Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 11/10

cara mengaktifkan bluetooth di laptop windows 11 dan windowa 10, cara mengaktifkan bluetooth di windows 11 dan windows 10, cara menghubungkan dan menyambungkan bluetooth ke HP

Inilah panduan dan tips cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 11 dan Windows 10 yang dapat dihubungkan dengan HP, mouse, printer, speaker dan laptop lainnya.

Fungsi bluetooth di laptop sangat penting maka kalian harus mengaktifkan bluetooth dan menghubungkannya pada perangkat lain untuk menggunakan bluetooth sebagai sumber koneksinya.

Dengan tersambungnya bluetooth di laptop maka kalian dapat mengirim file dari laptop ke HP melalui bluetooth dengan cepat dan mudah tanpa kabel data.

Banyaknya perangkat yang penggunaanya dihubungkan dengan bluetooth seperti mouse bluetooth, speaker bluetooth atau printer bluetooth adalah sebuah kemudahan untuk menggunakan device atau perangkat yang terhubung dengan laptop.

Cara mengaktiflkan bluetooth di Windows 11 dan Windows 10 dapat dilakukan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, Toshiba, Samsung dan merk lainnya.

Inilah langkah-langkah cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 11.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 11

Cara mengaktifkan bluetooth di Windows 11 dapat dilakukan melalui beberapa cara berikut ini.

1. Mengaktifkan bluetooth melalui Start Menu

Klik Start Menu di taksbar kemudian pilih Setting > pilih Bluetooth & Devices > pilih Bluetooth, kemudian geser tombol aktifkan ke kanan atau Turn On.

2. Mengaktifkan bluetooth melalui Search

Klik icon search di taskbar, kemudian ketik Bluetooth and other devices kemudian pilih Bluetooth & Devices lalu pilih Bluetooth dan geser tombol aktifkan ke kanan.

3. Aktifkan bluetooth melalui Quick Setting

Klik Pada icon Audio atau icon speaker di pojok kanan bawah pada Taskbar, lalu Klik icon bluetooth untuk mengaktifkannya.

4. Mengaktifkan bluetooth melalui Windows Setting.

Tekan tombol Logo Windows + I di keyboard > pilih Bluetooth and Device > pilih Bluetooth kemudian geser tombol aktifkan bluetooth ke kanan.

5. Mengaktifkan bluetooth melalui Network and Setting.

Tekan tombol  logo Windows + I di keyboard, kemudian pilih Network and Iinternet > pilih Airplane Mode > pilih Bluetooth > aktifkan atau geser tombol bluetooth ke kanan yaitu pada Wireless devices.

5. Aktifkan bluetooth melalui Cortana

Sebelumnya aktifkan koneksi internet di laptop terlebih dahulu. Ketikan Cortana pada search kemudian pilih Cortana.

Hingga terbuka Cortana. Selanjutnya Klik icon Mic di contana kemudian ucapkan open bluetooth dan maka akan terbuka pengaturan bluetooth dan nyalakan bluetooth dengan menggeser tombol ke kanan.

Setelah mengetahui cara mengaktifkan bluettooth di laptop Windows 11 maka langkah selanjutnya adalah kalian dapat menyambungkan bluetooth ke mouse, speaker, printer dan HP.

Cara Menyambungkan Bluetooth ke HP Di Laptop Windows 11

1. Aktifkan bluetooth di HP terlebih dahulu.

2. Selanjutnya Buka laptop Windows 11.

3. Kemudian pilih Start menu Icon Windows di Taksbar > pilih Pengaturan kemudian pilih Bluetooth and Other Device.

4. Atau Ketikan Bluetooth and other device di pencarian, kemudian pilih dan Klik Bluetooth and other devices settings.

5. Turn On Bluetooth atau aktifkan bluetooth dengan cara menggeser tombol ke kanan, Dan akan muncul nama Laptop Windows kalian, kemudian pilh Add Device.

6. Kemudian pilih Bluetooth.

7. Pilih perangkat yang ingin kalian sambungkan, yaitu nama HP kalian, Kemudian pilih Connect. pastikan kode yang muncul di HP sama.

8. Konfirmasi perangkat laptop yang terhubung pada notifikasi di HP, kemudian pilih Connect atau Terima.

9. Jika sudah terhubung kemudian klik Done. Hasilnya Laptop dan HP telah terhubung sehingga nantinya kalian langsung dapat menyambungkannya seperti memindahkan file dari laptop ke HP atau mengirim file dari HP ke laptop.

Setelah mengaktifkan bluetooth di Windows 11 pada laptop, PC atau komputer maka langkah selajutnya adalah vagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 10.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Windows 10

Cara untuk mengaktifkan bluetooth di Windows 10 dapat dilakukan seperti pada Windows 11.

1. Ketikan Bluetooth and other device di Search Taskbar kemudian pilih dan klik pada Bluetooth and other device.

2. Selanjutnya Pilih Bluetooth, lalu Aktifkan bluetooth dengan menggeser tombol ke kanan. Sehingga muncul nama Laptop dengan kode koneksi bluetoothnya.

3. Setelah itu kalian dapat menghubungkan bluetooth laptot ke HP, namun sebelumnya aktifkan bluetooth di HP terlebh dahulu, lalu sambungkan bluetooth dengan cara berikut.

Cara menghubungkan bluetooth ke HP di Laptop Windows 10

1. Klik tanda + Add bluetooth and others.

2. Kemudian pilih Bluetooth.

3. Pilih nama perangkat bluetooth di HP kalian yang akan disambungkan, kemudian pilih Connect.

4. Selanjutnya muncul notifikasi di HP untuk konfirmasi konfirmasi perangkat yang akan dihubungkan di HP maka pilih Terima.

5. Jika sudah terhubung Your device ready to go, maka pilih Done.

Pada tahap ini maka laptop windows telah terhubung ke HP yang dapat digunakan untuk mengirim file, foto, gambar, musik.

Itulah cara mengktifkan bluetooth di laptop Windows 11 dan Windowa 10 yang dapat disambungkan pada mouse, speaker, HP  untuk mengirim file dari laptop ke HP atau dari HP ke laptop.