Begini Cara Cek Versi Bluetooth Laptop Windows 11 / 10

Cara cek versi bluetooth laptop windows 11, windows 10, cara mengetahui dan mengecek versi bluetooth di laptop windows 11 dan laptop windows 10

Cara cek versi bluetooth laptop Windows 11 dan Windows 10 adalah panduan check bluetooth version untuk mengetahui versi bluetooth yang digunakan di laptop Windows.

Fungsi bluetooth di laptop windows sangat penting untuk menyambungkan ke berbagai perangkat lainya dengan menggunakan bluetooth seperti menyambungkan mouse bluetooth, speaker, printer dan juga mengirim file lewat bluetooth dari laptop ke HP.

Versi Bluetooth yang digunakan pada laptop dapat berbeda-beda. Semakin tinggi versi bluetooth yang digunakan maka tingkat kecepatan dan konektifitanya lebih baik seperti kecepatan untuk mengirim file dari laptop ke HP.

Perkembangan teknologi Bluetooth semakin berkembang dengan dikeluarkanntya versi bluetooth 5.0 terbaru pada laptop, HP, speaker, printer, Mic bluetooth.

Kesesuaian versi bluetooth laptop windows 11 dan windows 10 yang digunakan untuk dihubungkan dengan perangkat lain akan mempengaruhi kecepatan koneksi dan transfer data dengan perangkat lain seperti mengirim file ke HP atau laptop lain.

Untuk mengetahui versi bluetooth di laptop Windows 11 dan Windows 10 dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

Cara Cek Versi Bluetooth Laptop Windows 11 / 10

1. Nyalakan atau Aktifkan bluetooth di laptop Windows 11 atau 10 kalian.

2. Tulis Device Manager pada kotak pencarian atau search atau tekan logo Windows + X di keyboard kemudian pilih Device Manager.

2. Selanjutnya pilih dan klik Bluetooth dan akan muncul beberapa device bluetooth lainnya.

3. Pilih daftar nama bluetooth di laptop Windows kalian, yaitu pilih Bluetooth USB Module dan klik kanan pada mouse, kemudian pilih Properties.

Cara cek versi bluetooth laptop windows 11, windows 10, cara mengetahui dan mengecek versi bluetooth di laptop windows 11 dan laptop windows 10

4. Pilih Advanced > lihat daftar LMP (Link Manager Protocol) pada bagian Firmware Version.

Cara cek versi bluetooth laptop windows 11, windows 10, cara mengetahui dan mengecek versi bluetooth di laptop windows 11 dan laptop windows 10

5. Cocokan nomor LMP (Link Manager Protocol) dengan versi bluetooth di laptop Windows 11 atau Windows 10 pada daftar versi LMP versi Bluetooth Core berikut ini.

Versi Bluetooth Laptop Windows

Versi Link Manager Protocol (LMP) Spesifikasi Bluetooth Core
LMP 0 Spesifikasi Bluetooth Core 1.0b (ditarik)
LMP 1 Spesifikasi Bluetooth Core 1.1 (ditarik)
LMP 2 Spesifikasi Bluetooth Core 1.2 (ditarik)
LMP 3 Spesifikasi Bluetooth Core 2.0 + EDR (ditarik)
LMP 4 Spesifikasi Bluetooth Core 2.1 + EDR (usang, akan ditarik)
LMP 5 Spesifikasi Bluetooth Core 3.0 + HS (usang, akan ditarik)
LMP 6 Spesifikasi Bluetooth Core 4.0
LMP 7 Spesifikasi Bluetooth Core 4.1
LMP 8 Spesifikasi Bluetooth Core 4.2
LMP 9 Spesifikasi Bluetooth Core 5.0
LMP 10 Spesifikasi Bluetooth Core 5.1
LMP 11 Spesifikasi Bluetooth Core 5.2

Cara cek versi bluetooth juga dapat dilakukan untuk mengetahui versi bluetooth laptop Windows 8 dan Windows 7.

Bagaimana, mudah kan cara mengetahui versi bluetooth di laptop Windows 11 dan 10 dengan cara cek versi bluetooth Windows 11 dan Windows 10.