Cara Mengatasi iklan Adsense Dibatasi Karena Traffic Tidak Valid

Cara mengatasi iklan adsense dibatasi karena traffic tidak valid, penyebab pembatasan penyangan iklan adsense karena invalid traffic

Apa yang terjadi saat penayangan iklan adsense dibatasi pada pemberitahuan akun adsense. Hal ini dapat terjadi pada setiap publisher adsense jika melanggar kebijakan adsense.

Munculnya pesan berwarna merah pada dashboard adsense dibagian atas “Jumlah iklan yang dapat anda tampilkan telah dibatasi. Buka pusat kebijakan untuk melihat detailnya”

Pada menu pusat kebijakan di akun adsense memberitahukan bahwa Peyangan iklan dibatasi karena masalah traffics tidak valid.

Disadari atau tidak hal tersebut adalah sebuah kenyataan pahit karena iklan adsense dibatasi karena traffic tidak valid pada blog atau webiste.

Masalah traffic tidak valid dengan pembatasan penayangan iklan adsense adalah yang hatus dihadapi blog karena melanggar kebijakan adsense.

Untuk blogger master tentunya sudah mengetahui apa yang terjadi dan dapat menduga penyebabnya terjadinya pembatasan penayangan iklan di blog dan websitenya.

Untuk pemula mungkin menjadi sebuah pertanyaan mengapa iklan adsense dibatasi, apa penyebab iklan dibatasi karena traffic invalid.

Pembatasan penayangan iklan adalah menjadi salah satu sebab iklan adsense tidak muncul sehingga yang ada hanyalah area kosong pada artikel atau bagian blog yang telah dipasang kode iklan adsense.

Pengertian Traffic Tidak Valid

Traffic tidak valid sering disebut juga dengan Invalid Traffic.

Traffic tidak valid mencakup semua klik atau tayangan yang mungkin secara tidak sengaja meningkatkan biaya pengiklan atau penghasilan penayang.

Masalah traffic tidak valid dapat muncul di akun adsense karena beberapa hal yaitu sengaja melakukan traffic invalid, tidak sengaja melakukan traffic tidak valid dan orang lain yang melakukan traffic tidak valid.

Apapun kondisi yang terjadi bahwa munculnya pembatasan iklan karena traffic tidak valid di google adsense adalah resiko yang harus di tanggung oleh publisher adsense sendiri.

Apakah itu sengaja atau tidak, serta kesalahan yang dilakukan sendiri atau juga kesalahan yang dilakukan oleh orang lain.

Traffic tidak valid adalah tanggung jawab pemilik blog  apapun kondisinya adalah menjadi resiko pemilik blog yang harus segera diperbaiki.

Selanjutnya apa penyebab pembatasan iklan karena traffic todak valid, dan mengapa ini dapa terjadi.

Penyebab Iklan Adsense Dibatasi

Hal apa saja yang dapat menyababkan pembatasan iklan karena traffic tidak valid.

1. Traffics Blog Rendah

Penyebab iklan adsense dibatasi karena traffics blog rendah adalah menjadi perbincangan para blogger apakah ini berpengaruh atau tidak,

Namun secara logika traffic rendah dapat pula menyebabkan traffic tidak valid karena rasio antara sumber traffic organik menjadi sedikit terutama jika kalian sering membuka blog sendiri.

Munculnya traffic non organik yang lebih banyak dengan perbandingan yang tidak logis maka google tidak menyukai hal ini dan dapat dikatagorikan memperbanyak tayangan iklan sendiri.

2. Mengklik Iklan Sendiri

Mengklik iklan sendiri adalah penyebab traffic tidak valid dan melanggar kebijakan adsense sehingga iklan adsense dibatasi.

Sengaja atau tidak kalian jangan melakukan hal ini sehingga membuat traffic tidak valid yang menyebabkan iklan dibatasi.

3. Menggunakan Auto Ads

Menggunakan auto ads menyebabkan pembatasan peyangan iklan adsense yaitu melakukan tindakan penipuan menggunkan tool yang secara otomatis untuk menaikan traffic dan tayangan iklan.

4. Membuka Blog Sendiri Berlebihan

Membuka blog sendiri berlebihan menyebabkan traffic menjadi tidak valid sehingga penayangan iklan dibatasi.

Membuka blog sendiri untuk menegcek iklan sendiri akan mempengaruh irasio  jumlah tayangan iklan organik dan non organik.

Penyebab Traffic Tidak Valid

Menurut Google bahwa Traffic tidak valid mencakup, namun tidak terbatas pada :

  1. Klik atau tayangan yang dihasilkan oleh penayang yang mengklik sendiri iklan aktif mereka
  2. Tayangan atau klik iklan berulang dari satu pengguna atau lebih
  3. Penayang yang menganjurkan agar mengeklik iklan mereka (contohnya dapat mencakup: kata-kata apa pun yang mendorong pengguna untuk mengeklik iklan, penerapan iklan yang dapat meningkatkan volume klik tidak sengaja, dll.)
  4. Alat penghasil klik atau sumber traffic otomatis, robot, atau software lainnya yang menipu.

Berapa Lama Iklan Adsense Dibatasi

Menurut google adsense, Akun Anda masih dapat diakses sepenuhnya dan Anda dapat melihat detail tentang masalah tingkat akun ini di Pusat kebijakan. Meskipun pembatasan penayangan iklan ini biasanya memengaruhi penayang selama kurang dari 30 hari, dalam beberapa kasus mungkin lebih lama. Sebaiknya Anda bersikap proaktif dalam memastikan traffic iklan Anda mematuhi kebijakan Program AdSense

Jadi masa pemberlakuan pembatasan iklan adalah selama 30 hari atau bahkan lebih, sehingga kalian dapat mengeceknya kembali setelah 30 hari.

Dan untuk mengatasi pembatasan iklan adsense karena tidak valid maka kalian dapat melakuan hal berikut ini agar notifikasi pembatasan iklan segera hilang dan dapat menayangkan iklan adsense kembali setelah minimal 30 hari masa pembatasan iklan.

Cara Mengatasi Iklan Adsense Dibatasi Karena Traffic Tidak Valid

Inilah hal yang dapat dilakukan pada untuk mengatasi penayangan iklan adsense yang dibatasi karena traffic invalid.

1. Tetap Membuat Artikel Berkualitas

Meskipun pembatasan iklan adsense telah diberlakukan, membuat artikel berkualitas tetap harus dilakukan mengingat google adsense memantau traffic blog pada masa pembatasan iklan.

Buat dan posting artikel yang dapat menaikan traffic organik blog. Karena traffic organic adalah traffic murni yang disukai google.

2. Tidak Memasang Script Iklan

Pada masa pembatasn iklan adsense, pemiliki akun tetap diperbolehkan mamasang kode iklan di blog atau website.

Namun hal yang terjadi adalah iklan tidak muncul dan yang ada hanyalah sebuah kotak kosong berwarna putih.

Kotak kosong tersebut adalah iklan adsense yang tidak muncul karena pembatasan iklan.

Jika kalian tetap memasang kode iklan tentunya pengalaman pengunujung blog akan terganggu dengan kodisi tersebut sehingga iklan yang dipasang secara manual sebaiknya dihapus atau disembunyikan dahulu.

3. Gunakan Iklan Otomtatis Adsense

Jika kalian telah memasang iklan otomatis maka biarkan iklan otomatis adsense tetap bekerja di blog atau website kalian.

Iklan otomatis akan muncul sendiri tanpa memasang kode unit iklan di blog sehingga tampilan iklan tidak blank jika iklan tidak muncul.

Iklan otomatis akan tetap muncul meskipun tidak sebanyak dibandingkan sebelum terjadi pembatasan iklan karena traffic tidak valid.

Jika kalian tidak memasang iklan otomatis dan ingin tetap memasangnya maka cukup pasang satu iklan saja pada bagian yang tidak menyebabkan blank diantara artikel misalnya dibagian footer atau di bawah artikel.

4. Lihat Sumber Traffic di Google Analytics

Lihat sumber traffic di blog atau website kalian dengan google analytics.

Jika belum memasang google analytics maka dapat memasang google analytics terlebih dahulu.

Lihat pada sumber traffic blog atau website kalian, apakah sebagian besar dari traffic organic.

Jika terjadi lonjakan traffic dari sumber non organic seperti direct atau referal kenali traffic tersebut apakah dari membuka blog sendiri atau bukan.

Jika sumber traffic dari lonjakan pihak ketiga yang mencurigakan maka kalian dapat melaporkannya ke google adsense.

5. Kurangi Membuka Blog Sendiri

Membuka blog sendiri secara berlebihan tanpa jeda atau dilakukan dengan cepat dapat menyebabkan traffic tidak valid yang mempengaruhi jumlah tayangan iklan adsense menjadi invalid.

Jika kalian ingin mengecek tampilan iklan adsense di blog sendiri gunakan browser atau jaringan internet dengan IP yang berbeda.

Meskipun demikian lebih baik hindari membuka blog sendiri terlebih dahulu jika sedang mengalami pembatasan iklan, kecuali saat kalian membuat artikel baru untuk melakukan indeks artikel di gogle search console.

7. Tingkatkan Traffic Organic

Tingkatkan traffic organic di blog atau website dengan meningkatkan SEO blog dan artikel sehingga masuk pada halaman pertama.

Optimasi artikel yang sudah ada dengan mengupdate artikel lama sehingga dapat mendatangkan traffic organik kembali menjadi lebih banyak.

8. Jangan Bagikan Postingan di Sosmed

Jika kalian secara rutin memposting artikel ke sosmed maka pada masa ini jangan bagikan artikel di sosmed sehingga tiidak mempengaruhi traffic organik dari mesin pencari secara murni.

Namun jika setelah 30 hari masih terjadi pembatasn iklan, maka perbaiki kembali blog kalian dengan memposting artikel secara rutin untuk menigkatan traffic organik murni di pencarian.

9. Jangan Pasang Banyak Iklan Terlebih Dahulu

Setelah jangka waktu 30 masa pembatasan selesai dengan mengecek kembali pada pusat kebijakan, jika notifikasi hilang maka kalian dapat menayangkan iklan kembali.

Meskipun demikian lebih baik pasang unit iklan kembali setelah 7 hari dengan jumlah secara bertahap misalkan cukup 1 atau 2 unit iklan saja di samping telah memasang iklan otomatis.

Lihat pada google analytics kembali pada sumber traffic blog atau website untuk menghindari membuka website sendiri yang berlebihan pada traffic direct atau referral.

10. Mengatur Letak Iklan

Jangan pasang iklan pada tempat yang menyebabkan resiko traffic tidak valid seperti di header atau bagian atas yang berdekatan dengan menu navigasi, karena dapat mengaburkan menu navigasi yang bersebelahan dengan iklan.

Pada pengguna seluler keakuratan dalam menggulir halaman berbeda saat menggunakan mouse di laptop atau PC.

Jika iklan beredekatan dengan tombol navigasi atau tombol lainya dapat menyebabkan kesalahan atau mengaburkan klik karena ketidaksengajaan saat menggulir layar menyebabkan iklan adsense dibatasi.

Hal ini dilakukan untuk menghindari jika terjadi kesalahan pada perangkat pengguna seluler yang dapat menyebabkan traffic invalid.

Pasang iklan dibagian tengah atau bawah artikel yang jauh dari tombol navigasi terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya adalah jika kalian sudah melakukan cara untuk mengatasi pembatasan iklan tersebut, tentunya kalian ingin segera mengetahui apakah pembatasan iklan adsense telah selesai atau belum.

Berikut ini adalah cara mengecek pembatasan iklan adsense selesai sehingga iklan adsense muncul kembali pada blog dan website.

Cara Cek / Mengetahui Pembatasan Iklan Adsense Selesai

Lamanya waktu pembatasan iklan adsense sangat tergantung dari masalah yang dihadapi pada setiap blog dan website, waktu normal pembatasan iklan adalah selama 30 hari namun dapat lebih.

Meskipun pembatasan iklan selama 30 hari, namun kalian dapat mengecek setelah kurang lebih 14 hari atau 2 minggu masa pembatasan iklan, apakah ada tanda-tanda pembatasan iklan akan selesai.

Salah satu tanda atau ciri-ciri pembatasan iklan adsense akan selesai adalah iklan adsense mulai muncul kembali atau tayang kembali pada blog dan website meskipun iklan muncul secara bertahap, terutama jika kalian hanya mengaktifkan iklan otomatis saja pada masa pembatasan iklan.

Untuk mengetahui iklan mulai muncul kembali secara bertahap pada masa pembatasan iklan adalah lihat pada laporan performa setelah 10 sedang 14 haris iklan dibatasi.

Jika pada masa ini iklan adsense mulai muncul dan tayang kembali meskipun belum normal seutuhnya namun jumlah iklan yang muncul lebih banyak dari waktu sebelumnya pada laporan tayangan iklan.

Tanda iklan munlai muncul kembali saat pembatasan iklan adalah berubahnya pesan pembatasan iklan adsense pada dashboard “Jumlah iklan yang dapat Anda tampilkan telah dibatasi untuk satu atau beberapa produk Adsense Anda. Untuk mengetahui informasi selengkapnya buka Kebijakan Adsense.”

Cara mengatasi iklan adsense dibatasi karena traffic tidak valid, penyebab pembatasan penyangan iklan adsense karena invalid traffic, mengatasi penbatasan iklan adsense

Dibatasi untuk satu atau beberapa produk adsense adalah ciri-ciri iklan mulai kembali ditayangan, namun masih dibatasi pada satu atau beberapa produk iklan adsense. Jadi disini iklan mulai ditayangkan pada masa pembatasan iklan meskipun masih terbatas.

Kondisi notifikasi tersbut adalah merupakan pertanda baik jika pembatasan iklan adsense akan selesai atau berakhir karena masalah traffic tidak valid.

Meskipun demikian kalian harus menjaga kualitas traffic blog dan tidak melanggar kebijakan adsense karena traffic tidak valid.

Untuk mengecek atau mengetahui pembatasan iklan adsense selesai sepenuhnya adalah hilangnya peringatan berwarna merah pada dashboard adsense.

Cara mengatasi iklan adsense dibatasi karena traffic tidak valid, penyebab pembatasan penyangan iklan adsense karena invalid traffic, cara mengatasi pembatasan iklan adsense

Buka dan cek pada menu pusat kebijakan tidak ada peringatan pelanggaran kebijakan google adsense yaitu “Tidak ada masalah untuk saat ini” Saat ini Anda tidak memiliki masalah yang dapat menghentikan atau membatasi penayngan iklan di situs anda. Pertahankan perorma bagus ini.

Dampak / Efek Setelah Pembatasan Iklan Adsense Selesai

Apa yang terjadi setelah pembatasan iklan adsense selesai, apakah iklan adsense sepenuhnya akan muncul, apakah akan tayang 100 persen atau tidak.

Meskipun pembatasan iklan adsense karena traffic tidak valid telah selesai dan dapat menayangan iklan, namun adsense tetap masih memantau perkembangan traffic blog atau website kalian, jadi pertahankan kualitas traffic secara murni yaitu hindari pelanggaran kebijakan adsense yang menyebabkan traffic tidak valid.

Tingkatkan traffic organic dengan membuat konten berkualitas, jika kalian tidak dapat meningkatkan traffic maka dampak atau efek setelah pembatasan iklan selesai maka masih atau dapat menyebabkan iklan yang dipasang tidak muncul semuanya, tergantung dari kualitas artikel apakah mendatangkan traffic atau tidak.

Perbedaan Antara Sebelum dan Sesudah Pembatasan Iklan Adsense Selesai

Perbedaan yang menyolok saat sebelum pembatasan iklan adalah iklan dapat muncul seutuhnya pada setiap unit iklan yang dipasang, sedangkan setelah pembatasan iklan selesai ada beberapa iklan adsense blank atau tidak muncul.

Hal ini terjadi karena blog atau website belum dapat memperbaiki kualitas traffic pengunjung sedikit atau traffic blog turun.

Pembatasan iklan karena traffic tidak valid adalah pertanda yang harus segera perbaiki terutama traffic organic blog atau website yang rendah sehingga menyebabkan traffic tidak valid dan juga pelanggaran kebijakan adsense.

Untuk mencegah pembatasan iklan adsense karena traffic tidak valid tidak terulang kembali maka kalian harus menjaga traffic blog atau website secara murni terhadap klik dan tayangan iklan di blog atau website kalian.

Itulah cara mengatasi Iklan Adsense dibatasi karena Traffic Tidak Valid yang dapat dilakukan sehingga blog atau website dapat menayangkan iklan adsense kembali setelah masa pembatasan selesai.