Cara Mengembalikan / Memunculkan Bluetooth Hilang Di Windows 11

Cara mengembalikan bluetooth yang hilang di laptop Windows 11, cara memunculkan ikon bluetooth di laptop windows 11, memperbaiki bluetooth tidak ada di device manager

Cara mengembalikan dan memunculkan bluetooth hilang di Windows 11 – Inilah panduan dan tips cara mengembalikan bluetooth yang hilang dilaptop Windows 11 yaitu saat ikon bluetooth yang tidak muncul di taskbar dan bluetooth tidak ada di device manager.

Bluetooth di laptop menjadi sebuah kebutuhan untuk menghubungkan ke berbagai perangkat lainnya seperti mouse, printer, speaker, laptop lainnya atau HP yang digunakan untuk mengirim atau memindahkan file.

Untuk menghubungkan bluetooth dengan perangkat lain maka kalian harus Mengaktifkan Bluetooth di Laptop terlebih dahulu. Namun apa yang terjadi jika ikon bluetooth tidak ada di taskbar atau bluetooth tidak ada di device manager sehingga tombol on off bluetooth hilang.

Dengan hilangnya tombol on off bluetooth maka bluetooth di laptop tidak berfungsi dan tidak dapat tersambung ke perangkat lain seperti mouse, speaker, printer, HP atau laptop lain.

Untuk mengatasi bluetooth hilang di laptop windows 11 maka kalian dapat mengembalikan bluetooth pada laptop windows 11 dengan memunculkann tombol on off bluetooth kembali dengan cara berikut ini.

Cara Mengembalikan / Memunculkan Bluetooth Yang Hilang Dilaptop Windows 11

Langkah pertama untuk mengembalikan bluetooth yang hilang adalah dengan menyalakan dan mematikan bluetooth melalui qiuck setting berikut ini.

Langkah 1. Mematikan Dan Menyalakan Bluetooth

Buka Qiuck setting dengan ikon Speaker di taskbar, kemudiian Klik icon bluetooth dengan cara matikan kemudian nyalakan kembali.

Lakukan secara berulang sehingga bluetooth dapat dihubungkan kembali.

Jika bluetooth belum muncul dan tidak tersambung maka Restart laptop.

Jika cara mematikan dan menyalakan belum berhasil dihubungkan maka kalian dapat melakukan cara kedua berikut ini.

Langkah 2. Run Bluetooth Thoubleshoot

Tekan tombol Logo Windows + I di keyboard, kemudian pilih Troubleshoot > Other Troubleshooters > pilih Bluetooth > Klik Run.

Langkah 3. Restart Bluetooth Support Service

Ketikan Services di search, kemudian pilih dan Klik Bluetooth Support Service.

Kemudian akan terbuka jendela Bluetooth Support Service Properties. Selanjutnya pada Service status : Running, klik Stop kemudian klik Start.

Kemudian pada Status Type > Ubah dari Manual ke Automatic > selanjutnya pilih Apply > Klik OK.

Selanjutnya bluetooth akan otomatis aktif saat menyalakan laptop.

Langkah selanjutnya untuk mengatasi bluetooth yang hilang adalah dengan cara update driver bluetooth Windows 11 pada laptop / komputer jika bluetooth tidak ada di device manager.

Langkah 4. Cara Update Driver Bluetooth Windows 11 Di Laptop

Ketikan di search Device Manager > Bluetooth > Blutooth Device > Klik kanan > Updte driver > Search automatically for driver. > Jika driver belum terupdate lakukan update.

Update Bluetooth Tidak Ada Di Device Manager dengan cara berikut.

Klik kanan pada Start Windows > pilih Device Manager > Cek apakah bluetooth ada di device manager atau tidak, jika ada maka pilih Bluetooth kemudian klik kanan dan pilih Update.

Jika Bluetooth tidak ada di Device Manager maka > pilih Start Windows > pilih Setting.

Lalu pilih Windows Update > pilih Adavnce options.

Pada Additional options pilih Optional updates > Kemudian klik dan dropdown pada pada Drivers update, pilih driver bluetooth dan juga driver laiinnya lalu klik Download and Install. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Hasilnya ikon bluetooth akan tampil atau muncul, Klik pada. Quick setting kemudian kalian dapat mengaktifkan dan menonaktifkan bluetooth.

Jika ikon bluetooth tidak tampil maka kalian dapat memunculkannya dengan memilih pengaturan di Quick setting kemudian Klik Add > pilih Bluetooth > pilih Done.

Dengan cara tersebut maka kalian telah berhasil mengembalikan dan meunculkan bluetooth yang hilang di laptop Windows 11.

Sekarang ikon bluetooth sudah muncul di taksbar yang dapat kalian aktifkan untuk menghubungkan perangkat lain mouse, printer, spreaker, HP dan laptop lain untuk memindahkan file dari laptop ke HP atau sebaliknya.