Ciri-Ciri Artikel Berkualitas Yang SEO Friendly Pada Blog

Ciri-ciri artikel berkualitas yang seo fiendly pada blog dan website, pentingnya artikel seo friendly agar mudah ditemukan oleh mesin pencari dan pengguna di google, bing, yahoo, duckduckgo, yandex, baidu

Apa ciri-ciri artikel berkualitas yang seo friendly pada blog dan wesbite, inilah hal yang akan Milsmilo Blog berikan sekarang.

SEO friendly adalah perjalanan panjang yang tekadang sulit dipahami dan diketahui sehingga sering membingungkan, yaitu saat menemukan sebuah kenyataan bahwa artikel tidak berkualitas.

Meskipun telah menguasai berbagai macam teknik membuat artikel yang baik namun pada kenyataanya artikel tidak seo friendly di mata mesin pencari.

Artikel yang seo friendly lebih disukai oleh mesin pencari seperti google, bing, yahoo, duckduckgo, yandex, baidu.

Meskipun artikel sudah seo friendly di mesin pencari, artikel berkualitas harus mengedepankan manfaat bagi pengguna, memahami kebutuhan pengguna dengan membuat artikel berkualitas dengan struktur artikel yang baik.

Membuat artikel yang berkualitas yang seo friendly bukan hal mudah karena mengandung banyak faktor yang mempengaruhinya.

Meskipun demikian artikel seo friendly dapat dipelajari. Jika kalian tidak mempelajari ciri-ciri artikel berkualitas yang seo friendly maka sebanyak apapun artikel yang dibuat tidak akan memberikan manfaat bagi pengguna.

Jangan banyak berharap jika artikel akan mendatangkan banyak traffic pada blog atau website jika artikel tidak seo friendly. Artikel tidak seo friendly menjadi penyebab traffic blog menurun dan sepi pengunjung.

Pahami terlebih dahulu tentang pengertian artikel berkualitas seo friendly.

Apakah Artikel Berkualitas Yang SEO Friendly itu

Artikel SEO friendly adalah artikel yang mudah ditemukan oleh mesin pencari dan cepat dimasukan dalam hasil indeks, yaitu langsung masuk pada halaman pertama pencarian.

Mengapa Artikel Harus Berkualitas dan SEO Friendly

Artikel harus berkualitas dan seo friendly dimata mesin pencari, crwaler merayapi blog dan website dengan memilih artikel terbaik yang sesuai dengan SEOnya yaitu memasukan URL artikel blog dan website pada hasil indeks di pencarian.

Jika artikel tidak seo friendly maka crawler akan kesulitan menemukan artikel blog atau website kalian sehingga menyebabkan artikel lama dan sulit terindeks google atau mesin pencari lainya.

Apakah ciri-ciri artikel yang bekualitas dan seo friendly itu, inilah pembahasnnya lebih lanjut tetang hali ini.

Ciri-Ciri Artikel Berkualitas Yang SEO Friendly

Apakah artikel pada blog atau website kalian sudah seo friendly.

Inilah ciri-ciri artikel seo friendly yang harus diketahui untuk meningkatkan kualitas artikel pada blog dan website.

1. Masuk Halaman Pertama Pencarian

Ciri pertama artikel yang seo friendly adalah artikel masuk pada halaman pertama pencarian.

Artikel yang seo friendly akan mudah masuk pada halaman pertama pencarian. Halaman pertama pencarian adalah posisi artikel berada pada rangking 1 sampai 10.

Yang menjadi pertanyaan adalah Apakah artikel yang tidak masuk pada halaman pertama pencarian artikelnya tidak berkualitas.

Jika artikel tidak masuk halaman pertama pencarian berarti artikel kalian masih kalah kualitas SEOnya dari artikel lainya pada blog atau website pesaing.

Untuk mengetahui posisi rangking di google dapat diketahui pada menu performa di google search console, ketahui juga pada bing webmaster tool blog atau website kalian.

Disinilah tugas kalian harus mengetahui dan memperbaiki kualitas artikel agar artikel lebih seo friendly, dengan mengetahui ciri-ciri artikel berkualitas yang seo friendly lainnya berikut ini.

2. Memiliki Keyword Yang Tepat

Ciri-ciri artikel berkualitas seo friendly adalah memiliki keyword yang tepat, artinya artikel memiliki keyword yang biasa orang cari dan temukan pada mesin pencari.

Keyword mempermudah penemuan oleh mesin pencari untuk dimasukan pada indeks di pencarian dan mudah ditemukan juga oleh pengguna.

Keyword harus ada pada artikel kalian. Jika artikel tidak memiliki keyword yang tepat maka manfaat artikel untuk mudah ditemukan oleh mesin pencari lebih sulit untuk dimasukan pada query pada hasil indeks.

Keyword ditempatkan pada judul, ditempatlan secara natural pada awal arikel, tengah artikel dan akhir artikel. Menggunakan keyword pendukung yang tepat yang berhubungan dengan artikel secara natural dan tidak berlebihan.

Yang harus diketahui bahwa jika pengguna mengetikan sebuah kata pada pencarian akan diberikan alternatif pada query yang muncul di bawah hasil pencarian.

Saat pengguna memilih query yang tersedia tersebut maka artikel berkualitas akan muncul disana.

Apakah artikel ditempatkan pada posisi halaman teratas atau halaman pertama, jika “Ya” berarti artikel kalian berkualitas dan seo friendly.

Jika “Tidak” berarti artikel masih kalah kualitasnya dengan artikel lainya yang lebih seo friendly.

3. Struktur Artikel Tertata Baik

Ciri artikel berkualitas selanjutnya adalah artikel memiliki struktur artikel yang baik.

Struktur artikel yang seo friendly adalah disusun dengan struktur artikel menurut heading yang tepat yaitu H1, H2, H3 atau H4.

Sususan artikel yang baik akan mempermudah artikel di temukan dengan membuat Heading 2 (H2) atau Heading 3 (H3) pada hasil indeks yang umumnya masuk pada halaman pertama di pencarian sebagai artikel yang berkualitas seo friendly.

4. Artikel Orisinil dan Bukan Artikel Copy Patee

Artikel berkualitas adalah artikel orisinil ditulis sendiri yang membahas secara detai dan lengkap, dan bukan merupakan artikel copy paste, atau artikel yang dibuat oleh mesin atau menggunakan script auto generated content.

Artikel copas atau auto generated content adalah artikel sampah internet yang digolongkan sebagai low value content atau artikel berkualitas rendah.

Artikel original adalah merupakan artikel seo friendly yang disukai mesin pencari karena akan memberikan keyword baru.

Jika keyword baru berasal dari artikel kalian maka akan menghasilkan artikel yang seo friendly sehingga masuk pada halaman paling atas di google, bing, yahoo dan serach engine lainnya.

5. Memiliki Meta Keyword

Meta keyword adalah faktor penting sebagai ciri artikel yang seo friendly dan berkualitas.

Meta keyword dimiliki oleh artikel seo friendly yatu sebagai deskripsi penelusuran artikel.

Membuat meta keyword yang tepat mempermudah mesin pencari menemukan artikel, serta pengguna dapat menemukan pencarian yang dimunculkan pada meta keyword artikel.

Meta keyword artikel tidak selamanya dapat dimasukan dalam deskripsi pada penelusuran, tergantung dari seberapa berkualitasnya artikel blog atau website kalian.

Meta keyword sangat membantu artikel kalian untuk mudah ditemukan. Meskipun membuat meta keyword itu sederhana, namun membuat meta keyword diperlukan kejelian dalam memasukan kata kunci yang tepat sesuai dengan isi artikel.

6. Memiliki Gambar Yang SEO friendly

Gambar adalah faktor pendukung penting sebagai artikel yang seo friendly. Gambar akan mempermudah pencarian oleh pengguna.

Artikel berkualitas yang seo friendly akan menampilkan gambar pendukung disamping artikelnya. 

Artikel yang seo friendly akana menampilkan gambar yang digunakan pada artikel muncul di penelusuran gambar paling atas atau dibawah penelusuran teks pada halaman pertama.

Menggunakan gambar yang seo friendly dengan cara membuat alt text dan title text dan sering disebut dengan deskripsi penelusruan gambar.

Artikel yang seo friendly menggunakan gambar dengan ukuran berkualiats tinggi namun memiliki ukuran file yang kecil yang direkomendisikan webmaster.

Untuk mendukung gambar agar seo friendly maka gunakan gambar dengan format webp, png. Pilih salah satu format tersebut yang memiliki ukuran file yang paling kecil.

Faktor Pendukung Artikel Berkualitas Yang SEO Friendly

Setelah mengetahui ciri-ciri artikel yang seo friendly, maka langkah selanjutnya adalah kalian harus memperhatikan faktor pendukung lainnya agar artikel berkualitas dan seo friendly.

Faktor pendukung artikel seo friendly adalah sebagai berikut,

  • Backlink berkualitas.
  • Meningkatkan kecepatan loading blog dan website.
  • Menghilangkan brokenlink.
  • Menggunakan template yang ringan.

Jika faktor pendukung diabaikan maka artikel seo friendly pada bllog atau website tidak akan terwujud.

Dengan mengetahui ciri-ciri artikel yang seo friendly maka sekarang kalian dapat mengetahui dan menilai apakah artikel blog atau website kalian sudah berkualitas dan seo friendly.

Jika artikel sudah memiliki sebagai artikel berkualitas namun tidak masuk pada halaman pertama pencarian maka seo friendly belum terpenuhi sepenuhnya dibandingkan dengan artikel laiinya yang lebih seo friendly.

Jika artikel tidak bekualitas seo friendly maka perbaiki kualitas artikel agar lebih seo friendly dimata mesin pencari dan bermanfaat bagi pengguna sehingga traffic blog dan website meningkat naik.