Mengenal Nama Tools Di Inkscape Dengan Fungsinya

Nama-nama tools di Inkscape dengan fungsi dan gunanya untuk membuat desain grafis vector bagi pemula yang ingin belajar menggunakan inkscape

Mengenal nama tools di Inkscape dengan fungsinya. Apa nama tools yang ada di inkscape, apa fungsi dan kegunaan tool di inkscape serta shortcut apa saja untuk menggunakan inkscape, Milsmilo Blog akan membahasnya lebih lanjut disini.

Inkscape adalah software desain grafis berbasis vector free open source yang dapat di Install di Laptop Windows dan MacOs Macbook yang berfungsi untuk membuat logo, text dan edit gambar vector.

Tools di Inkscape memiliki nama dan kegunaan masing-masing yaitu tool untuk membuat shape, tool untuk membuat text, tool untuk menggambar dan membuat warna, tool untuk memanipulasi objek, mengkloning objek, tool untuk mentrasformasi, memutar, memiringkan atau menskala objek.bahas.

Setelah kalian mengenal tools di inkscape maka kalian dapat memotong objek foto dan gambar, Membuat text dalam gambar di Inkscape.

Ikon tools di Inkscape terdapat pada toolbox yang berisi tools dengan nama dan fungsinya masing-masing.

Inilah nama-nama tool di inkscape dengan fungsi dan kegunannya serta shortcut atau pintasan tool-tool di inkscape berikut ini.

Nama-Nama Tools Di Inkscape Dengan Fungsi Dan Gunanya

Nama-nama tools di Inkscape dengan fungsi dan gunanya untuk membuat desain grafis vector bagi pemula yang ingin belajar menggunakan inkscape

1. Select and Transform Objects (S)

Select and Transform Objects adalah tool di inkscape yang berfungsi untuk membuat seleksi, memilih sebuah objek atau beberapa objek sekaligus, memindahkan, menggeser dan memutar objek, memperbesar dan memperkecil sebuah objek dengan cara menskala atau resize scale objects.

2. Edit Paths by Nodes (N)

Fungsi Edit Paths by Nodes tool adalah digunakan untuk mengedit titik-titik nodes objek vector di inkscape yaitu berfungsi untuk menggeser nodes, mengatur tingkat kelengkungan, menambah node, menghapus nodes, menggabungkan nodes

3. Create Rectangles and Squares (R)

Create Rectangles and Squares tool Inkscape memiliki fungsi untuk membuat Shape Rectangle dengan objek vector berbentuk kotak persegi yang memiliki 4 sisi, membuat persegi panjang dengan sudut siku-siku serta membuat Kotak Melengkung yang memiliki sudut tumpul.

4. Create Circle, Ellipses and Arcs (E)

Fungsi Create Circle, Ellipses and Arcs tools untuk membuat vector objek shape berbentuk lingkaran yang dapat disesuaikan bentuknya sebagai lingkaran sempurna, membuat objek berbentuk elips, membuat objek berbentuk busur atau lingkaran berbentuk diagram.

5. Create Stars and Polygons (*)

Create Stars and Polygons tool yang berfungsi untuk membuat objek vector berbentuk bintang dan poligon.

Star tool inkscape dapat digunakan maka kalian membuat objek bintang dengan jumlah sudut yang berbeda, membuat tingkat kelengkungan pada sisi objek bintang.

Create Stars and Polygons tool juga berfungsi untuk membuat objek vector dengan bentuk polygon atau segi banyak dengan menentukan jumlah sisinya seperti segitiga, segilima atau segienam.


Nama-nama tools di Inkscape dengan fungsi dan gunanya untuk membuat desain grafis vector bagi pemula yang ingin belajar menggunakan inkscape

6. Create Box 3D (X)

Create Box 3D adalah tool yang berfungsi untuk membuat objek vector kotak 3 dimensi dengan menyesuaikan lebar, tinggi dan kedalaman kotak 3D.

7. Create Spirals (I)

Fungsi Create Spirals di inkscape adalah untuk membuat objek vector dengan garis berbentuk spiral dengan mengikuti arah jalur garis spiral. 

Dengan Spiral kalian juga dapat membuat garis dengan bentuk melengkung dengan menentukan arah lengkung atau belokan garisnya.

8. Draw Bezier Curves and Straight Line (B)

Draw Bezier Curves and Straight Line adalah tool yang berfungsi untuk membuat garis dengan menggunkan bezier di inkscape yaitu membuat titik-titik nodes yang dapat diatur tingkat kelengkungannya. Fungsi Bezier tool inkscape juga dapat digunakan untuk membuat garis lurus sambil menekan tombol shift di keyboard.

9. Draw Freehand Lines (P)

Fungsi dari Draw Freehand Lines tool adalah untuk membuat gambar arah yang bebas, membuat garis secara bebas dengan menggerakan muose atau pen dengan menggunakan pentab.

10. Draw Calligraphic or Brush Strokes (C)

Draw Calligraphic or Brush Strokes berfungsi untuk membuat gambar kaligrafi sesuai dengan sapuan kuas yang dapat diatur pada tingkat kemiringan pen dan arah pennya.


Nama-nama tools di Inkscape dengan fungsi dan gunanya untuk membuat desain grafis vector bagi pemula yang ingin belajar menggunakan inkscape

11. Create and Edit Text Objects (T)

Create and Edit Text Objects berfungsi untuk membuat objek vector berupa text atau tulisan di inkscape dengan mengatur jenis dan ukuran font dan mengatur jarak spasi antar huruf.

12. Create and Edit Gradients (G)

Create and Edit Gradients tool berfungsi untuk membuat pola warna gradient pada sebuah objek dan menentukan warna gradasi dengan mengedit pola warna gradient dengan arah gradasi liner atau lurus dan arah gradasi radial atau membulat.

13. Create and Edit Meshes

Create and Edit Meshes adalah tool yang digunakan untuk membuat pola warna gradasi dengan cara meshes atau membuat pola jala dengan garis grid serta pola jalur melengkung untuk menentukan warna gradasi pada sebuah objek.

14. Pick Colors From Image (D)

Fungsi Pick Colors From Image adalah tools inkscape yang digunakan untuk mengisi warna pada sebuah objek dengan mengambil warna dari objek lain sehingga warna yang ditentukan menjadi sama berdasarkan contoh warna dari objek lain.

15. Fill Bounded Areas (U)

Fill Bounded Area adalah tool inkscape yang berfungsi untuk mengisi warna pada daerah kosong diantara beberapa objek yang membentuk jalur tertutup.

Isian warna tidak dapat dilakukan pada objek yang memiliki jalur yang terbuka atau tidak saling membentuk garis tertutup diantara objek yang akan diberi warna.

Jika objek yang berjejer yang saling bersingungan digeser atau di pisahkan maka area yang di beri warna ember akan membentuk objek baru.


Nama-nama tools di Inkscape dengan fungsi dan gunanya untuk membuat desain grafis vector bagi pemula yang ingin belajar menggunakan inkscape

16. Tweak Objects by Sculpting and Painting (W)

Tweak Objects by Sculpting and Painting adalah tool yang berfungsi untuk membuat objek menjadi bentuk tertentu dengan cara menekan, dan menarik dengan tweak tool sehingga membentuk objek baru.

Tweak tool juga dapat digunakan untuk merubah warna dengan cara mengarahkan tweak ke objek yang dituju.

17. Spray Copies and Clones of Objects (A)

Spray Copies and Clones of Objects adalah tool yang berfungsi untuk membuat pola warna spray atau semprotan warna berdasarkan pola objek yang di clone atau dibuat.

Misalkan kalian membuat lingkaran dengan warna merah kemudian Klik Spray copies dan Clone objects maka akan hasil penyemprotan warna akan mengikuti pola objek yang di clonning.

18. Erase Objects of Paths (Shift E)

Eraser Object of Paths berfungsi untuk menghapus objek vector secara bebas yang dapat ditentukan ukuran penghapusnya.

19. Create Diagram Connectors (O)

Create Diagram Connectors berfungsi untuk membuat diagram dengan menghubungkan garis antar objek sehingga membentuk garis lurus yang bertumpu pada titik tengah objek.

20. Measure Objects (M)

Measure Objects adalah tool yang berfungsi untuk mengukur objek, panjang, tinggi dan sudut kelengkungan sehingga dapat membuat ukuran yang tepat saat membuat desain vector menggunakan inkscape.

21. Zoom In and Out (Z)

Zoom tool inkscape berfungsi untuk memperbesar dan memperkcil tampilan objek pada layar.

21. Create and Edit Document Pages

Create and Document Pages adalah tool yang berfungsi untuk membuat dokumen lembar baru, mengatur ukuran canvas dan kertas memilih lembar kerja atau pages yang tersedia dalam inkscape.

Itulah macam-macam nama Tools di Inkscape dengan fungsinya yang dapat digunakan untuk membuat desain vector.