Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google Pada Google Search Console

Cara cek atau mengetahui artikel terindex di google

Bagaimana cara cek artikel yang telah di posting berhasil terindex di penelusuran google ? Tentunya kalian selalu penasaran dan ingin artikel cepat terindeks google dalam hitungan detik atau menit. 

Sebelum melakukan cek artikel di google Searxh Console maka kalian harus membuat artikel berkualitas yang seo friendly agar disukai google.

Apakah Artikel Sudah Terindex di Google

Bagi seorang blogger atau pemilik website terindeks di mesin pencari google adalah hal yang selalu diharapkan agar postingan atau artikel dapat ditemukan pada halaman pertama pencarian serach engine.

Artikel atau postingan dapat terindeks oleh Google dengan cara submit URL untuk meminta pengindeksan melalui Google Search Console.

Daftarkan website atau blog kalian di Google Search Console agar permintaan pengindeksan dapat dilakukan.

Baca Juga :

Jika permintaan pengideksan sudah dilakukan tentunya kalian ingin mengetahui apakah artikel atau postingan telah terindeks atau belum.

Mengirimkan sitemap agar artikel terindex google

Jika Artikel atau postingan telah di publikasikan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengirim peta situs atau sitemap website di Google Search Console.

Googlebot akan mengcrawl artikel atau postingan untuk merayapi website atau blog melalui peta situs yang dikirimkan sehingga dapat mengindeks artikel atau postingan.

Pilih Peta Situs pada dashboard Google Search Console kemudian masukan peta situs website atau blog dengan menambahkan sitemap.xml atau atom.xml atau rss.xml pada URL sitemap. Pilih salah satu atau masukan ketiga sitemap tersebut malahan lebih baik.

Cara Mengetahui Artikel Telah Terindex Google

Mengetahui artikel sudah terindeks pada SERP secara langsung dapat dilakukan dengan memasukan Url di Pencarian Google, namun hal tersebut bisa dilakukan setelah laporan hasil pengindeksan telah berhasil dimasukan di Google Console.

Hal tersebut menunjukan bahwa Google telah memasukan artikel di daftar kueri pencarian.

Untuk mengecek apakah artikel sudah dimasukan dalam index google dapat dilakukan dengan langkah berikut ini di Google Webmaster.

Melakukan Permintaan Index di Google Search Console

Lakukan permintaan pengindeksan dengan cara memasukan URL artikel atau postingan pada menu Inspeksi URL.

Selanjutnya akan disajikan laporan pengindeksan tentang apakah permintaan indeks langsung dapat terindeks di google atau menunggu untuk di index.

Cara cek atau mengetahui artikel terindex di google

Pada gambar di atas adalah hasil permintaan pengindeksann yang menunjukan bahwa URL tidak ada di Google artinya URL belum terindeks yang dinyatakan dalam Cakupan URL tidak dikenali oleh Google. URL tidak dikenali oleh Google disebabkan karena belum mengirimkan peta situs.

Baca Juga :

Uji URL langsung setelah inspeksi minta index di Console

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan UJI URL LANGSUNG dengan cara mengklik tombol tersebut.

Pada Uji URL langsung menunjukan bahwa kemudian Minta Pengindeksan.

Jika minta pengindeksan berhasil maka Googlebot telah mengcrawl postingan kalian dan menunggu untuk hasilnya apakah dapat terindeks atau tidak yang selanjutnya dapat dilihat pada laporan Search Console berikutnya.

Cara cek atau mengetahui artikel terindex di google

Artikel Tidak Terindex Google

Untuk laporan pengindeksan pada gambar diatas menunjukan bahwa URL tidak ada di Google dengan Cakupan : Ditemukan - saat ini tidak diindeks.

Arti dari laporan ini adalah artikel atau postingan belum terindeks di google tetapi Googlebot menemukan URL nya baik pada sitemap atau pada halaman perujuk lainnya.

Dalam hal ini Googlebot telah merayapinya tetapi karena kelebihan muatan sehingga tidak dapat mengindeks sekarang dan Googlebot akan datang merayapi di lain waktu.

Kesimpulan dari laporan ini menunjukan bahwa kalian disuruh menunggu sampai Googlebot datang merayapi kembali.

Apakah nantinya artikel akan diindex googlebot atau tidak, dan berapa lama artikel dapat terindex di google dapat diketahui pada laporan Cakupan berikutnya di Google search console.

Cara cek atau mengetahui artikel terindex di google

Artikel Telah Terindeks di Google

Laporan pengindeksan pada gambar diatas menunjukan URL ada di Google dengan Cakupan : Dikirim dan diindeks.

Arti dari laporan ini menunjukan bahwa Artikel berhasil diindeks oleh google dan akan muncul di halaman pencarian google.

Artikel yang sudah terindeks di google diketahui dari Cakupan dengan Status Valid yang artinya bahwa URL artikel telah di berhasil diindeks yang dimasukan dalam daftar pencarian di google.

Hasil Valid yang berhasil terindex google berasal dari Url artikel yang telah di kirim pada sitemap.

Url yang tidak dikirim di peta situs dengan status Valid yang biasanya Url yang ditandai dengan akhiran ?m=1 dengan laporan diindeks meski tidak dikirim di peta situs.

Dari hasil laporan pengindeksan diatas sekarang kalian dapat memahami apakah artikel sudah terindeks di google atau belum, dapat terindeks atau tidak dapat diindeks.

Artikel dapat terindeks atau tidak selanjutnya dapat di lihat pada rincian laporan Cakupan selanjutnya di Google Search Console.

Semoga artikel ini bermanfaat.