Mengatasi HTTPS Tidak Valid Dan Mungkin Halaman Tidak Diindeks Di Search Console

Cara mengatasi maslah HTTPS tidak valid, mungkin halaman tidak terindex di Google Search Console

Inilah cara mengatasi masalah HTTPS tidak valid dan mungkin halaman tidak diindeks di Google Search Console pada laporan HTTPS tidak dievaluasi serta cara validasinya yang akan Milsmilo Blog bahas sekarang.

Saat melakukan permintaan indeks artikel pada Inspeksi URL di google search console maka halaman yang berhasil di crawl atau diambil oleh google bot jika terdapat laporan HTTPS valid yang menunjukan bahwa koneksi aman HTTPS pada Url yang ditemukan mengalamai masalah.

Https valid sangat dibutuhkan oleh blog atau website mengingat bahwa koneksi aman https memberikan jaminan kepada pengguna bahwa blog atau website yang diakses adalah aman.

Halaman dengan Url http kemungkinan besar tidak akan terindeks karena koneksi tidak aman.

Notifikasi di browser juga akan muncul yang menyatakan bahwa koneksi tidak aman, apakah anda ingin melanjutkan membuka halaman ini yang menyebabkan terganggunya pengalaman bagi pengguna.

Bagaimana Cara Memperbaiki HTTPS Tidak Valid - Tidak Dievaluasi Di Google Search Console

Bagaimana jika saat melakukan indeks artikel kemudian dibawah laporan inspeksi terdapat tanda merah yang menyatakan bahwa Https tidak valid dan mungkin halaman tidak diindeks.

Cara mengatasi maslah HTTPS tidak valid, mungkin halaman tidak terindex di Google Search Console

Saat kalian menemukan laporan Https tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks mungkin bertanya sebenarnya apa yang menjadi penyebab munculnya Https tidak valid

Untuk blog lain yang di hosting tentunya membutuhkan sertifikat SSL yang valid agar blog atau website terdeteksi aman bagi pengguna.

Untuk mengetahui apakah kesalahan HTTPS terjadi di pengaturan https blogger maka laukan pengecekan terlebih dahulu.

Buka pada Pengaturan Blogger kemudian apakah pengalihan dari HTTP ke HTTPS sudah diaktifkan.

Jika sudah diaktifkan namun muncul pesan https tidak dievaluasi maka lakukan pengecekan lebih lanjut

Namun sebelumnya maka kenali terlebih dahulu hal yang dapat menyebabkan munculnya https tidak valid dan mungkin halaman tidak diindeks.

Penyebab Munculnya Masalah HTTPS Tidak Valid Di Google Search Console

1. Penyebab pertama adalah bahwa crawler atau bot menemukan url tersebut saat mengcrawl halaman blog terjadi kesalahan pengalihan dari http ke https.

2. Sertifikat SSL kadaluarsa pada blog yang dihosting sehingga https tidak valid.

3. Peta situs mengarah ke http.

4. Https mengalami pengalihan.

Setelah mengetahui penyebabnya maka lakukan Validasi setelah mengecek Url mengalami masalah Https dievaluasi tidak Valid.

Cara Mengatasi Masalah HTTPS Tidak Valid Dan Mungkin Halaman Tidak Diindeks

1. Klik pada HTTPS di google search console.

2. Dan akan terbuka laporan seperti dibawah ini.

Cara mengatasi maslah HTTPS tidak valid, mungkin halaman tidak terindex di Google Search Console

3. Klik pada bagian Https tidak valid untuk mengetahui Url yang menyebabkan Https Tidak dievaluasi

4. Salin atau copy URL tersebut dan pastikan Url didahului dengan https://

5. Kemudian lakukan inspeksi URL dan akan muncul laporan insepksi URL yang menjadi salah satu penyebab adalah URL tidak ada dalam indeks yaitu tidak dalam status Dikirim dan Diindeks.

6. Tidak masuk dalam indeks dapat disebabkan bahwa Crawl telah menentukan halaman kanonik yang muncul di pencarian bukan berasal dari URL asli misalkan dari URL feeds namun kesulitan menemukan Url karena terjadi kesalahan pengalihan.

Baca juga : Cara mengatasi kesalahan pengalihan dan perayapan di Google Search Console

7. Hal ini dapat terjadi jika Feeds blog tidak aktifkan Untuk Mencegah Blog Terkena AGC Oleh Blog Lain sehingga Memberikan Dampak Buruk Akibat Auto Generated Content yang menyebabkan crawling kesulitan menemukan URL tersebut yang telah dialihkan.

9. Lanjutkan dengan Uji URL langsung, dan jika hasil uji menunjukan Url tersedia di google yang artinya google dapat menemukan Url yang diuji tersebut yaitu pada Ketersediaan halaman : Halaman dapat diIndeks. Crawl diijinkan : Ya dan Pengambilan halaman berhasil, Pengindeksan diijinkan : Ya

Cara mengatasi maslah HTTPS tidak valid, mungkin halaman tidak terindex di Google Search Console

10. Setelah Url yang bermasalah dengan https diuji dan dapat dikenali oleh crawl google maka lakukan Validasi pada HTTPS tidak dievaluasi.

Cara Validasi HTTPS Tidak Dievaluasi di Google Search Console

1. Klik pada tombol Validasi.

Cara mengatasi maslah HTTPS tidak valid, mungkin halaman tidak terindex di Google Search Console

2. Setelah mengklik Validasi maka akan Muncul tulisan Validasi Dimulai.

Cara mengatasi maslah HTTPS tidak valid, mungkin halaman tidak terindex di Google Search Console

3. Untuk mengecek Validasi maka Klik Lihat Detailnya dan terdapat laporan Tertunda yang menunjukan proses validasi sedang dimulai.

4. Notifikasi akan muncul di Search Console bahwa proses validasi sedang di tinjau atau dimulai atau buka email masuk di akun Google search console.

5. Tunggu proses validasi berhasil atau gagal pada laporan berikutnya di Google Search Console.

6. Jika laporan Gagal, maka memang telah terjadi kesalahan https yang di blog atau website yang dapat kalian pelajari kemudian.

7. Jika pada laporan selanjutnya pada Halaman (dashboard lama Cakupan) Valid maka lakukan Permintaan Indeks kembali di Google Search Console agar Url muncul di google.

Jika URL tidak ditemukan pada halaman terindeks maka halaman dapat diindeks dari halaman yang diindeks tidak dikirim dipeta situs yaitu URL dengan akhiran m=1 yang dicrawl dari smartphone googlebot (versi dashboard Google search console lama).

Kesimpulan

Dari penjabaran dapat diambil Kesimpulan sebagai berikut,

Beberapa kesalahan mungkin hanya bersifat sementara dan akan memperbaiki sendiri beberapa saat yang biasanya terjadi karena Google telah merayapi halaman http sebelum kalian memposting pada halaman https atau Google belum sempat merayapi halaman dengan versi https Url sehingga jika kesalahan https tidak disebabkan oleh sertifikat SSL kadaluarsa atau Redirect http ke https yang tidak diaktifkan di Blogger.

Url yang terindikasi Https tidak valid jika diuji pada inspeksi Url maka tidak akan ada dalam indeks google dan jika Url di masukan pada pencarian tidak akan muncul diindeks google namun Url tersebut dapat saja muncul di pencarian google jika kalian mengetik judul artikel di pencarian google.

Jika judul artikel muncul di pencarian dengan Url yang memiliki awalan https maka Url tersebut di indeks dari Url lainnya sebagai kanonis yang diindeks misalnya Url yang diindeks berasal dari Feeds blog.

Jika Sertifikat SSL tidak valid atau kadaluarsa segeralah perbaharui sertifikat SSL di blog atau website dan jika menggunakan blogger pastikan ketersediaan https diaktifkan dengan status tersdia dan pengalihan https diaktifkan yang memastikan bahwa kunjungan ke http dialihkan ke https pada pengaturan di dashboard blogger,