membuat postingan di blogger dan sudah melakukan pengindeksan ke Search Console maka kalian dapat mengetahui dan menganailsa jumlah artikel yang memberikan traffics website di Ahrefs Webmaster tools berdasarkan keywords serta posisi rangking pada setiap artikel yang telah terindeks.

Agar website terhubung ke Ahrefs Webmaster tools gratis maka kalian harus mendaftarkan website kalian atau sign up terlebih dahulu.

Inilah langkah-langkah cara daftar Ahrefs webmaster tools berikut ini :

Cara Daftar Ahrefs Webmaster Tools

1. Buka situs Ahrefs Webmaster Tools kemudian pilih cara signup untuk mendaftar dengan menggunakan akun google, akun facebook atau dengan menggunakan email sebagai account login.

2. Kali ini saya memilih menggunakan email untuk membuat akun ahrefs.

3. Masukan alamat email, checklis pada kotak I accept the terms and conditions and privacy policy, kemudian klik Sign Up for free.

4. Buka email yang masuk untuk melakukan konfirmasi email, kemudian klik Confirm Email.

5. Kemudian terbuka jendela untuk melengkapi akun dengan memasukan Nama kalian, buat password, isikan harapan ketika kalian menggunkan Ahref, geser ke kanan jika kalian ingin menerima update produk terbaru dan menerima artikel dari ahrefs pada email kalian. Kemudian klik Continue.

6. Masuk pada bagian Import or add your project, Kalian bisa pilih import for Google serach console atau Add manually. Kali ini saya memilih secara manual kemudian klik Add manually.

7. Terbuka Create your first project, Pilih pada bagian http atau https. Masukan alamat website kalian sebagai domain atau subdomain pada pilhan disampingnya. Isikan nama Projectnya sesuai dengan keinginan kalian, selanjutnya Klik Continue.

Cara Verifikasi Ahrefs Webmaster Tools

1. Masuk ke tahap selanjutnya untuk verifikasi website pada menu Verify Ownership agar website terhubung ke Ahrefs.

2. Ada beberapa pilihan menggunakan DNS Record, HTML file atau HTML tag.

3. Dan saya memilih HTML tag yang akan dimasukan pada tema di blogger atau blogspot.

4. Klik pada bagian HTML tag kemudian terbuka kode HTMLnya. Kemudian Copy kode tersebut.

5. Buka dasboard blogger kemudian pilih pada bagian Tema dan Pilih Edit HTML. Letakan kode tadi setelah <head> atau sebelum <body>.  

Jangan lupa tambahkan tanda / (garis miring) sebelum > (tanda penutup) sehingga menjadi /> (sebagai penutup tag). Kemudian Simpan Tema.

6. Jika sudah kembali ke Ahrefs Webmaster Tools kemudian Klik Continue.

7. Selanjutnya masuk pada Schedule site Audits. Geser ke kanan Run Schedule Crawl pada frekuensi harian, mingguan atau bulanan dan tentukan Zona waktu Indonesia.


8. Pilih pada bagian URL Sources dan cheklist pada bagian Website, Auto detected sitemaps, Backlinks.

Selanjutnya lakukan pengaturan pada Crawl Settings dan pilih pada bagian yang ingin di crawl dengan cara geser ke kanan pada pilihannya sesuai dengan keinginan kalian.

9. Jika sudah semua schedule sudah diisi kemudian klik pada bagian Finish dan selanjutnya terbuka dashboard Ahrefs Webmaster Tools.

Itulah cara daftar Ahrefs Webmaster Tools yang telah terhubung ke website, selanjutnya kalian bisa menggunakannya untuk meningkatkan seo pada hasil index artikel blog yang telah di posting sampai seberapa jauh perkembanganya pada peringkat pencarian di google.

Baca juga :

Cara Menggunakan Ahrefs Webmaster Tools

Jika kalian sudah daftar Ahrefs webmaster tools dan website sudah terhubung maka akan terlihat pilihan menu pada bagian atas halaman berupa Dashboard, Site explorer, Keyword Explorer, Site audit, Rank tracker, Content Explorer dan Pilihan lainnya pada menu berikutnya yang dapat kalian lihat.

Kalian bisa menggunakan Ahrefs Webmaster Tools gratis dan ada yang berbayar yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

Data website yang didapatkan pada Bagian Dashboard, Ahrefs Site Explorer yang sudah cukup membantu untuk meningkatkan analisa SEO bagi website kalian.

Inilah menu dan fungsi tool pada Ahrefs Webmaster yang dapat kalian gunakan untuk meningkatkan SEO blog dan website.

1. Health Score Website

Health score Webiste merupakan audit yang menunjukan kesehatan website dengan melakukan Crawl berupa nilai Score apakah mencapai nilai sempurna 100 atau tidak.

Jika score tidak mencapai 100 berarti ada beberapa hal yang dapat kalian ketahui bagian mana saja yang harus diperbaiki pada grafik yang berwrna merah yang harus dilihat pada bagian apa saja apakah berupa Crawled, Redirects, Broken, atau Blocked.

Pada Site audit tersaji data pada website berupa Distribusi URL yang dirayapi, Skor kesehatan, Disribusi masalah, Status perayapan ditemukan, Distribusi kesalahan, Masalah teratas dan beberapa hal lainnya yang bisa kalian pelajari untuk meningkatkan SEO website.

2. Domain Rating

Menunjukan peringkat website atau Blog kalian pada di urutan keberapa berdasarkan audit Ahrefs. Jika Blog kalian masih baru mungkin peringkat belum menunjukan hasil.

3. Backlink atau Tautan balik

Data yang tersaji merupakan bagian dari backlink tools menunjukan jumlah angka tautan balik yang yang memberikan traffics ke website.

Pada bagian ini juga dapat diketahui broken backllinks yang menunjukan tautan yang telah rusak atau hilang.

Referring domains adalah situs yang memberikan lalu lintas pengunjung ke website.

Anchors adalah tautan berupa penggunaan anchors text yang mengarah ke web pada link internal. Internal adalah tautan link di blog sendiri.

4. Organic Search

Merupakan jumlah Klik dari hasil pencarian organik yang berupa data Organic Keyword yang memberikan informasi query atau kata kunci pada setiap artikel yang muncul pada indeks google.

Top pages adalah halaman yang paling banyak muncul di google.

Competing Domains adalah berisi domain yang menjadi pesaing website kalian.Competing Pages adalah Halaman atau artikel yang menjadi pesaing blog kalian.

Disamping itu juga ada ;Top subfolder, Top Subdomain.

5. Site Explorer

Klik pada Nama Project kalian, kemudian terbuka pada menu Site Explorer dan terdapat menu dibagian sidebar berupa review data blog atau website berupa Backlink profile, Organic Search, Pages, Outgoing links, Paid Search, Export. Dan Legancy.

Setelah mengetahui fungsi menu-menunya dan cara daftar Ahrefs Webmaster Tools maka kalian dapat mempelajari lebih lanjut kelebihan dan kekurangan website dengan menganalisa data yang tersaji.

Dengan mendaftar Ahrefs Webmaster Tools maka data yang dimiliki menjadi lebih lengkap selain menggunakan Google Webmaster dan Google Analytics sehingga kalian dapat meningkatan seo website pada on page dan off page.