Cara Meningkatkan CTR Adsense Blog Agar Bagus

Cara meningkatkan CTR adsense rendah agar bagus di blog, menaikan RKT rasio klik tayang agar CTR tinggi dengan cepat dan mudah

Bagaimana cara meningkatkan CTR adsense agar bagus atau cara menaikan CTR google adsense yang rendah menjadi tinggi.

Meningkatkan CTR adsense adalah sebuh pekerjaan yang tidak mudah karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Meskipun cara menaikan CTR rendah agar bagus itu terasa rumit dan tidak mudah, namun kalian dapat melakukannya dengan tips yang sederhana.

Meningkatkan CTR adsense memerlukan waktu dan proses yang tidak instan jadi sekarang harus memulainya untuk menaikan CTR adsense di blog atau website kalian.

Apa CTR Adsense Itu

CTR adalah singkatan dari Click Through Rate atau RKT yaitu rasio klik tayang yang menunjukan nilai efektifitas antara klik dan tayangan iklan adsense di blog atau website.

CTR adalah jumlah klik yang menjadi acuan untuk meningkatan pendapatan dari akun adsense yang kalian miliki selain meningkatkan CPC adsense.

Semakin banyak jumlah klik pada iklan adsense yang dipasang pada blog akan memberikan peluang CTR yang lebih bagus dan tinggi, meskipun tergantung dari jumlah iklan yang dilihat atau impresi iklan yang dipasang.

Inilah cara mengetahui nilai CTR adsense di blog dan website yang dapat kalian hitung dengan cara berikut.

Cara Mengetahui Nilai CTR

CTR = Click / Impression yaitu jumlah klik dibagi dengan jumlah tayangan iklan.

Click adalah jumlah iklan yang di klik, sedangkan Impression adalah jumlah tayangan iklan adsense yang terlihat oleh pengunjung saat membuka blog atau website.

Jika kalian mendapat 20 klik dengan jumlah tayangan 500 maka nilai CTR sebesar 4% atau 0,04.

Untuk mengetahui jumlah klik dan jumlah tayang maka kalian dapat melihatnya pada Laporan di akun adsense kalian.

Hitung nilai CTR click through rate atau RKT rasio klik tayang dengan jumlah klik dan jumlah tayang iklan google adsense di blog  dan website kalian.

Berapa CTR Adsense Yang Bagus

Berapa nilai CTR yang bagus, sebagai acuan untuk meningkatkan nilai RKT ratio klik tayang antara 2% sampai 3% bagus untuk rasio normal pada traffics organik, dan CTR 5% akan meningkatkan penghasilan adsense di blog kalian lebih baik.

Banyak blog dan website mendapatkan banyak klik namun setelah dihitung, ternyata nilai CTR rendah yaitu kurang dari 2%.

CTR tinggi menunjukan jumlah klik yang semakin banyak pada setiap jumlah tayangan iklannya.

Jika jumlah klik banyak dan jumlah tayangan lebih sedikit akan memberikan nilai CTR adsense yang lebih bagus atau lebih tinggi.

Nilai CTR yang semakin tinggi tentunya lebih bagus dibanding nilai CTR rendah, namun perlu diingat bahwa googe akan terus mengontrol tingkat kewajaran CTR adsense kalian.

Pada traffics normal dan wajar CTR 2-3% adalah bagus. 

Jika kalian menggunakan praktek curang dan tidak wajar dengan menggunakan auto ads atau menggunakan VPN, atau menyuruh orang untuk mengklik iklan sehingga CTR tinggi dapat berakibat fatal bagi akun adsense kalian.

Parktik curang untuk menaikan CTR menyebabkan akun adsense terkena pembatasan iklan adsense bahkan akun adsense di banned.

Bagi pengiklan tingkat brand terkenal atau industri besar, minimal CTR 10% menjadi target untuk pemasaran meraka.

Sebagai blogger publisher adsense adalah peluang kalian untuk mendapatkan CTR adsense secara organik 2-3% akan memberiikan nilai CPC tinggi di blog.

Dengan nillai CTR 6% maka penghasilan adsense kalian menjadi lebih bagus, meskipun juga dipengaruhi oleh angka CPC adsense dan jumlah impression atau tayangan iklan.

Selanjutnya bagaimana jika CTR adsense rendah di blog, apa yang menyebabkan CTR rendah.

Penyebab CTR Adsense Rendah

Penyebab CTR adsense rendah adalah kurang mengoptimalkan potensi iklan yang ada agar mendapatkan perhatian dari pengunjung blog dan website.

Memasang iklan adsense di blog dengan tata letak yang kurang optimal menjadi faktor penentu CTR rendah.

Optimasi ukuran iklan yang salah menjadi penyebab CTR adsense rendah, sehingga pilih ukuran iklan adsense CPC tinggi.

CTR rendah dapat disebabkan karena jumlah tayang atau impresi iklan lebih banyak pada periode tertentu.

Jumlah tayangan iklan yang semakin banyak dengan rasio klik yang lebih sedikit menyebabkan CTR adsense rendah.

Untuk mengetahui CTR adsense rendah, maka kalian dapat menganalisa dan mengecek tahap demi tahap yang harus dilakukan.

Inilah langkah-langkah memperbaiki CTR rendah dengan cara meningkatkan CTR adsense agar tinggi.

Cara Meningkatkan CTR Adsense di Blog

1. Optimasi Niche Blog

Niche blog adalah tema sebuah blog yang berisi artikel dan konten yang berkualitas dengan pembahasan yang detail lengkap memiliki kemampuan untuk meningkatkan CTR adsense di blog.

Ketertarikan pengunjung blog pada sebuah pembahasan yang dicari akan meningkatkan pengunjung membuka halaman lebih lama sehingga kemungkinan jangkauan untuk melihat iklan akan lebih besar.

Bagaimana jika niche blog beragam dengan banyak topik apakah CTR dapat ditingkatkan CTRnya, tentu saja dapat namun tidak secepat blog yang memiiki satu niche blog mengingat ketertarikan pengunjung pada sebuah pembahasan.

Cara meningkatkan CTR adsense pada blog dengan niche beragam adalah dengan memasang link menggunakan label atau katagori, memanfaatkan fitur baca juga dalam postingan dan related post yang berisi artikel atau konten yang relefan terhadap topik yang dibahas.

Ketertarikan pengunjung pada satu topik yang dicari akan meningkatkan CTR adsense.

2. Optimasi Traffics di Pencarian

Setelah menentukan niche dan membuat konten berkualitas maka tingkatkan traffics pengunjung dengan mengoptimasi di mesin pencari.

Lakukan indeks pada setiap webmaster dengan mengirim peta situs sehingga artikel mudah ditemukan di pencarian google, bing, yahoo, yandex, duckduckgo sebagai mesin pencari yang mendatangkan banyak traffics pengunjung.

Buat backlink pada artikel yang diposting sehingga mendatangkan traffics untuk meningkatkan tampilan iklan adsense untuk memperbesar peluang CTR adsense.

Optimasi gambar untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung melalui pencarian gambar sangat efektif untuk meningkatkan CTR, karena tidak semua pengguna mencari topik yang diperlukan melalui teks.

3. Menggunakan Ukuran Iklan Yang Tepat

Gunakan ukuran iklan sesuai dengan tata letak yang menarik.

Meskipun google adsense merekomendasikan menggunakan iklan responsive namun ketertarikan pengunjung blog atau website untuk melihat iklan adalah dari ukurannya.

Menentukan ukuran iklan memiliki pengaruh yang besar terhadap peluang untuk meningkatkan CTR.

Baca juga : Ukuran iklan adsense CPC tinggi

Pilih ukuran iklan dengan performa tinggi seperti ukuran 970 x 250 pixel sebagai banner utama dengan tampilan yang menarik perhatian pengunjung blog.

Ukuran iklan 780 x 90 pixel adalah iklan adsense dengan ukuran kecil memanjang akan lebih menarik perhatian pengunjung blog.

Gunakan ukuran memanjang kebawah dengan ukuran 300 x 600 pixel dan 160 x 600.

Iklan kotak atau persegi dengan ukuran 300 x 250, 250 x 250 atau iklan dengan bentuk persegi seperti 300 x 250 atau 480 x 320 memberikan peluang CTR lebih bagus pada pengguna seluler.

Setelah menentukan ukuran iklan maka tepatkan iklan pada posisi yang strategis berikut imi.

4. Menempatkan Iklan Strategis

Menempatkan iklan pada sosisi yang strategis dan mudah dilihat oleh pengunjung akan meningkatkan CTR blog.

Memasang iklan adsense di bagian atas atau header dan dibawah judul artikel akan meningkatkan CTR adsense pada meningkatnya ketertarikan pengunjung blog.

Disarankan memaang iklan adsense di dalam artikel yaitu dibagian tengah dan di akhir artikel dengan ukuran berbeda.

Peluang iklan yang ditampilkan pada ukuran berbeda menurut minat pengguna yang dipersonalisai atau berdasarkan keyword dengan CPC tinggi.

Pasang iklan adsense di sidebar dengan ukuran banner 300 x 300 pixel atau 300 x 600 pixel.

Iklan yang dipasang di sidebar dengan ukuran tetep tersebut memberikan peluang ketertarikan bagi pngunjung pengguna desktop, laptop atau PC karena posisinya disebelah kanan pada sidebar.

Pasang iklan adsense di sidebar dengan mode sticky atau melayang, sehingga tampilan iklan menjadi lebih lama sampai scroll halaman berakhir.

Memasaang iklan otomatis akan memperbesar peluang CTR yaitu iklan terutama iklan banner dalam halaman dan iklan anchor yang dapat tampilkan dan disembunyikan di bagian atas atau bawah tampilan blog atau website.

5. Menghindari Kebutaan Iklan

Jika blog atau website kalian memiliki pengunjung yang setia untuk selalu datang kembali ke blog atau website untuk membaca artikel dan mengabaikan iklan atau tidak untuk melihat iklan adalah karena mereka terbiasa dengan tata letak iklan di situs kalian.

Untuk meningkatkan CTR google adsense di blog kalian pada pengunjung setia yang kembali mengunjungi blog kalian, maka agar mereka tertarik melihat iklan yang dipasang, disarankan kalian merubah letak iklan serta mengganti ukuran iklan yang biasa mereka lihat sehingga mereka ketertarikan terhadap iklan yang dipasang pada letak yang berebeda.

Merubah tata letak dan ukuran iklan adsense akan meningkatkan CTR iklan google adsense pada blog saat pengunjung setia kembali membuka blog atau website kalian dengan tampilan iklan yang berbeda sehingga meningkatkan ketertarikan pada iklan di blog.

6. Desain Blog Yang Responsive

Gunakan desain blog dengan menggunakan template responsive dan mobile friendly.

Blog dan website responsive atau mobile friendly memilki CTR yang lebih bagus karena memiliki kemampuan menyesuaikan perubahan ukuran yang dinamis meskipun kalian memasang iklan adsense dengan ukuran tetap.

Pada tampilan desktop tampilan iklan akan sesuai dengan ukurannya dan pada tampilan seluler akan menyesuaikan ukurannya.

Pada blog responsive ukuran iklan akan menyesuakan pada tampilan seluler dengan optimasi iklan adsense di tampilan seluler dengan mengatur pada setelan global melalui dashboard akun adsense yaitu mengijinkan google untuk mengoptimasi iklan adsense pada seluler.

7. Optimasi Tampilan Seluler

Cara meningkatkan CTR dengan melakukan optimasi tampilan seluler dengan mengecek kebergunaan seluler di Google search console, pelajari pada data web inti.

Perbaiki masalah kecepatan wesbite pada tampilan seluler sehingga memiliki performa yang baik pada CLS dan LCP di setiap halaman blog.

Gunakan ukuran gambar sesuai dengan ukuran template blog dan kompres ukuran gambar pada format webp sehingga kecepatan blog dan website meningkat.

Kecepatan loading akan melambat seiring pemasangan kode iklan adsense, karena browser harus merender script yang digunakan.

Gunakan scricpt lazyloads pada kode iklan adsense yang dipasang akan browser dapat merender iklan yang ditampilkan sebelum muncul, sehingga pemuatan halaman menjadi lebih cepat pada halaman ynag ditampilkan saja.

Demikian cara meningkatkan CTR di blog agar bagus dengain menaikan CTR iklan google adsense maka penghasilan blog akan meningkat juga.

Cara menaikan CTR juga harus diimbangi dengan menaikan CPC adsense.

Tips ini tidak dapat dilakukan dengan instan namun dapat kalian lakukan dengan mudah jika kalian ingin memperbaiki CTR adsense yang rendah.

Lakukan eksperimen secara bertahap untuk menaikan CTR di blog.

Semangat ngeblog untuk membuat konten berkualitas untuk menambah pendapatan dari iklan adsense sehingga CPC dan CTR adsense naik dan bagus.