Begini Cara Meningkatkan RPM Halaman Adsense Pada Blog

Cara meningkatkan RPM adsense halaman google adsense pada blog dan website, cara optimasi untuk menaikan RPM adsense, Cara menghitung RPM adsense, mengetahui penghasilan per seribu tampilan halaman pada blog dan website

Pada google adsense terdapat sebuah metrik yang bernama RPM halaman. Metrik ini adalah dapat digunakan oleh publisher sebagai acuan tentang kinerja blog atau website pada pendapatan blog dari google adsense.

RPM halaman memberikan gambaran penting bagi kalian sebagai publisher, sampai dimana tingkat efektifitas iklan adsense pada blog atau website.

Apakah memberikan efek penghasilan dari google adsense yang meningkat ataukah menurun pada blog dan website kalian.

Apa Itu RPM Google Adsense

RPM adsense adalah singkatan dari Revenue Per Thousand Impressions yaitu pendapatan iklan per seribu tayangan.

RPM sebagai alat pengukuran untuk memberikan gambaran kepada publisher bahwa besarnya perkiraan pendapatan yang dapat diterima per seribu tayangan.

RPM Halaman adalah kepanjangan dari pendapatan per seribu tampilan halaman. 

RPM halaman memberikan gambaran bagi publisher penghasilan yang dapat diterima setiap seribu tampilan halaman.

Kinerja RPM halaman dipengaruhi oleh jumlah taksiran penghasilan dan jumlah tampilan halaman. 

RPM halaman juga dipengaruhi oleh besarnya CPC “click per cost” dan CTR “click through rate”.

CPC dan CTR memberikan peran penting terhadap RPM halaman blog dan webiste kalian, sehingga kedua faktor tersebut tentunya juga menjadi prioritas jika ingin meningkatkan RPM halaman pada google adsense.

Bagaimana cara menghitung RPM halaman pada google adsense, inilah rumus RPM pada google adsense.

Cara Menghitung RPM Adsense

RPM halaman dihasilkan dari membagi jumlah taksiran penghasilan dengan jumlah tampilan halaman.

Taksiran penghasilan adalah perkiraan penghasilan yang diterima pada penayangan iklan adsense.

Jumlah tampilan halaman adalah banyaknya halaman yang dibuka yang membuat iklan google adsense, berapapun jumlah tayangan iklan pada halaman dihitung sebagai satu tampilan halaman.

Cara menghitung RPM halaman pada google adsense adalah dengan rumus berikut ini.

RPM Halaman = (Taksiran Penghasilan / Jumlah tampilan halaman) x 1000

Sebagai contoh, blog atau website kalian memiliki taksiran penghasilan $50 dengan jumlah tampilan halaman 25.000, maka RPM halaman dapat dihitung,

RPM = ($50 / 25.000) x 1000 = $2,00 atau 2 dollar, sesuaikan dengan mata uang yang digunakan pada adsense kalian.

Jumlah taksiran penghasilan dan jumlah tampilan halaman dapat dilihat pada menu laporan pada dashboard google adsense.

Cara Meningkatkan RPM Halaman Adsense Pada Blog

Inilah cara meningkatkan RPM halaman adsense pada blog dan website untuk mengetahui penghasilan per seribu tampilan halaman.

1. Membangun Artikel Berkualitas

Cara meningkatkan RPM google adsense pertama adalah membangun artikel berkualitas.

Buatlah artikel secara rutin dengan selang waktu yang teratur. Bangun artikel yang dibutuhkan pengunjung sesuai dengan niche blog atau website kalian.

Prioritaskan dan pelajari hal apa yang sering dibutuhkan pada halaman yang sering dikunjungi dengan mengembangkan topik konten yang berhubungan dengan artikel tersebut.

Buat link internal artikel lainnya yang berkaitan dengan artikel yang banyak dikunjungi, dengan memperhatikan jumlah internal link secara normal.

Artikel berkualitas mempengaruhi RPM halaman adsense dengan mendatangkan traffic kunjungan organic ke blog dan website.

Artikel berkualitas memberikan peluang pada penghasilan per seribu kunjungan halaman pada blog dan website.

Meningkatnya kunjungan halaman, secara otomatis akan memberikan peluang pada meningkatnya CPC dan CTR adsense sebagai metrik dasar pada penghasilan tertaksir pada google adsense.

Membangun artikel berkualitas dan seo friendly adalah pekerjaan rumah yang harus segera dilakukan jika kalian ingin meningkatkan RPM adsense.

Buat konten atau artikel yang banyak dicari oleh pengguna pada topik-topik abadi, artinya tidak terpengaruh oleh waktu, tidak musiman dan selalu dibutuhkan oleh banyak pengguna.

Permudah pengguna atau pengunjung menemukan blog atau website dengan artikel yang menarik, isi artikel yang lengkap, judul yang menarik dan optimasi gambar.

2. Mengatur Penempatan Iklan

Cara efektif untuk meningkatkan RPM halaman adsense adalah dengan mengatur penempatan iklan secara optimal pada tata letak blog dan website.

Penempatan iklan sangat berpengaruh terhadap keterlihatan tayangan iklan.

Iklan yang mudah dilihat saat pengguna membuka sebuah halaman blog atau website memberikan peluang besar terhadap jumlah peluang klik dan tayangan sehingga meningkatkan RPM halaman.

Penempetan posisi iklan harus diperhatikan yaitu untuk mempermudah visiblelity tayangan iklan.

Iklan dapat terlihat pada penempatan atau tata letak yang strategis, seperti pada header atau dibagian atas halaman, dan pada sidebar dengan tampilan sticky sidebar yang pas untuk tampilan desktop.

Mengoptimalkan penempatan iklan dalam halaman atau iklan in article adsense juga dapat dilakukan pada artikel yang panjang yaitu dengan menempatkan iklan adsense dalam halaman yaitu di tengah artikel.

3. Memilih Ukuran Iklan Yang Tepat

Menentukan ukuran iklan yang tepat yang pada tata letak di halaman adalah salah satu cara untuk meningkatkan RPM adsense pada blog.

Visibelitas iklan adsense yang dapat terlihat mudah dengan memilih ukuran iklan CPC tinggi yang tepat.

Ukuran iklan sangat efektif memberikan peluang meningkatkan CPC dan meningkatkan CTR adsense.

Pilih ukuran iklan 780 x 90 yang diletakan pada bagian atas halaman atau di header sebagai banner utama.

Ukuran iklan 300 x 250 adalah ukuran iklan adsense persegi sedang yang memiliki kinerja RPM yang bagus pada tampilan desktop dan seluler. Penempatan ukuran iklan ini sangat tepat diletakan pada sidebar dan pada tengah atau akhir pada artikel.

Ukuran iklan 300 x 600 pixel sebagai banner setengah halaman efektif meningkatkan RPM pada tampilan desktop saat ditempatkan pada sidebar.

Gunakan ukuran iklan lainnya yang tepet seperti banner adsense ukuran 336 x 280 pixel.

4. Perbaharui Artikel Lama

Konten atau artikel yang mendatangkan traffic adalah peluang yang harus diperhatikan yaitu artikel lama yang sudah tidak relevan dan sepi pengunjung.

Malakukan update artikel untuk mendapatkan traffic memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada artikel yang baru diposting.

Meskipun lebih lama, namun memperbaharui artikel lama sangat penting sehingga pengunjung tidak akan meninggalkan artikel tersebut lebih cepat karena dianggap tidak relevan lagi dengan apa yang pengunjung blog cari.

5. Tingkatkan Kecepatan Blog dan Website

Tingkatkan kecepatan blog dan website adalah hal yang perlu diprioritaskan jika semua optimasi sebelumnya telah dilakukan.

Jika blog atau website tidak memiliki kecepatan yang baik maka semua optimasi yang dilakukan akan terasa sia-sia, halaman tidak dapat dibuka dengan cepat sehingga tayangan iklan adsense tidak dapat bersinergi dengan optimasi yang telah dilakukan.

Jadi website atau blog harus memiliki kecepatan yang optimal untuk meningkatkan RPM halaman.

Optimasi kecepatan website dan blog dengan mengkompres gambar dengan ukuran file yang lebih kecil, mengurangi widget dan javascript yang tidak digunakan adalah cara sederhana yang dapat dilakukan.

Kesimpulan

Perlu dipahami bahwa meningkatkan RPM halaman google adsense pada blog dan website memerlukan waktu optimasi yang dapat kalian uji, yaitu tergantung dari kondisi blog dan website masing-masing.

Rumus untuk menghitung RPM Halaman adalah untuk menghitung penghasilan per seribu tampilan halaman.

Rumus RPM Halaman = (Taksiran Penghasilan / Jumlah tampilan halaman) x 1000

Meningkatkan kualitas artikel atau content, penempatan iklan dan memilih ukuran iklan yang tepat memberikan perubahan besar terhadap meningkatnya RPM halaman.

Sesuaikan dengan kondisi blog dan website kalian. Pelajari dan uji optimasi yang telah dilakukan untuk meningkatlan RPM halaman.

Tentukan hal terbaik cara manakah yang lebih efektif pada blog dan website sehingga penghasilan adsense meningkat juga dengan melihat metrik RPM halaman pada blog dan website.