Cara Melihat Rangking Artikel, Klik Visitors, Tayangan pada Google Console

Sudah tahukah rangking artikel pada website atau blog di hasil pencarian Google. Saat artikel berada di urutan teratas maka jumlah tampilan atau tayangan memiliki peluang klik visitor menjadi lebih banyak.

Saat artikel tidak berada di halaman pertama google maka kemungkinan untuk mendapatkan jumlah klik menjadi lebih kecil di bandingkan dengan artikel yang berada pada peringkat pertama.

Faktor utama yang yang mempengaruhi rangking artikel adalah optimization artikel yang SEO friendly yaitu sesuai dengan algoritma google.

Crawler akan menilai apakah blog atau webste layak untuk menduduki peringkat pertama atau tidak.

Posisi page one berada pada urutan 1 sedang 10 pada setiap hasil KUERI yang dapat diketahui pada Performace di Google Search Console yang tersaji dalam data Klik, Tayangan, CTR dan Posisi.

Baca juga ;

Cara indeks artikel artikel di Google Search Console

Cara cek artikel sudah terindeks di Google Search Console

Arti Klik, Tayangan, CTR dan Posisi di Google Console

1. Klik adalah jumlah pengguna yang mengklik URL atau postingan artikel dari hasil penelusuran di google.

2, Tayangan adalah Postingan artikel yang terlihat oleh pengguna di pencarian google baik di halaman pertama, kedua atau seterusanya.

3. CTR atau Click Through Rate adalah Rasio Klik Tayang atau perbandingan antara klik dan tayangan. Jumlah Klik dibagi dengan Tayangan kemudian dikalikan 100 akan menghasilkan CTR rata-rata.

4. Posisi adalah Urutan postingan artikel yang muncul di halaman pencarian google pada setiap kueri. Posisi rata-rata adalah hasil bagi dari setiap urutan rangking pada setiap queries atau keyword google.

Cara Mengetahui Rangking dan Jumlah Klik di Google

1. Buka dasboard Google search console kemudian Pilih Kinerja.

2. Pilih dan Klik pada bagian Posisi rata-rata.

3. Kemudian guril ke bawah dan Klik pada Halaman, selanjutnya akan terlihat posisi rata-rata artikel.

4. Kalian juga dapat mengetahui posisi rangking pada di setiap kueri yang muncul dengan cara pilih pada bagian kueri.

5. Selanjutnya diketahui posisi halaman artikel pada di setiap kueri yang muncul di search engine.

6. Pilih pada bagian Total Klik pada bagian berwarna biru untuk mengetahui jumlah klik halaman yang di buka oleh pengguna.

7. Pilih Total tayangan pada bagian berwarna ungu untuk mengetahui jumlah artikel muncul di pencarian.

8. CTR atau Click Through Rate dapat pilih pada bagian Total CTR dengan cara cecklist pada kotak berwarna hijau.

9. Jika semua di checklist maka data click, tayangan, CTR dan Posisi maka akan tersaji grafik di bagian bawahnya.

10. Kalian dapat mengetahui data hasil performance atau kinerja artikel pada index google pada durasi rentang tanggal terbaru, 7 hari terakhir, 28 hari, 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 16 bulan dan custom rentang tanggal yang bisa kalian pilih sendiri.

11. Arahkan kursor ke bagian diagram grafik maka akan dapat diketahui posisi tanggal pada masing-masing performance, tayangan, CTR dan posisi artikel blog.

Sekarang posisi artikel sudah dapat kalian ketahui melalui laporan kinerja pada Console pada setiap kueri atau keyword pencarian serta artikel apa saja pada blog atau website kalian yang mendapat klik paling banyak.

Manfaat Mengetahui Rangking di Google Console

1. Evaluasi untuk meningkatkan SEO

Dengan mengetahui posisi rata-rata semua postingan blog maka penerapan SEO lebih diperhatikan agar rengking meningkat. Terutama pada postingan yang tidak mencapai halaman pertama atau masuk dalam urutan1 sampai 10 pada setiap kueri di google.

2. Memperbaharui artikel

Memperbaharui postingan artikel yang berada pada halaman kedua agar meningkat ke halaman pertama google dengan optimalisasi keyword yang tepat, menambahan backlink yang berkualitas, share postingan blog di media sosial.

3. Memilih keyword yang tepat

Lakukan research keyword yang tepat pada artikel yang akan dibuat dengan menggunakan kata kunci yang memiliki persaingan rendah atau menggunakan longtail keyword.

Dengan mengetahui peringkat artikel pada setiap kueri atau halaman yang masuk pada halaman pertama atau tidak maka peningkatan penerapan SEO blog dan artikelperlu ditingkatkan.

Persaingan pada rangking selalu berubah sehingga mempertahankan urutan pertama di SERP google perlu upaya keras, jika tidak maka peringkat terbaik website akan di gantikan oleh yang lainnya.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan blogging bagi kita semua.