Penyabab Traffic Blog / Website Menurun dan Sepi Pengunjung

Penyebab traffic webite menurun, penyebab blog sepi pengunjung, macam-macam hal yang menyebabkan traffic turun pada blog dan website

Apa penyebab traffic blog / website menurun dan sepi pengunjung, Mengapa traffic pada wesbite bisa menurun adalah hal yang dapat terjadi dan dialami oleh siapa saja.

Setiap pemilik website atau blog mengkatagorikan bahwa pengunjung blog mulai sepi pada tingkatan jumlah yang berbeda.

Ada yang bilang website dan blognya sepi pengunjung, padahal pengunjungya sudah mencapai ribuan atau puluhan ribu mengatakan bahwa blognya sepi.

Katagori blog sepi pengunjung tergantung dari penilaian masing-masing yaitu dari sisi mana penyebab blognya sepi.

Meskipun untuk mengetahui penyebab traffic turun pada website atau blog yang menyebabkan sepi pengunjung itu sebenarnya mudah.

Namun dalam kenyataanya untuk menganlisa penyabab traffic blog turun atau blog sepi pengunjung tidak dapat di hitung dengan tool apapun.

Belum ada ada tool yang dapat menganilsa penyebab blog sepi pengunjung secara langsung.

Tool hanya dapat menganalisa statistik traffic blog berdasarkan quey dan struktur blog. Jadi kalian harus menganlisa sendiri apa penyebab menjadi traffic blog turun.

Penyebab traffic blog turun dan sepi pengunjung pada setiap situs memiliki permasalahan yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui penyebab traffic wesbite turun maka kalian dapat memperbaiki secara bertahap hal-hal yang menjadi penyebab blog dan website sepi pengunjung.

Penyebab blog sepi dapat digolongkan menjadi dua yaitu saat blog masih baru dan blog sudah lama yang memiliki banyak artikel namun sepi pengujung.

Blog sepi pengunjung saat blog masih baru itu wajar karena crwaler atau bot belum merayapi keseluruhan blog baru.

Bagaimana jika blog atau website kalian sudah lama, namun masih sepi pengunjung, apa penyebab blog sepi pengunjung meskipun artikel sudah banyak.

Macam-macam penyebab traffic blog atau website menurun dapat diketahui pada pembahasan berikut ini.

Penyebab Traffic Blog / Website Menurun dan Sepi Pengunjung

Traffic pada website turun adalah menjadi faktor utama website atau blog sepi pengunjung.

Dengan mengetahui penyebab traffic website menurun maka kalian dapat menganalisa penyebab utama apa sehingga blog sepi pengunjung.

Inilah penyebab traffic pada website menurun dan sepi pengunjung yang harus cepat diatasi.

1. Artikel Tidak Terindeks Di Pencarian

Penyebab pertama traffic website turun dan sepi pengunjung adalah Artikel tidak terindeks di mesin pencarian.

Hal ini adalah masalah serius yang harus diatasi jika blog dan website ingin ramai pengunjungnya.

Artikel tidak terindeks di google, bing, yandex atau mesin pencari lainnya menyebabkan pengunjung tidak menemukan artikel pada mesin pencari.

Pelajari tentang masalah artikel tidak terindeks di google seacrh console seperti ditemukan saat ini tidak diindeks dan dicrawl saat ini tidak diindeks. Pelajari juga pada masalah tidak terindeks di bing webmastertool.

2. Artikel Tidak Masuk Halaman Atas Pencarian

Artikel tidak masuk ranking 1 atau halaman atas pada pencarian seperti di google, bing, yahoo, duckduckgo, yandex dan baidu adalah berpengaruh terhadap traffic website dan blog menjadi turun sehingga sepi pengunjung.

Masuk ranking satu pada peringkat di pencarian memberikan pengaruh terhadap jumlah pengunjung blog.

Blog dan website menjadi sepi karena artikel tidak masuk ranking satu di pencarian.

Setelah kalian mengetahui penyebab traffic website turun dan sepi pengunjung karena artikel tidak masuk ranking 1, memberi gambaran bahwa masuk rangking 1 halaman paling atas di pencarian memberikan efek traffic pengunjung di blog.

3. Perubahan Algoritma Mesin Pencari

Perubahan algoritma mesin pencari adalah salah satu penyebab traffic website turun.

Perubahan algoritma akan memperbaharui kembali keyword pada mesin pencari meliputi volume pencarian, menghapus keyword lama dan memunculkan keyword baru.

Jika artikel blog terkena perubahan algoritma mesin pencari yang menyebabkan traffic turun adalah disebabkan berkurangnya jumlah keyword yang dimasukan pada hasil indeks pada setiap artikel di website dan blog.

Perubahan ini dapat berpengaruh juga terhadap rangking atau posisi artikel di pencarian sehingga turunya posisi ranking tidak berada pada halaman paling atas pencarian.

4. Jarang Memposting Artikel

Jarang memposting artikel menyebabkan traffic blog dan website menjadi menurun dan sepi pengunjung, mengapa demikian.

Setiap artikel yang muncul di pencarian bersifat dinamis, artinya setiap artikel memiliki kesemparan untuk masuk pada peringkat pertama.

Posisi artikel dapat digeser atau digantikan oleh artikel blog lain. Biasanya jika artikel sudah banyak, maka untuk mengecek posisi artikel sering terlewatkan sehingga tidak mengetahui artikel telah digeser oleh artikel blog lain.

Hal inilah yang menyebabkan pengunjung blog menjadi sepi karena posisi artikel digeser oleh artikel lain karena jarang posting artikel.

Untuk menggantikan traffic wesbsite yang menurun karena posisi rangking yang turun maka membuat postingan artikel baru akan memberikan peluang muculnya traffic baru.

5. Kurang Menerapkan SEO

Penyebab traffic blog dan website menurun dan sepi pengunjung adalah kurangnya penerapan SEO.

SEO adalah optimasi pada mesin pencari, yaitu bagaimana cara agar artikel mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Kurang menerapkan seo dapat terjadi karena penempatan kata kunci yang tidak tepat, optimasi yang berlebihan dengan memasukan banyak keyword menyebabkan serach engine mendeteksi sebagai spaming keyword.

Spaming keyword dimasukan dalam katagori low value content atau konten berkualitas rendah.

Penyebab traffic blog turun selanjutnya adalah tidak melakukan optimasi gambar dengan membuat alt text dan tittle text.

6. Judul Artikel Tidak Menarik

Judul artikel tidak menarik perhatian pengunjung adalah salah satu penyebab traffic turun pada blog dan website sepi pengunjung.

Dalam hal ini jika artikel telah terindeks di pecarian dan masuk di halaman pertama namun judul artikel tidak menarik perhatian pengunjung.

Pengunjung lebih memilih judul yang lebih menarik dari judul blog kalian karena ingin mengetahui apa isi dari topik yang dicarinya.

Judul artikel memberikan pengaruh terhadap traffic pengunjung di blog apakah mereka tertarik dengan artikel di wesblie dan blog kalian.

Jika pengunjung tidak tertarik maka peluang untuk mendatangkan pengunjung pada blog mejadi lebih kecil.

7. Tata Bahasa Artikel Membingungkan

Penyebab blog sepi pengunjung dan traffic menurun adalah karena tata bahasa pada artikel membingungkan sehingga pengunjung sulit memahami maksud dari isi artikel.

Tata bahasa artikel yang membingungkan menyebabkan pengunjung enggan kembali mengunjungi blog kembali sehingga peluang mendatangkan traffic pengunjung kembali menjadi turun.

Membuat tata bahasa yang menarik pada artikel dapat dipelajari, meskipun terkadang sebagai penulis menemukan kejenuhan sehingga tata bahasa artikel membingungkan dan tidak menarik.

8. Backlink Tidak Berkualitas

Backlink tidak berkualitas adalah sebagai faktor penyebab traffic website atau blog turun. Mengapa demikian, jika kalian telah memasang backlink pada situs yang tidak berkualitas yaitu tidak masuk pada hasil pencarian, maka backlink tersebut tidak dapat mendatangkan traffic sehingga menyebabkan blog sepi pengunjung.

Backlink tidak berkualitas dapat dianggap sebagai spam oleh crawler sehingga tidak mendatangkan traffic ke blog atau website menyebabkan traffic turun dan blog sepi pengunjung.

9. Kecepatan Webaite / Blog Lambat

Kecepatan website dan blog adalah menjadi penentu segalanya setelah penyebab traffic blog turun diketahui, maka maslah loading blog adalah sebagai penentunya.

Mengapa demikian, saat semua optimasi sudah dilakukan namun ternyata kecepatan blog menjadi penghalang pengunjung untuk membuka blog atau website.

Pengunjung membatalkan kunjungan karena loadaing blog lambat dan error karena halaman tidak dapat dibuka.

10. Banyak Iklan Mengganggu

Terlalu banyak iklan adalah faktor yang sering terlupakan sebagai penyebab traffic blog turun dan sepi pengunjung.

Iklan yang menggangu menyebabkan pengalaman pengguna menjadi berkurang seperti iklan pop up yang muncul di halaman sehingga menutupi sebagian atau keseluruhan artikel.

Terlalu banyak iklan juga menyebabkan kecepatan website juga berkurang, sehingga pengunjung kesulitan membuka blog atau website sehingga membatalkannya setelah menemukan di mesin pencarian.

Dengan mengetahui macam-macam penyebab traffic blog turun dan sepi pengunjung maka kalian yang dapat mempelajarinya sehingga kalian dapat memperbaiki traffic blog turun dan sepi pengunjung sehingga dapat mengdatangkan traffic blog kembali.