Pilih Mouse Wireless atau Mouse Bluetooth, Inilah perbedaanya

Perbedaan mouse Wireless dan mouse Bluetooth, mouse wireless vs bluetooth, kelebihan dan kekurangan mouse wireless atau bluetooth, mouse kabel, perbedaan mouse wireless dan bluetooth

Banyak pertimbangan mengapa lebih menggunakan mouse di laptop meskipun telah tersedia touchpad atau trackpad di laptop yang fungsinya adalah sama dengan mouse yaitu mengarahkan kursor pada layar.

Mengapa Menggunakan Mouse

Alasan untuk lebih memilih menggunakan mouse dari pada trackpad adalah bisa jadi kurang familier terhadap trackpad atau ingin umur trackpad menjadi lebih lama atau awet, atau juga lebih suka pakai mouse karena jika rusak masih dapat menggantinya dengan mudah dibanding jika harus memperbaiki trackpad di laptop atau karena trackpad sering digunakan shingga trackpad rusak.

Mungkin juga sebuah kebiasaan lebih memilih menggunakan mouse karena lebih fleskibel untuk menggulir halaman di laptop atau PC, klik kiri dan klik kanan menjadi lebih mudah dalam genggaman tangan dibanding ketukan pada touchpad atau papan keyboard.

Perbedaan Mouse Wireless Dan Mouse Kabel

Terlepas dari alasan mengapa harus menggunakan mouse, terkadang menjadi kebingunan untuk memilih mouse apa yang akan digunakan pilih mouse kabel, mouse buetooth atau mouse wireless.

Apakah perbedaan mouse wireless atau bluetooth dan mouse kabel atau USB.

1. Apakah Mouse Kabel atau USB Itu

Mouse kabel atau USB adalah mouse yang koneksinya dihubungkan mengggunakan kabel pada port USB di laptop dan PC.

Mouse USB memiliki keakuratan yang lebih baik dangan kecepatan lebih yaitu hampir tanpa delay dengan pergerakan kursor yang cepat dan lebih baik.

Buat gamer, mouse kabel adalah pilihan paling baik yang mengutamakan kecepatan, ketepatan dan keakuratan dalam bermain game dibanding dengan menggunakan mouse wireless atau bluetooth yang terkadang memiliki keterlambatan atau delay.

2. Apakah Mouse Bluetooth Itu

Mouse bluetoorh adalah mouse yang dihubungkan oleh bluetooth untuk dapat digunakan pada laptop atau PC dengan mengaktifkan bluetooth pada mouse dan laptop atau PC.

Mouse dapat bekerja dengan bluetooth yang terhubung ke laptop dan PC. Mouse bluetooth juga dapat dihubungkan ke HP Android.

Tidak semua laptop atau PC memiliki bluetooth sehingga diperlukan dongle bluetooth untuk menghubungkan mouse bluetooth ke laptop atau PC.

3. Apakah Mouse Wireless Itu

Mouse wireless adalah mouse yang bekerja dengan frekuensi gelombang radio (RF) atau wireless yang dihubungkan oleh adapter atau dongle dengan memasangnya pada port USB laptop.

Kelebihan Mouse Wireless / Bluetooth

1. Fleksibelitas mouse wireless atau bluetooth yang tidak menempati banyak ruang seperti mouse kabel sehingga lebih rapi pada tata ruang.

2. Mouse wireless dan bluetooth dapat digunakan dalam jarak jauh yang tidak dibatasi oleh panjangnya kabel yang terkoneksi ke laptop atau PC. Disini kalian dapat menggerakan mouse dalam jarak jauh saat laptop atau komputer terhubung pada TV, monitor lebar atau projector.

Kekurangan Mouse Wireless / Bluetooth

1. Mouse wireless dan bluetooth membutukan daya atau baterai sehingga memerlukan anggaran penggantian baterai.

2. Mouse bluetooth memerlukan daya baterai pada perangkat terhubung di laptop sehingga baterai laptop lebih sedikit masa pakainya.

3. Jika dongle atau adapter mouse wireless rusak maka harus membeli mouse baru kembali karena dongle tidak dijual terpisah.

4. Kecepetan dan keakuratan mouse wireless atau bluetooth lebih lambat atau delay jika dibandingkan dengan mouse kabel Usb terutama untuk bermain game.

Jika sekarang kalian ingin menggunakan mouse nirkabel yaitu mouse tanpa menggunakan kabel inilah perbedaan antara mouse bluetooth dan mouse wireless.

Perbedaan Mouse Wireless Dan Mouse Bluetooth

Inilah perbedaan antara mouse bluetooth dan mouse wireless

1. Kecepatan Respon

Mouse wireless lebih resposive dari mouse bluetooth sehingga mouse wireless lebih akurat dibanding mouse bluetooth yang lebih lambat.

Mouse wireless memungkinkan keakuratan yang lebih baik saat mouse digunakan dengan teknologi radio RF.

Pada penggunaan standart maka mouse bluetooth bukanlah sebuah masalah namun jika membutuhkan kecepatan dan keakuratan maka mouse wireless lebih baik.

2. Adapter

Mouse wireless memerlukan adapater atau dongle sedangkan mouse bluetooth langsung dapat digunakan tanpa menggunakan adapter.

Dongle digunakan untuk menerima gelombang RF dari mouse wireless, sehingga tanpa dongle maka mouse wirelless tidak dapat digunakan.

Mouse bluetooth tidak memerlukan adapater lagi sehingga langsung dapat dihubungkan via bluetooth untuk penggunaannya.

3. Daya atau Baterai

Mouse wireless memliki daya pakai baterai yang lebih lama dari pada mouse bluetooth.

Daya atau baterai juga diperlukan untuk mengaktifkan bluetooth di laptop, PC, tablet atau HP sehingga pemakaian baterai pada perangkat tersebut lebih pendek karena bluetooth yang diaktifkan memerlukan daya atau baterai yang lebih besar dari sinyal wireless.

4. Pemasangan

Cara pemasangan mouse wireless lebih mudah dan cepat yaitu tanpa memerlukan setting terlebih dahulu.

Colokan adapter atau dongle ke port USB kemudian nyalakan mouse dan langsung dapat terhubung dan digunakan.

Mouse bluetooth memerlukan pairing atau menyambungkan bluetooth untuk pertama kalinya dengan laptop, PC, tablet atau HP sehingga kedua perangkat terhubung terlebih dahulu dengan Mengaktifkan bluetooth pada laptop.

5. Port

Mouse wireless memerlukan port untuk menghubungkannya ke laptop sedangkan mouse bluetooth tidak memerlukan port untuk menghubungkannya.

Tanpa menggunakan port maka mouse blutooth langsung dapat digunakan hanya dengan menyalakan bluetooth pada mouse dan perangkat laptop, PC atau HP.

Tidak semua perangkat memiliki koneksi bluetooth sehingga kalian perlu mengecek apakah bluetooth tersedia di perangkat laptop atau PC.

Baca juga : Cara mengembalikan bluetooth hilang di laptop Windows 11

Jika laptop atau PC tidak memiliki koneksi bluetooth maka perlu ditambahkan dongle bluetooth.

Tidak semua mouse bluetooth dapat terkoneksi ke perangkat laptop sehingga kalian perlu memeriksa kompatible mouse bluetooth pada perangkat yang dihubungkan seperti versi bluetooth yang digunakan serta software yang didukung oleh mouse bluetooth.

6. Harga

Harga mouse wireless lebih murah dari pada mouse bluetooth, sehingga anggaran yang dikeluarkan untuk membeli mouse wireless lebih terjangkau meskipun tergantung juga dari kualitas dan merk dari masing-masing jenis mouse.

7. Keawetan / Masa Pakai

Mouse wireless membutuhkan koneksi menggunakan dongle sebagai penghubung saat akan digunakan sehingga sering dilepas dan dipasang jika ingin menggunakan mouse.

Jika adapter atau dongle rusak maka diperlukan adapater baru yang tidak dapat dibeli secara terpisah sehingga harus membeli mouse wireless baru.

Mouse bluetooth tidak membutuhkan adapter sehingga dalam hal koneksi tidak membutuhkan perawatan adapter atau dongle sehingga masa pakai mouse bluetooth relatif lebih lama.

8. Jangkauan

Mouse bluetooth memiliki jangkauan yang lebih dari pada mouse wireless. 

Hal ini memungkinkan saat melakukan presentasi di laptop dengan layar projector dengan posisi mouse yang jauh dari laptop.

Saat laptop terhubung dengan layar TV untuk menonton Youtube maka kalian dapat menggerakan kursor dari jarak jauh ke laptop seperti layaknya remote untuk berganti channel di youtube.

Setelah mengetahui perbedaan mouse wireless dan mouse bluetooth maka kalian dapat mempertimbangkan mouse tanpa kabel atau nirkabel yang akan pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan apakah menggunakan mouse wireless atau mouse bluetooth, apakah pilih mouse buetooth atau wireless.