Cara Mengirim File Lewat Bluetooth Dari Laptop Ke Hp Atau Sebaliknya

Cara mengirim file lewat bluetooth dari laptop ke hp, Cara mengirim file dari laptop ke HP melalui bluetooth, mengirim file dari hp ke laptop, transfer file lewat bluetooth dari laptop ke HP

Inilah cara mengirim file lewat bluetooth dari laptop ke HP atau sebaliknya dari mengirim file dari laptop ke HP menggunakan bluetooth.

Mengirim file lewat bluetooth dari laptop ke HP dan dari HP ke laptop adalah cara cepat untuk mengirim atau memindahkan file dari laptop ke HP tanpa menggunakan kabel data.

Untuk mengirim file dari laptop ke HP lewat bluetooth maka kedua perangkat laptop dan HP perlu dihubungkan terlebih dahulu sehingga kedua perangkat dapat digunakan untuk mengirim file.

Jika bluetooth di laptop Windows tidak muncul maka proses mengirim file tidak dapat dilakukan, untuk mengatasinya ada pada panduan bagaimana cara mengembalikan bluetooth yang hilang di laptop.

Banyak jenis file yang dapat dikirim dari laptop ke HP seperti video, foto, musik atau audio berupa file doc, pdf, xlx, mp3, mp4, mov, gip, jpeg, png dan file audio wav, acc.

Baca juga : Cara memindahkan file dari laptop ke HP dengan kabel data.

Inilah langkah-langkah cara mengirim file dari laptop ke HP lewat bluetooth.

Cara Mengirim File Lewat Bluetooth Dari Laptop Ke HP

Langkah 1. Nyalakan dan Hubungkan Bluetooth di Laptop dan HP

Buka laptop Windows dan HP kalian. Disini saya menggunakan HP android.

Setelah kedua perangkat dibuka, langkah pertama adalah melakukan pairing bluetooth atau menghubungkan bluetooth laptop dan HP, jika kedua perangkat belum dihubungkan.

Nyalakan bluetooth di HP, kemudian nyalakan bluetooth di laptop dan panduan lengkapya ada pada Cara Mengkatifkan bluetooth di laptop dan menghubungkannya ke HP.

Untuk menyalakan bluetooth di laptop Windows 11 dapat melalui quick access di sebelah kanan bawah taskbar, untuk menyalakan bluettoth di windows 10 dapat melalui setting bluetooth > geser atau aktifkan bluetooth sehingga muncul di taskbar.

Setelah bluetooth laptop dan HP terhubung maka kalian mulai dapat mengirim file dengan cara berikut.

Langkah 2, Mengirim File Lewat Bluetooth Pada File Explorer

Buka File Explorer, kemudian Buka folder dan pilih file yang akan dipindahkan ke HP.

Jika ingin mengirim banyak file sekaligus maka pilih file pertama kemudian tekah Shift di keyboard dan klik file berikutnya dengan mouse atau tekan tanda panah di keyboard. Selanjutnya Klik kanan pada mouse kemudian pilih Kirim > pilih Bluetooth.

Pilih nama bluetooth HP kalian, kemudian klik Send. Selanjutnya muncul pesan di HP untuk menerima file yang dipindahkan, buka dan pilih Terima. Tunggu proses mengirim sampai selesai. Setelah file terkirim pilih Selesai.

Langkah 3. Mengirim File Melalui Ikon Bluetooth di Taskbar

Cara memindahkan file dari laptop ke HP dengan bluetooth adalah arahkan kursor di taskbar pada perangkat yang aktif pada tanda panah ke atas (), kemudian klik kanan ikon Bluetooth > pilih Send a File.

Pilih nama bluetooth di HP kalian kemudian klik Next.

Selanjutnya cari file yang akan di kirim pada tombol Browse kemudian akan terbuka File Explorer lalu pilih folder dan filenya. Cara untuk memilih file dapat dilakukan dengan cara ketikan nama filenya pada kotak pencarian atau browse.

Setelah file dipilih kemudian tekan tombol Send. Selanjutnya pada HP buka notifikasi dan pilih Terima. Tunggu proses memindahkan file sampai selesai.

Untuk pengguna Macbook dapat membacanya pada Cara memindahkan file dari Macbook ke HP Dengan Bluetooth.

Setelah mengirim file dari laptop ke HP lewat bluetooth maka langkah selanjutnya adalah cara mengirim file lewat bluetooth dari HP ke laptop berikut ini.

Cara Mengirim File Dari HP ke Laptop Melalui Bluetooth

1. Nyalakan dan hubungkan bluetooth laptop dan HP.

2. Setelah terhubung, Plih ikon bluetooth di taskbar laptop Windows 11 atau windows 10 pada tanda panah keatas () kemudian klik kanan dan pilih Receive a File.

3. Buka file di HP melalui galeri jika akan mengirim foto, gambar atau video atau buka melalui File manager di HP kemudian pilih ikon Share kemudian pilih Bluetooth.

4. Pilih nama bluetooth laptop kalian, lalu Kirim.

5. Tunggu proses pengiriman file sampai selesai.

6. Selanjutnya dimanakah file yang dikirim lewat bluetooth disimpan. Untuk membuka file yang dikirim dari HP ke laptop maka pilih Folder Document, kemudian pilih file foto, gambar, video atau musik yang dikirim ke laptop.

Demikian cara mengirim file lewat bluetooth dari laptop ke HP atau sebaliknya mengirim file dari HP ke laptop melalui bluetooth berupa foto, gambar, video atau musik.