Penyebab Dan Cara Mengatasi Di Crawl - Saat Ini Tidak Diindeks (Update 2024)

Penyebab dan cara mengatasi Di-Crawl - Saat ini tidak di indeks di Google Search Console agar cepat terindex di google kembali

Inilah penyebab dan cara mengatasi Di crawl - Saat ini tidak diindeks (Update 2024).

Di Crawl - Saat ini tidak diindeks adalah hasil laporan pada google search console setelah melakukan indeks artikel.

Di crawl - saat ini tidak diindeks sering ditemukan pada hasil indeks di google dan hal ini terkadang memberikan pemahaman yang berbeda dari para blogger terutama bagi pemula karena ada istilah lainnya yaitu Ditemukan - saat ini tidak diindeks.

Dari kedua istilah di crawl dan ditemukan maka keduanya menunjukan bahwa URL atau halaman sama-sama tidak diindeks atau tidak ada dalam indeks google sehingga tidak muncul di pencarian google.

Di Crawl - Saat Ini Tidak Diindeks di Google Search Console

Jika artikel telah terindeks di google namun kemudian muncul fenomena yang terjadi yaitu munculnya masalah Di crawl - Saat ini tidak diindeks di google search console yang menunjukan bahwa URL tidak ada di Google.

Penyebab dan cara mengatasi Di-Crawl - Saat ini tidak di indeks di Google Search Console agar cepat terindeks di google kembali

Jika kalian menemukan URL yang tiba-tiba muncul pada laporan Di crawl - Saat ini tidak diindeks maka kalian tidak usah bingung karena Milsmilo Blog akan membahasnya disini.

Sebenarnya apakah penyebab munculnya masalah di crawl - saat ini tidak diindeks ini.

Bagaimana cara mengatasinya agar di crawl saat ini tidak diindeks hilang pada laporan hasil indeks sehingga artikel dapat terindeks kembali di google.

Sebelum membahas lebih lanjut maka perlu dipahami arti dari hal tersebut.

Arti Di Crawl - Saat Ini Tidak Diindeks

Google telah memberikan penjeasan arti di crawl - saat ini tidak diindeks yaitu “Halaman telah di crawl oleh Google, tetapi tidak diindeks. Halaman ini mungkin diindeks atau tidak diindeks pada masa mendatang; Anda tidak perlu mengirimkan ulang URL ini untuk crawling”

Dari penjelasan tersebut, Arti Di Crawl adalah google telah menemukan halaman atau URL yang telah dirayapi oleh mesin crawling.

Saat kalian melakukan inspeksi URL pada pengindeksan maka akan tersaji laporan yaitu Crawl diizinkan, pengambilan halaman berhasil dan pengindeksan telah di izinkan.

Di crawl saat ini tidak diindeks adalah Halaman atau URL yang di crawl tidak ada dalam indeks google.

Dalam hal ini, bisa saja halaman atau URL diindeks dan tidak diindeks sehingga kalian tidak perlu melakukan pengindeksan kembali jika URL masuk pada laporan ini.

Tentunya kalian tidak menginginkan bahwa artikel tidak masuk dalam indeks google atau Sulit Terindeks Google.

Setelah memahami arti tersebut, tentunya kalian bertanya-tanya sebenarnya apa yang menjadi penyebab masalah ini.

Penyebab Di Crawl - Saat Ini Tidak Diindeks

Penyebab utama Url atau halaman artikel saat ini tidak diindeks karena crawling memanggap dan memandang URL halaman atau artikel memang tidak perlu untuk diindeks berdasarkan penilaian algoritma google.

Kalian dapat mempelajari hal yang menjadi penyebab URL masuk pada laporan Di Crawl - Saat Ini Tidak DiIndeks berikut ini,

1. Artikel Tidak Memiliki Keyword Yang Tepat dan Kuat

Keyword sangat mempengaruhi hasil indeks karena saat crawler merayapi isi artkel akan memasukkanya ke dalam kueri sehingga jika artikel tidak memiliki keyword yang kuat maka crawler akan kesulitan untuk memasukannya dalam indeks google.

Jika artikel dapat terindeks dan tidak memiliki keyword atau kueri yang tidak tepat, maka pada hasil perayapan berikutnya menyebabkan masuk dalam daftar crawling yaitu pengambilan berhasil namun tidak diindeks karena dianggap halaman atau artikel tidak perlu diindeks saat ini.

2. Duplikat Content

Duplikat content merupakan hal yang sering terjadi entah itu karena kesengajaan atau tidak.

Jika munculnya duplikat content karena ketidaksengajaan sering ditemukan saat postingan sudah ribuan maka hal tersebut masih dapat diatasi dengan merubah isi artikel.

Namun jika hal duplikat konten terjadi karena kesengajaan dengan mengambil dari postingan orang lain dengan melakukan Auto generated content atau AGC maka maka google menganggap sebagai spam.

Duplikat content menyebabkan artikel dimasukan pada katagori di crawl - saat ini tidak diindeks.

3. Menggunakan Keyword atau Kata Kunci Yang Mirip

Menggunakan keyword atau kata kunci yang mirip atau sinonim keyword dalam sebuah judul artikel menyebabkan munculnya masalah ini sehingga artikel tidak diindeks

Hal ini sering terjadi tanpa kita sadari sehingga kalian menemukannya pada laporan di crawl saat ini tidak diindeks.

4. Keyword Telah Dimasukan Pada Judul Artikel Sebelumya

Saat artikel telah terindeks di google maka akan dimasukan dalam keyword atau kueri.

Dikemudian hari kalian membuat artikel berikutnya dan tidak sengaja menggunakan keyword yang telah dimasukan dalam indeks sebelumnya pada judul tersebut.

Memasukan keyword yang telah terindeks pada artikel sebelumnya menyebabkan crawler mengalami kesulitan menentukan indeks karena telah dimasukan pada artikel sebelumnya.

Jika artikel terindeks dan crawler tidak dapat menemukan kueri yang cocok untuk dimasukan dalam indeks maka pada perayapan berikutnya google dapat menganggap bahwa URL tidak dapat dimasukan pada indeks google sehingga masuk pada di crawl - saat ini tidak diindeks.

5. URL Tidak Ditemukan Di Peta Situs

URL tidak ditemukan di peta situs dapat menyebabkan masalah Di Crawl - Saat Ini Tidak Diindeks. Pada kondisi ini google tidak dapat menemukan URL di peta situs.

Penyebab dan cara mengatasi Di-Crawl - Saat ini tidak di indeks di Google Search Console agar cepat terindex di google kembali

Untuk mengetahui apakah URL ditemukan, kalian dapat mengeceknya pada saat Inspeksi URL dan jika pada peta situs tersisi T/A maka Url atau halaman tidak ditemukan di sitemap.

Url tidak ditemukan pada sitemap dapat disebabkan karena error pada peta situs atau terjadi kesalahan pengalihan.

Setelah mengetahui penyebab URL atau halaman Di crawl saat ini tidak diindeks maka langkah selanjutnya adalah cara memperbaiki Di crawl - Saat ini tidak diindeks di google search console.

Cara Mengatasi Di Crawl - Saat Ini Tidak Diindeks

1. Memperbaiki dan Mengupdate Artikel

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi di crawl saat ini tidak diindeks adalah dengan memperbaiki atau mengupdate artikel.

Masukan keyword yang tepat yaitu kueri yang telah dimasukan di pencarian google.

Keyword yang tepat yaitu dengan menambahkan kata kunci judul yang relevan tidak berlebihan sehingga tidak masuk dalam katagori spam.

2. Membuat artikel berkualitas

Buatlah artikel yang berkualitas yaitu artikel orisinil asli buatan sendiri dengan menerapkan SEO dan bukan hasil dari Copas artikel atau Auto Generated Content (AGC) untuk menghindari duplikat konten.

Membuat artikel berkualitas akan memperkecil kemungkinan halaman di crawl saat ini tidak diindeks yaitu dengan menggunakan keyword dengan tingkat persaingan rendah kecil.

Menggunakan kata kunci dengan tingkat persaingan rendah atau KD yang rendah dengan volume pencarian tinggi adalah salah cara untuk mengatasi di crawl saat ini tidak diindeks.

3. Mengirim dan mengecek peta situs secara berkala.

Mengirim peta situs akan membantu crawler untuk menemukan URL halaman atau artikel.

Lakukan pengecekan jumlah artikel yang ada di sitemap setiap melakukan pengindeksan apakah URL telah masuk pada sitemap yang telah dikirimkan di Google search console.

Jika URL tidak terdapat di sitemap maka lakukan kirim ulang peta situs yang bisa saja disebabkan oleh internet error atau sitemap error sehingga tidak terdeteksi crawler google.

4. Melakukan Indeks Artikel

Setelah artikel diperbaiki dengan mengupdate keyword, mengecek Url dan mengirim sitemap maka lakukan permintaan indeks artikel kembali di Google search console pada Inspeksi URL.

Tunggu hasil pengindeksan pada laporan indeks berikutnya.

Hasilnya artikel dapat terindeks di google kembali dan muncul di pencarian memerlukan waktu yang tidak dapat ditentukan bisa lama dan bisa cepat, tergantung dari penilaian crawler google dalam menentukan hasil indeks apakah cepat terindeks atau menunggu dalam antrian prioritas.

Penyebab dan cara mengatasi Di-Crawl - Saat ini tidak di indeks di Google Search Console agar cepat terindex di google kembali

Cara mengatasi di crawl saat ini tidak dindeks sebenarnya sangat mudah yaitu dengan membuat artikel yang mudah ditemukan google menggunakan keyword yang tepat, meningkatkan SEO website, menghindari duplikat konten, mengirimkan peta situs secara rutin dan mengecek URL apakah sudah masuk pada sitemap xml.

Jika artikel berubah dari terindeks menjadi tidak terindeks, dan masuk pada laporan di crawl saat ini tidak diindeks maka hal yang harus dilakukan untuk mempercepat indeks dengan memperbaiki artikel, yaitu gunakan keyword sesuai judul artikel dan hilangkan keyword yang tidak relevan sehingga google mudah menemukan URL yang sesuai dengan isi artikel.