Artikel Sulit dan Tidak Terindex di Google, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penerapan postingan yang tidak seo friendly menjadi penyebab utama sebuah artikel sulit dan tidak terindex di google sehingga tidak muncul pada mesin pencari .

Jika artikel tidak terindex di google maka peluang untuk masuk dihalaman pertama sangat kecill.

Pada kondisi tersebut maka jumlah visitors blog menjadi berkurang.

Bagaimana cara agar artikel cepat terindeks di google

Pentingnya SEO artikel adalah cara untuk mengatasi artikel yang susah terindex.

Membuat artikel yang seo harus dipahami oleh seorang blogger yaitu bagaimana google mengindeks artikel.

Baca juga :

Cara indeks artikel di Google Search Console

Cara agar artikel cepat terindeks Google

Cara cek artikel sudah terindeks di Google

Banyak sekali tools yang dapat digunakan untuk membantu mencapai halaman pertama, tetapi itu bukan jaminan.

Mengapa demikian, google sendiri memiliki algoritma canggih yang dapat mendeteksi apakah sebuah judul artikel berisi sesuatu yang natural untuk pembaca atau tidak.

Apabila artikel hanya mengejar peringkat saja dengan memasukan keyword yang berlebihan maka googlebot akan mendeksi sebagai sebuah spam dan masuk sebagai konten yang tidak berkualitas.

Penyebab artikel tidak terindex Google dan cara mengatsinya

Inilah hal yang sering menjadi penyebab artikel sulit dan susah terindeks di google

Judul artikel berada pada tingkat persaingan yang tinggi

Judul artikel adalah faktor utama pertama agar artikel cepat terindex di google. Jika judul artikel memiliki tingkat persaingan yang tinggi maka kemungkinan terindeks akan sangat kecil sebab terutama bagi blog baru.

Membuat judul dengan dengan kata kunci yang singkat memang memenuhi seo on page yang baik tetapi bagi blog baru menggunakan judul artikel yang singkat akan mempersulit untuk diindeks sebab blog besar dan lama sudah banyak yang menggunakan kata kunci tersebut.

Cara mengatasi agar artikel tidak sulit terindex google yaitu buatlah judul dengan menggunakan kata kunci utama yang diikuti dengan kata kunci ekor panjang atau long tail keyword.

Judul yang sesuai dengan SEO agar menghasilkan artikel blog yang menarik dengan jumlah karakter antara 50 sedang 60 karakter karena tittle tag yang akan ditampilkan hanya 600 pixel sehingga apabila melebihi maka judul akan terpotong pada tampilan di halaman pencarian.

Judul yang terpotong tentunya tidak akan memberikan informasi yang tidak lengkap kepada pengguna di pencarian google.

Artikel tidak ramah terhadap pembaca dan mesin pencari

Isi artikel yang sulit dipahami oleh pembaca dengan struktur isi yang kurang berhubungan dengan judul menyebabkan artikel tidak terindex karena bot sekarang lebih cerdas dan dapat mendeteksi sebuah artikel relevan atau tidak antara judul dan isinya.

Semua orang bisa menulis tetapi menata menjadi sebuah urutan yang terstruktur memerlukan proses belajar seo, bagaimana meletakan isi pembahasan yang berurutan yang mudah dipahami pembaca.

Hal yang harus di terapkan dengan menggunakan H1, H2, H3, H4 sesuai dengan tata urutan untuk mempermudah crawler menemukan kunci utama dalam sebuah url postingan.

Tidak menggunakan kata kunci yang tepat

Menggunakan keyword yang kurang tepat antara judul dan isi artikel menyebabkan crawling susah mendeksi hubungan yang relevan antara judul dan isi.

Solusinya adalah dengan memasukan kata kunci yang saling berhubungan antara judul dan isi akan meningkatkan seo on pages bagi indeks google.

URL artikel tidak SEO

Membuat Url artikel yang tidak seo adalah menjadi penyebab artikel susah dan sulit terindeks di google, mengapa demikian?

Crawler google dapat menemukan artikel pada blog dan website karena menemukan sebuah URL, apakah itu Url internal yang berada pada blog atau website kalian dan juga external Url yaitu Url yang dipasang pada blog atau website lain yang sering disebut dengan Backlink.

Crawler akan menentukan kata kunci yang tepat dari Url sehingga Url memilki peran yang penting dalam hal ini.

Url yang tidak seo itu seperti apa, pengertian sederhananya yang pertama adalah bahwa url tidak memiliki kata kunci yang tepat untuk dimasukan dalam query atau keyword di google.

Hal kedua adalah saat kalian membuat Url atau permalink secara otomatis maka url akan dibuat berdasarkan judul secara penuh. Pada kondisi ini maka kalian harus menentukan Url atau permalink yang relevan terhadap keyword yang akan ditargetkan sesuai dengan query yang akan di pencarian google.

Untuk memahaminya kalian dapat mempelajari tentang query di Google Search Console. Pelajari query apa saja yang dimasukan pada hasil penelusuran di Googgle, apakah sudah tepat dan menduduki peringkat halaman pertama di google.

Kesimpulan

Kesimpulan penyebab artikel sulit dan tidak terindex google dari penjabaran diatas adalah

  1. Judul berada pada tingkat persaingan yang tinggi.
  2. Artikel tidak relevan terhadap pembaca dan mesin pencari.
  3. Tidak menggunakan kata kunci yang tepat.
  4. Memaksakan kata kunci terlalu banyak isi artikel.
  5. Terlalu mengejar SEO yang berlebihan sehingga tulisan tidak natural.
  6. Kurang menerapkan H1, H2, H3, H4, pada isi artikel

Setelah mengetahui hal yang menyebabkan artikel sulit terindeks, mulailah membuat postingan murni hasil karya sendiri yang disukai search engine, optimasi tampillan web dengan menggunakan tamplate responsive dan mobile friendly, optimalkan kecepatan loading blog, tata letak yang rapi dengan fungsi menu blog yang baik.

Jangan lupa masukan deskripsi postingan sesuai dengan judul dan isi postingan agar crawler menemukan kata kunci yang relevan. Submit artikel ke Google Search Console menggunakan alat inspeksi untuk minta pengindeksa serta kirimkan sitemap secara teratur.

Semoga tulisan ini dapat memberikan semangat bagi saya dan blogger semua untuk membuat artikel blog yang menarik bagi pembaca dan juga disukai oleh seo google.