Mengatasi Kesalahan Pengalihan dan Perayapan pada Google Console

Cara mengatasi kesalahan pengalihan dan perayapan di google search console pada blogger

Cara Mengatasi Kesalahan Pengalihan dan Perayapan di Google Search Console - Masalah seperti ini sering ditemukan pada blog atau wesbite, mengapa ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya ? simak pada pembahasan lebih lanjut berikut ini.

Pesan masuk pada email di akun Google Webmaster saat terjadi kesalahan pengalihan yang menjelaskan bahwa Google search console telah mendeteksi situs yang terpengaruh dalam cakupan yaitu adanya masalah error teratas yang dapat menyebabkan halaman tidak muncul pada penelusuran google yaitu kesalahan pengalihan dan Google memberikan saran perbaikan untuk mempermudah penemuan pada penelusuran.

Cara mengatasi masalah kesalahan pengalihan dan kesalahan perayapan di Google search console di blog dan website

Hal yang menimbulkan kekhawatiran adalah postingan atau artikel dapat tidak muncul di google jika terjadi kesalahan pengalihan pada pesan Search Console.

Tentunya saya dan juga kalian tidak menginginkan hal ini terjadi yaitu artikel hilang dari indeks google dan mempengaruhi traffic visitor di website.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi artikel sulit terindeks google

Munculnya error perayapan dan kesalahan pengalihan bisanya saling berkaitan entah mana dahulu yang mendahului muncul pertama kalinya.

Penyebab Kesalahan Pengalihan dan Perayapan

Munculnya kesalahan pengalihan disebabkan karena pengambilan halaman gagal dilakukan google error pengalihan pada Url saat melakukan crawling di blog yang dapat disebabkan baik oleh error redirect pada blogspot ke domain TLD, hosting yang error down atau dalam proses maintenance. ataupun halaman yang mengalami error karena faktor internal yang disebabkan karena template blog yang error.

Sebelum melakukan tindakan dan mengambil kesimpulan tersebut diatas, hal yang termudah yang harus dilakukan adalah dengan mengeceknya terlebih dahulu pada Url yang mengalami error kesalahan pengalihan atau perayapan, apakah postingan tetap ada di google pada cara dan langkah berikut ini :

Cara Mengatasi Kesalahan Pengalihan di Blogger

Sebelum melakukan validasi perbaikan maka kalian dapat mengecek terlbih dahulu Url yang mengalami error kesalahan pengalihan

Uji robots.txt

1. Buka Cakupan pada masalah Pengalihan.

Cara mengatasi masalah kesalahan pengalihan dan kesalahan perayapan di Google search console di blog dan website

2. Arahkan pada URL yang yang mengalami kesalahan.

3. Klik Url tersebut kemudian Lakukan Uji Pemblokiran robots.txt apakah Url halaman di blokir atau tidak.

Jika hasil menunjukan warna hijau berarti googlebot dapat mengcrawl url dan tidak diblokir oleh robots txt.

Baca juga : Cara mengatasi masalah Url yang diindeks meski diblokir robots.txt

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan URL.

Inspeksi uji URL langsung

1. Arahkan kursor pada Url kemudian Pilih Inspeksi Url pada icon kaca pembesar.

2. Kemudian Klik Uji Url langsung apakah Url bisa ditemukan oleh Crawl Google.

3. Jika dari hasil uji tersebut Url dapat di crawl berarti Google dapat menemukan URL dan tidak menunjukan masalah pada URL.

4. Lakukan Cek Url halaman lainnya yang terpengaruh masalah kesalahan Pengalihan lainnya.

Jika url artikel yang telah terindeks mengalami peringatan Kesalahan Pengalihan dan setelah melakukan uji url langsung google dapat menemukan serta mengambil halaman yang di crawl maka maka kesalahan pengalihan hanya bersifat sementara yaitu saat Googlebot merayapi atau mengcrawl url tersebut terjadi masalah error pengalihan halaman yaitu dari server url blogger yang dialihkan ke domain kustom TLD blog.

Uji artikel langsung di Pencarian Google

Uji ini dilakukan jika postingan artikel sudah terindeks google tetapi mengalami masalah pengalihan

1. Buka pencarian di google.com

2. Masukan Url postingan yang mengalami masalah perayapan.

3. Jika Url postingan artikel masih terindeks google menunjukan bahwa halaman aman dan bisa dibuka dan ditemukan pada penelusuran google.

Dari hasil cek url melalui robots.txt jika halaman tidak diblokir maka crawling dapat menemukan dan bukan sebuah kesalahan dengan peringatan berwarna merah pada uji tersebut.

Kesalahan Perayapan Di Google Search Console

Bagaimana jika hasil Uji Url Langsung menunjukan hasil Google tidak dapat mengambil atau menemukan halaman yang ditandai dengan pesan error Kesalahan Perayapan di Google Search Console.

Saat google tidak dapat mengambil halaman yang di uji maka memang telah terjadi masalah Perayapan dan juga saat Cek Url di google.com artikel tidak ada di pencarian, maka hal yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut.

Cek juga Url lainnya apakah mengalami hal yang sama selain Url yang mengalami masalah perayapan jika iya maka hal yang perlu dilakukan adalah menunggu beberapa saat atau beberapa hari mungkin memang sedang terjadi error server dan tunggu sampai server hosting normal kembali.

Baca juga : Masalah LCP Largest Contentful Paint di Google Search Console

Cara Mengatasi Kesalahan Perayapan di blogger

1. Merubah Judul atau Url postingan.

2. Buka postingan di blogger kemudian Klik pada Kembali ke Draf.

3. Ubah judul sehingga Permalink berubah secara otomatis atau Biarkan Judul seperti biasa kemudian Ganti Url dengan dengan Permalink Khusus.

4. Ubah tanggal menjadi otomatis, isikan dan Perbaiki Deskripsi Penelusuran kemudian Publikasikan.

5. Kirim ulang peta situs > Pilih menu Setelan > Pilih Sitemap atau peta situs kemudian Kirim.

6. Lakukan Inspeksi Url > Pastekan Url postingan yang telah diganti > Klik Uji Url langsung jika Url tersedia untuk google dan Tidak terjadi Error kemudian Klik Minta Pengindeksan.

7. Tunggu google merayapi dan mengindeks artikel yang telah diperbaiki.

Dan setelah melakukan uji url dan uji robots txt dan hasilnya google dapat mengambil dan menemukan url halaman atu artikel, langkah selanjutnya adalah melakukan Validasi untuk mengatasi Kesalahan Pengalihan.

Cara Validasi Masalah Kesalahan Pengalihan dan Perayapan di Google Search Console

1. Buka Url yang mengalami kesalahan pengalihan dan perayapan kemudian Klik Validasi.

2. Jika sudah melakukan Validasi maka pesan di Google search console berubah menjadi Validasi di Mulai seperti gambar dibawah ini.

Cara mengatasi, memperbaiki serta validasi kesalahan pengalihan dan kesalahan perayapan di google search console pada blog dan website

3. Tunggu proses Validasi untuk menunggu hasilnya apakah google dapat merayapi dan menemukan Url artikel.

Jika masalah pengalihan dan perayapan telah diatasi maka google akan mengirimi pesan di email anda yang menyatakan bahwa proses perbaikan error kesalahan pengalihan telah berhasil diperbaiki.

Setelah kesalahan pengalihan dan kesalahan perayapan diperbaiki serta proses Validasi Lolos maka Laporan pada Cakupan Kesalahan di Google Search Console menjadi tidak ada lagi dan grafik tidak berwarna merah.

Kesimpulan dari cara mengatasi kesalahan pengalihan dan perayapan dengan melakukan Uji robots.txt yang menunjukan halaman tidak diblokir oleh robots.txt dan Uji Url langsung yang menunjukan google dapat mengcrawl, menemukan dan mengambil url halaman atau postingan artikel maka maka artikel blog dapat muncul di indeks google.

Manfaat mengatasi kesalahan pengalihan dan perayapan adalah google dapat mengindeks artikel yang telah diposting yang merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas seo blog atau website agar muncul kembali di google jika halaman telah mengalami deindex.

Itulah cara mengatasi kesalahan pengalihan dan kesalahan perayapan di google search console pada blog atau website.