Inilah Tools Di Photoshop Dengan Fungsi Dan Kegunaanya Untuk Pemula

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

Inilah tools di photoshop dengan fungsi dan kegunaanya untuk pemula yang ingin belajar photoshop harus mengenal dan mengetahui cara menggunakan tools di photoshop dan fungsi tool photoshop yang akan Milsmilo Bog berikan berikut ini.

Mengenal fungsi dan kegunaan tool adobe photoshop adalah sebagai dasar photoshop yang wajib dikuasai agar mahir menggunakan photoshop.

Nama-Nama Tools Photoshop Dan Fungsinya

Fungsi tool photoshop memiliki kegunaan masing-masing sehingga menguasai penggunaan tools di photoshop sangatlah penting saat membuat desain di photoshop.

Tools di Photoshop dimasukan dalam sebuah grup tool yang meiliki shortcurt yang sama untuk mempermudah penggunaanya hanya dengan mengetik shortcut huruf pada keyboard.

Tool-tool di photosop memiliki nama, fungsi dan kegunaan masing-masing seperti tool yang digunakan untuk membuat text atau tulisan, tools untuk membuat dan mengganti warna, tools untuk membuat seleksi pada objek, tool untuk membuat efek foto dan gambar, tool untuk membuat shape atau membuat objek dan logo dengan Pen tool.

Seberapa sering penggunaan tools di Photoshop yang sering digunakan tergantung dari para pengguna masing-masing sehingga menguasai semua tool photoshop adalah hal yang penting.

Jenis-Jenis Tools Photoshop Dengan Fungsi Dan Kegunaanya

Penggunaan Tools di photoshop dikelompokan menurut fungsi dan gunanya menjadi beberapa tool yang difungsikan agar mudah diguanakan dengan fungsi yang berbeda-beda yaitu Selection tools, Crop and slice tools, Measuring tools, Retoucing tools, Painting tools, Drawing and type tools dan Navigation tool.

Pengelompokan jenis-jenis tools di Photoshop dengan fungsi dan kegunaannya berikut ini.

Selection Tools

Fungsi Selection tools di Photoshop memiliki fungsi yang digunakan untuk menyeleksi objek pada photoshop dan inilah jenis selection tool pada photoshop.

Jenis-jenis Selection Tools Di Photoshop

  1. Move Tool
  2. Rectangular Marquee tool
  3. Elliptical Marquee tool
  4. Single Column Marquee tool
  5. Single Row Marquee tool
  6. Lasso tools
  7. Polygonal Lasso tool
  8. Magnetic Lasso tool
  9. Qiuck Selection tool
  10. Magic Wand tool

Crop and Slice Tools

Jenis tools di photoshop berikutnya adalah Crop and Slice Tool yang fungsinya digunakan untuk memotong objek, memotong objek dalam secara perspective yaitu memotong objek dengan bentuk miring, memotong banyak objek dengan slice dan slice selection tool secara bersamaan.

Jenis tool yang termasuk pada Crop and Slice tool adalah Crop tool, Perspective Crop tool, Slice tool dan Slice Selection tool.

Measuring Tools

Measuring tools adalah jenis tool di photoshop yang digunakan untuk mengukur sebuah objek berupa mengukur warna dengan cara mengambil sample warna, mengukur objek, memberikan catatan saat mengukur objek dan yang termasuk dalam jenis Measuring Tools photoshop adalah Eyedropper tool, 3D Material Eyedropper tool, Color Sampler tool, Ruler tool, Note tool dan Count tool.

Retouching Tools

Retouching Tools pada photoshop digunakan untuk memberikan sentuhan pada objek foto atau gambar seperti menghilangkan objek, menutupi objek dengan mengambil sample dari objek lain, memperbaiki objek foto, menghapus dan mengganti background dan memebrikan efek pada foto dan gambar menggunakan photoshop.

Jenis Retouching Tools Di Photoshop

  1. Spot Healing Brush tool
  2. Healing Brush tool
  3. Patch tool
  4. Content Aware tool
  5. Red Eye tool
  6. Clone Stamp tool
  7. Patern Stamp tool
  8. Eraser tool
  9. Background Eraser tool
  10. Magic Eraser tool
  11. Blur tool
  12. Sharpen tool
  13. Smudge tool
  14. Dodge tool
  15. Burn tool
  16. Sponge tool

Painting Tools

Painting tools pada photoshop digunakan atau berfungsi untuk memberikan warna pada objek menggunakan warna solid dan gradient color pada foto atau gambar, membuat desain dan mengedit objek foto. Adapun tools yang termasuk dalam jenis Painting tool Photoshop adalah berikut ini.

Jenis Painting Tools Di Photoshop

  1. Brush tool
  2. Color tool
  3. Color Replacement tool
  4. Mixer Brush tool
  5. History Brussh tool
  6. Art History Brush tool
  7. Geadient tool
  8. Paint Bucket tool
  9. 3D Material Drop tool

Drawing and Type Tools

Jenis tools photoshop berikutnya adalah Drawing and Type Tools. Fungsi Drawing and Type tools di Photoshop digunakan untuk membuat gambar, membuat objek dan garis serta membuat text atau tulisan dan shape kotak, ellipse, shape polygonal, mengatur objek dalam bentuk path yaitu mengedit dan merubah objek menjadi path. Tools apa saja yang masuk pada jenis Drawing and type tools.

Jenis Drawing and Type Tools Pada Photoshop

  1. Pen tool
  2. Freeform Pen tool
  3. Add Anchor Point tool
  4. Delete Anchor Point tool
  5. Convert Point tool
  6. Horizobtal Type tool
  7. Vertical Type tool
  8. Horizontal Type Mask tool
  9. Vertical Type Mask tool
  10. Path Selection tool
  11. Direct Selection tool
  12. Rectangle tool
  13. Rounded Rectangle tool
  14. Ellipse tool
  15. Polygon tool
  16. Line tool
  17. Custome Shape tool

Navigation Tool

Navigation tool adalah jenis tool photoshop yang fungsinya digunakan untuk menggeser objek, memutar atau merotasi objek, memperbesar dan mengecilkan tampilan objek atau zoom-in zoom-out pada photosho. Yang termasuk dalam Jenis tool Navigasi adalah Hand tool, Rotate View tool dan Zoom tool.

Baca juga : Cara menampilkan dan menambah tools di Photoshop

Fungsi dan Kegunaan Tool-Tool Di Photoshop

Tools pada photoshop telah dikelompokan kedalam group tool sehingga mudah diingat dan digunakan dengan menggunakan shortcut tool photoshop.

Apa saja fungsi tool photoshop yang wajib dikuasai, Dan langsung saja saya akan menjelaskan nama-nama tools photoshop dengan fungsi dan gunanya beserta shortcutnya pada tampilan default photoshop dari atas kebawah berikut ini.

Move Tool Photoshop

Tool di photoshop yang pertama sering digunakan adalah tool yang dikelompokan dalam move tool di photoshop yaitu Move Tool dan Artboard Tool berikut ini

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

1. Move Tool (V)

Apa saja fungsi Move tool di Photoshop,  fungsi move tool yang pertama adalah di gunakan untuk memindahkan objek dapat berupa gambar, foto atau shape.

Saat kalian ingin menggunakan move tool dapat menggunakan Shortcut Move tool yaitu dengan menekan huruf V pada keyboard.

Cara memindahkan objek menggunakan move tool sangat mudah yaitu dengan cara pilih objek yang akan dipindahkan kemudian klik kiri tahan dan drag dan cara ini juga dapat digunakan untuk menggeser sebuah objek pada layer yang dipilih.

Meskipun move sangat mudah digunakan namun move tool memiliki fungsi yang penting.

Fungsi move tool yang kedua digunakan untuk memperbesar dan memperkecil objek. Dengan menggunakan move toola kalian dapat merubah ukuran objek dengan cepat.

Fungsi move tool ketiga move tool digunakan untuk memutar objek dengan cara klik kiri pada mouse samapi icon berubah menjadi garis melengkung pada sudut objek dan selanjutnya klik kiri tahan atau drag sambil mengarahkan mouse untuk memutar objek.

2. Artboard Tool (V)

Artboard tool digunakan untuk memindahkan atau menggeser artboard desain yang dibuat dengan cara seleksi pada bagian objek tertentu.

Shortcut Artboard Tool adalah huruf V pada keybaoard

Hasilnya seleksi artboard dapat di duplikat dengan menekan tanda tambah di samping artboard yaitu di kanan, dikiri dan diatas artboard yang telah di terseleksi tersebut untuk lebih lengkapnya kalian dapat membaca Cara menambah Artborad di Photoshop.

Dari penjelasan diatas dapat diketahui perbedaan fungsi dan gunanya bahwa move tool digunakan untuk memindahkan objek pada sebuah layer sedangkan artboard tool untuk memindahkan, menggeser artboard dengan cara seleksi atau crop artboard sebelumnya dalam sebuah desain photoshop.

Marquee Tool (M)

Fungsi tools di photoshop yang dimasukan dalam jenis-jenis Marquee tool adalah Rectangular Marquee Tool, Elliptical Marquee Tool. Single Row Marquee Tool dan Single Column Marquee Tool berikut ini.

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

3. Rectangular Marquee Tool (M)

Fungsi Rectangular Marquee Tool adalah untuk membuat seleksi atau menyeleksi sebuah objek dalam bentuk kotak persegi di foto, gambar dan juga saat membuat desain logo.

Shortcut Rectangular marquee tool adalah huruf M pada keyboard saat ingin menggunakannya.

Reactangular marquee tool dapat digunakan untuk menghapus, memotong, memindahkan dan menduplikat sebuah objek yang diseleksi.

4. Elliptical Marquee Tool (M)

Fungsi Elliptical Marquee Tool adalah untuk menyeleksi sebuah objek foto atau gambar dengan bentuk lingkaran yang dapat digunakan untuk menghapus memotong, dan menduplikat pada sebuah objek dengan bentuk lingkaran dan juga dapat gunakan untuk Crop Bulat Pada Foto Dan gambar.

Shortcut Elliptical marquee tool adalah dengan menekan huruf M pada keyboard.

5. Single Row Marquee Tool

Single Row Marquee Tool digunakan untuk menyeleksi objek dalam bentuk vertikal. Seleksi dapat digunakan untuk menduplikat sebuah objek dengan menariknya ke arah vertikal.

6. Single Column Marquee Tool

Fungsi Single Column Marquee Tool adalah digunakan untuk seleksi pada objek dalam bentuk horisontal yang dapat digunakan untuk menduplikat sebuah objek dengan menariknya ke arah horisontal.

Lasso Tool (L)

Tools photoshop berikutnya adalah tool yang dikelompokan dalam Lasso Tool adalah Lasso tool, Polygonal lasso tool dan Magnetic lasso tool. Apa kegunaan dan fungsi lasso tool pada photoshop.

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

7. Lasso Tool (L)

Fungsi Lasso tool pada photoshop untuk menyeleksi sebuah objek secara bebas yaitu dengan mengarahkan mouse pada area objek yang diseleksi secara bebas dan menghubungkannya pada titik awal seleksi.

Seleksi menggunakan Lasso tool dapat digunakan untuk memotong, memidahkan, dan menduplikat objek yang diseleksi.

8. Polygonal Lasso Tool (L)

Polygonal Lasso Tool berfungsi untuk menyeleksi sebuah objek dengan cara membuat area seleksi pada titik tertentu membentuk garis lurus kemudian menghubungkannya pada titik awal sehingga terbemtuk sebuah bidang seleksi.

Seleksi dengan Polygonal lasso tool dapat digunakan untuk memotong, memindahkan dan menduplikat sebuah objek di photoshop.

Shotcut Polygonal lasso tool adalah huruf L pada keyboard.

9. Magnetic Lasso Tool (L)

Fungsi Magnetic Lasso Tool pada photoshop adalah untuk menyeleksi sebuah objek pada foto, gambar atau logo dengan mengikuti pola warna yang sama secara otomatis dan menghubungkannya dari titik awal sampai akhir pada area yang dipilih.

Shortcut Magnetic lasoo tool adalah huruf L yang dapat digunakan untuk menduplikat dan memindahkan objek yang diseleksi.

Selection Tool (W)

Tools Photoshop yang dikelompokan dalam fungsi Selection tool yang dikhususkan untuk menyeleksi objek dan foto adalah Quick selection tool dan Magic wand tool.

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

10. Quick Selection Tool (W)

Quick Selection Tool photoshop berfungsi untuk menyeleksi sebuah objek dengan cepat dan praktis.

Quick Selection Tool juga dapat digunakan untuk menduplikat, memotong dan menghapus objek yang diseleksi sepeti Menghapus Background Pada Foto dan Gambar.

Shortcut Quick Selection Tool adalah dengan menekan huruf W di keyboard.

11. Magic Wand Tool (W)

Fungsi Magic Wand Tool adalah untuk menyeleksi sebuah objek dengan cepat berdasarkan warna yang sama.

Magic wand tool akan menyeleksi otomatis pada area warna yang sama.

Fungsi Magic wand tool mudah digunakan saat ingin menghapus dan mengganti background foto dengan cepat pada area dengan satu warna.

Crop Tool (C)

Tools photoshop yang dikelompokan kedalam Crop tool berfungsi untuk memotong objek di photoshop adalah Crop tool, Perspective crop tool, Slice tool dan Slice select tool yang berikut ini,

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

12. Crop Tool (C)

Crop Tool berfungsi untuk untuk memotong atau crop pada sebuah objek foto atau gambar dengan bentuk kotak atau persegi.

Shortcut yang digunakan untuk menggunakan Crop tool adalah huruf C pada keyboard.

13. Perspective Crop Tool (C)

Perspective Crop Tool digunakan untuk memotong atau crop pada sebuah objek foto atau gambar yang dapat di atur sesuai dengan bentuk area cropnya terutama untuk memotong objek dalam bentuk miring atau memperbaiiki foto miring yang dapat disesuaikan dengan Perspecktive crop tool.

14. Slice Tool (C)

Fungsi Slice Tool digunakan untuk memotong pada sebuah objek foto atau gambar menjadi beberapa potongan secara bersamaan dengan mengarahkan kursor ke bagian gambar atau foto yang akan dipotong kemudian menympannya ke Folder di PC, Laptop atau Macbook.

Slice tool juga digunakan untuk membagi dan memotong gambar dengan mudah dan cepat.

15. Slice Select Tool (C)

Slice Select Tool berfungsi untuk meggeser atau memindahkan potongan seleksi yang dibuat dengan Slice tool photoshop.

Eyedropper Tool (I)

Eyedropper adalah tool photoshop yang berfungsi untuk mengambil contoh warna saat mengedit foto, memberi warna objek, membuat tulisan atau membuat logo sehingga warna yang dihasilkan sama dengan sampel warna yang diambil menggunakan Eye drop photoshop.

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

16. Eyedropper Tool (I)

Eyedropper Tool berfungsi untuk mengambil sampel atau contoh warna pada sebuah objek dengan mengarahkan kursor ke area atau titik tertentu untuk mengambil contoh warna. Shortcut Eyedropper tool adalah huruf E.

17. 3D Material Eyedropper Tool (I)

3D Material Eyedropper Tool digunakan untuk mengambil sampel atau contoh warna pada objek, foto atau gambar 3D.

18. Color Sampler Tool (I)

Color Sampler Tool adalah tool photoshop yang digunakan untuk mengambil sample warna pada bagian objek dengan menampilkan kode warna.

Kode warna yang diambil menggunakan Color sampler tool dimasukuan dalam bar warna.

Color sampler tool dapat digunakan dengan menggunakan shortcut huruf I pada keyboard.

19. Ruler Tool (I)

Ruler tool berfungsi untuk mengukur sebuah objek yang menunjukan panjang objek, kemiringan sudut objek dan koordinat objek. Shortcut Ruler tool adalah huruf I

20. Note Tool (I)

Note Tool adalah sebuah tool Photoshop yang berfungsi atau digunakan untuk membuat catatan pada sebuah desain yang ditampilkan pada lembar kerja .

Dengan menggunakan Note Tool maka kalian dapat menuliskan catatan tertentu jika desain dibuat dengan banyak teknik yang membutuhkan catatan agar diketahui melalui note yang dibuat.

Shortcut Note Tool menggunakan huruf I.

21. Count Tool (I)

Count tool adalah sebuah alat di photoshop yang digunakan untuk membuat catatan dalam bentuk angka.

Brush Tool (B)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

22. Brush Tool (B)

Brush Tool berfungsi untuk membuat objek, melukis, membuat gambar dengan teknik brush yang terdapat pada pengaturan brush berupa bentuk brush, ukuran brush dan opacaity brush.

23. Pencil Tool (B)

Pencil Tool digunakan untuk menggambar pada sebuah objek dengan model garis layaknya menggunakan pensil sehingga dapat ditentukan warna, ukuran dan ketebalan pen saat menggunaknnya.

24. Color Replacement Tool (B)

Color Replacement Tool adalah tools photoshop yang digunakan untuk membuat brush dengan menyesuaikan warna latar belakang dibawahnya.

Misalkan warna latar belakang sebelum di brush gelap maka warna yang di brush akan memerikan efek gelap dan jika warna pada latar belakang terang maka brush akan mnyesuaikan menjadi tampak lebih terang.

25. Mixer Brush Tool (B)

Mixer Brush Tool digunakan untuk membuat brush dengan efek warna yang tercampur menyatu dengan warna latar belakangnya. Taitu seperti saat membuat sapuan pada kanvas dengan mencampur beberapa warna secara bersamaan.

Clone Stamp Tool (S)

26. Clone Stamp Tool (S)

Clone Stamp Tool digunakan untuk mengkloning sebuah objek baik warna atau area yang telah dipilih sebagai area sumber dengan menekat tombol Alt atau Option kemudian diletakan pada area lainnya dengan menggunakan mouse.

27. Patern Stamp Tool (S)

Patern Stamp Tool berfungsi untuk mengkloning suatu bentuk patern atau texture dengan pola corak tertentu yang tersedia pada menu bar kemudian menempel atau meletakkanya di area lain dengan menggunakan mouse.

History Brush Tool (Y)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

28. History Brush Tool (Y)

History Brush Tool adalah tool photoshop yang digunakan untuk menggunakan pola brush yang digunakan sbelumnya.

Shotcut History brush tool adalah huruf Y pada keyboard.

29. Art History Brush Tool (Y)

Art History Brush berfungsi untuk membuat pola brush dengan menggunakan brush sebelumnya.

Spot Healing Brush Tool (J)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

30. Spot Healing Brush Tool (J)

Fungsi Spot Healing Brush Tool adalah untuk menghapus atau menghilangkan sebuah objek pada area tertentu dengan cara mengarahkan mouse pada area yang ingin dihapus atau dihilangkan.

Spot healing brush tool dapat digunakan untuk menghapus objek yang tidak diinginkan sepeeti menghapus noda, noda jerawat diwajah pada foto atau gambar.

Shortcut Spot healing brush tool adalah huruf J di keyboard.

31. Healing Brush Tool (J)

Healing Brush Tool berfungsi memperbaiki objek foto atau gambar dengan menggambil sample area objek atau gambar pada bagian tertentu kemudian membrush pada area yang dituju.

Healing brush tool juga dapat digunakan untuk menduplikat objek yang kecil untuk di tambahkan pada bagian lain dengan cara mengambil sample atau contoh area pada objek yang akan dituju.

32. Patch Tool (J)

Fungsi Patch Tool adalah untuk mencopy atau menduplikat objek atau foto dengan cara menyeksi pada sebuah area tertentu kemudian hasil seleksi di pindahkan ke area laiinya pada objek di lembar kerja tersebut

33. Content-Aware Move Tool (J)

Tool photoshop yang digunakan untuk membuat seleksi atau menyeleksi sebuah objek pada gambar atau foto kemudian memindahkannya hasil seleksi ke area lainnya pada foto atau gambar tersebut.

34. Red Eye Tool (J)

Tool yang digunakan untuk menghilangkan efek warna mata merah pada foto atau gambar yang dapat disebabkan oleh pantulan cahaya blitz sehingga terdapat efek pantulan cahaya yang berwarna merah di mata.

Eraser Tool (E)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

35. Eraser Tool (E)

Fungsi Eraser Tool untuk menghapus sebuah objek pada foto atau gambar dengan mengarahkan mouse ke objek yang akan dihapus dengan mengatur tingkat ukuran eraser. Shortcut eraser adalah huruf E di keyboard.

36. Background Eraser Tool (E)

Digunakan untuk menghapus background foto atau gambar terutama pada bagian tepi objek foto atau gambar sehingga bagian tepi objek menjadi lebih rapi.

Shorcut Background raser tool adalah dengan menekan huruf E di keyboard.

37. Magic Eraser Tool (E)

Fungsi Magic Eraser Tool adalah untuk menghapus sebuah objek yang memiliki warna yang sama sehingga proses manghapus lebih cepat terutama jika ingin menghapus warna background foto dengan satu warna.

Shortcut Magis eraser tool adalah huruf E pada keyboard.

Gradient Tool (G)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

38. Gradient Tool(G)

Gradient Tool erfungsi untuk membuat atau memberi warna objek, shape, tulisan dan background dengan warna gradasi.

39. Paint Bucket Tool (G)

Paint Bucket Tool berfungsi untuk memberi atau mengganti warna pada sebuah objek foto dan gambar yang memiliki warna yang sama.

40. 3D Material Drop Tool (G)

3D Material Drop Tool berfungsi untuk memberi warna dengan objek 3D.

Blur Tool

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

41. Blur Tool

Blur tool photoshop digunakan untuk membuat efek blur pada foto atau gambar dengan menyapunya dengan tingkatan jenis dan ukuran blur yang dapat disesuaikan.

42. Sharpen Tool

Fungsi Sharpen Tool adalah untuk mempertajam foto atau gambar pada area tertentu dengan menggunakan kuas sharpen tool.

43. Smudge Tool

Smudge Tool adalah tool yang digunakan untuk memberikan efek lembut dengan cara menariknya pada area foto atau gambar yang biasanya digunakan untuk memberikan efek halus dan lembut pada tepi area foto agar terlihat lebih menyatu dengan background.

Dodge Tool (O)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

44. Dodge Tool (O)

Dodge tool digunakan untuk memberikan efek terang pada sebuah objek foto atau gambar dengan ukuran dan efek brush.

Shortcut Dodge tool adalah huruf O.

45. Burn Tool (O)

Fungsi Burn Tool digunakan untuk memberikan efek gelap pada sebuah objek foto dan gambar. Shortcut Burn tool adalah huruf O.

46. Sponge Tool (O)

Sponge tool digunakan untuk memberikan efek saturasi warna pada objek foto dan gambar. Shortcut Sponge tool adalah huruf O.

Pen Tool (P)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

47. Pen Tool (P)

Pen Tool berfungsi untuk membuat garis dalam bentuk path dan shape yang dapat diatur dan diedit pada titik node pen tool. Shortcut pen tool adalah huruf P.

48. Freeform Pen Tool (P)

Freeform Pen Tool digunakan untuk membuat garis path dan shape secara bebas tanpa harus membuat titik node.

49. Add Anchor Point Tool

Add Anchor Point Tool berfungsi untuk menambah titik baru pada garis yang telah dibuat dengan pen tool

50. Delete Add Anchor Point Tool

Fungsi Delete Add Anchor Point Tool adalah untuk menghapus titik node yang telah dibuat dengan pen tool.

51. Convert Point Tool

Convert Point Tool adalah tool yang berfungsi untuk mengedit titik pen tool, merubah kelengkungan sudut garis yang dibuat dengan pen tool.

Text Tool (T)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

52. Horizontal Type Tool (T)

Horizontal Type Tool digunakan untuk membuat sebuah text atau tulisan secara horisontal dari kiri ke kanan. Shortcut yang digunakan adalah huruf T pada keyboard.

53. Vertical Type Tool (T)

Vertical Type Tool berfungsi untuk membuat sebuah text atau tulisan secara vertikal yaitu dari atas ke bawah

54. Vertical Type Mask Tool (T)

Vertical Type Mask digunakan untuk membuat seleksi pada sebuat teks atau tulisan secara vertikal atau dari atas kebawah dan juga dapat digunakan untuk menyelksi foto atau gambar dengan text atau tulisan.

55. Horizontal Type Mask Tool (T)

Horizontal Type Mask Tool Berfungsi untuk membuat seleksi pada sebuat text atau tulisan secara horisontal dari kiri kekanan.

Horizontal Tyoe mask tool dapat digunakan untuk mendupilkat dan menghapus objek foto atau gambar dengan menyeleksi text atau tulisan.

Path Tool (A)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

56. Path Selection Tool (A)

Path Selection Tool di photoshop digunakan untuk memindah atau menggeser objek yang di buat dengan path dengan pen tool dan shape pada rectangle tool.

57. Direct Selection Tool (A)

Direct Selection Tool digunakan untuk mengedit Path dengan menggeser atau mengatur node pada bezier pen tool dan path pada shape.

Shape Tool Photoshop(U)

Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

58. Rectangle Tool (U)

Rectangle Tool digunakan untuk membuat sebuah objek dengan bentuk kotak persegi dengan cara Klik pada mouse kemudian seret dan talik kearah yang diinginkan. Shortcut Rectangle tool adalah huruf U.

59. Rectangle Rounded Tool (U)

Rectangle Rounded Tool berfungsi untuk membuat sebuah objek kotak dengan sisi melengkung atau memiliki sudut tumpul dan shortcutnya Rectangle tool adalah huruf U.

60. Ellipse Tool (U)

Ellipse Tool berfungsi untuk membuat objek berbentuk lingkaran. Untuk membuat bentuk lingkaran sempurna dengan menekan Shift saat membuat lingkaran menggunakan Ellipse Tool. Shortcut Ellipse tool adalah huruf U.

61. Polygon Tool (U)

Fungsi Polygon Tool adalah untuk membuat objek dengan segi banyak seperti segitiga, segilima yang dapat diatur jumlah pada titik sudutnya.

Polygonal tool juga dapat digunakan untuk membuat objek bintang atau star yang dapat diatur dengan jumlah titiknya pada tingkat kemiringan atau lengkung sudutnya. Shortcut Polycon tool adalah huruf U

62. Line Tool (U)

Fungsi Line Tool Photoshop adalah untuk membuat sebuah objek dengan garis lurus dan juga dapat digunakan untuk membuat sebuat objek bebas dengan garis lurus dengan menghubungkan titik pada garis tersebut. Shortcut Line tool adalah huruf U.

63. Custom Shape Tool (U)

Custom Shape Tool digunakan untuk membuat objek dengan shape yang ada di photoshop atau dengan menambahkan bentuk shape sendiri ke custom shape yang berada pada bar pilihan shape. Shortcut custom shape tool adalah huruf U.

Hand Tool (H)


Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

64. Hand Tool (H)

Hand Tool photoshop memiliki fungsi untuk menggeser objek foto atau gambar saat di zoom. Shortcut Hand tool adalah huruf H.

65. Rotate View Tool (R)

Rotate View Tool berfungsi untuk merotasi atau memutar sebuah objek foto atau gambar dengan cara klik kir pada mose kemudian putar atau dengan menisi kemiringan sudut putar pada menu bar. Shortcut Rotate viewe tool adalah huruf R.


Nama-nama tools di photoshop, fungsi dan kegunaan tool pada photoshop, belajar photoshop untuk pemula, fungsi tools pada photoshop

66. Zoom Tool (Z)

Zoom tool adalah tool photoshop yang difungsikan untuk memperbesar tampilan sebuah objek sehingga terlihat lebih besar sehingga mempermudah dlam proses edit foto atau gambar, membuat objek atau seleksi objek di photoshop. Shortcut Zoom tool adalah huruf Z.

Itulah tools photoshop yang wajib diketahui bagi pemula yang ingin belajar photoshop selanjutnya sampai mahir.

Dengan mengenal dan mengetahui tools di photoshop dengan fungsi dan kegunaannya maka kalian dapat mulai mencoba menggunakan tools di photoshop.

Selamat belajar Photoshop.