Cara Mengecek Kesehatan Baterai Macbook

Cara mengecek dan mengetahui kesehatan baterai macbook

Sudah tahukan kondisi baterai Macbook yang kalian gunakan. Jika belum, inilah cara mengecek kesehatan baterai Macbook, apakah masih memiliki daya yang masih baik ataukah sudah waktunya diganti.

Baterai di Macbook memiliki spesifikasi daya tahan yang berbeda-beda tergantung jari jenis Mackbook yang kalian gunakan. 

Jika kalian belum mengetahui kesehatan baterai jenis apa yang digunakan dan memiliki kemampuan atau daya tahan berapa lama saat digunakan bisa diketahui dengan melihatnya di situs resmi apple.

Baterai semakin lama dayanya akan berkurang tergantung dari waktu penggunaan semakin sering digunakan maka masa pakai baterai akan semakin berkurang dan berpengaruh terhadap kesehatan baterai mackbook.

Cara Cek Cycle Count Baterai Macbook

Salah satu cara mudah mengetahui kesehatan baterai macbook di Mac Os adalah dengan cara cek cycle count baterai di macbook kalian.

Cycle count adalah sebagai indikator kesehatan baterai macbook apakah dalam keadaan normal yaitu baterai apakah perlu diganti atau tidak.

Cycle count dapat diketahui dari System Information di Macbook pada Power atau Daya.

Pada system informasi data dapat diketahui berapa jumlah cycle count baterai macbook yang telah kalian lakukan saat charger atau cas baterai.

Semakin sering melakukan charger baterai saat beterai kosong sampai teriisi penuh akan mempengaruhi nilai Cycle Count Baterry Macbook.

Semakin sering mengisi baterai maka nilai Cycle count akan semakin bertambah yang menandakan baterai harus diganti jika kemampuan pakai macbook berkurang nyata.

Baa juga :

Untuk mengetahui kesehatan baterai macbook dapat diketahui dengan mudah pada langkah dan cara cek cycle count macbook kalian berikut ini.

Cara Mengetahui dan Mengecek Kesehatan Baterai Macbook

1. Buka Klik Launchpad di Macbook pada Dock.

2. Setelah terbuka, kemudian ketikan pada Pencarian, System Information seperti gambar dibawah ini.

Cara mengetahui kesehatan baterai macbook dengan cara cek cycle count

3. Dan akan terbuka sistim informasi di Mackbook, kemudian Pilih Power atau Daya.

Cara engetahui dan cek kesehatan baterai macbook

4. Lihat pada Health Information pada bagian Cycle Count baterai dan Lihat keterangan Condition Normal atau Replace Soon

Setelleh baterai macbook di cek menunjukan angka  cycle count sebanyak 1210 kalli dan Kondisi baterai untuk segera diganti.

Satu kali Cycle baterai dihitung saat kalian mecharger baterai saat daya kosong dengan indiktor baterai berwarna merah dan terisi penuh 100 persen atau indikator berwarna hijau kemudian sampai kalian menchargernya kembali.

Meskipun kesehatan baterai pada kondisi angka Cycle dan Saran untuk segera mengganti baterai namun Daya tahan pemakaian normal masih bisa bertahan selama 7 sampai 8 jam dalam pemakaian normal yang sebelumnya mampu bertahan 10 jam saat kapasitas daya baterai masih baik.

Untuk mengganti baterai tergantung dari sampai seberapa lama macbook dapat hidup dan digunakan saat tidak di charger.

Baca juga :

Setelah kalian melakukan mengecek kondisi baterai mac maka tentunya kalian ingin baterai awet dan tahan lama dan hal yang harus dilakukan adalah merawat baterai dengan baik dan benar.

Cara Merawat Kesehatan Baterai Macbook Setelah Cek Cycle Count

1. Simpan Macbook jika digunakan di tempat yang sejuk tidak ditempat panas atau teralu dingin yang berepngaruh terhadap kondisi cell baterai.

2. Jika kalian menggunakan macbook di luar ruangan maka jauhkan dari cuaca panas atau terkena sinar matahari langsung. Jangan tinggalkan macbook di dalam mobil dalam keadaan AC tidak menyala.

3. Lakukan charger baterai dalam keadaan Macbook tidak menyala. Baterai yang di cas saat kodisi macbook digunakan menyebabkan baterai panas yang berpengaruh terhadap kondisi baterai. 

4. Jika terpaksa Macbook di cas sambil digunakan dalam kondisi darurat yaitu saat kalian masih membuka aplikasi tetapi baterai akan habis maka usahakan hanya untuk menutup aplikasi saja. 

5. Jika aplikasi sudah ditutup lepaskan charger kembali kemudian lakukan shutdown macbook jika sudah carger kembali macbook dalam keadaan mati.

Dengan merawat baterai macbook maka kalian dapat mengembalikan kembali kesehatan baterai menjadi awet dan tahan lama. 

Itulah cara mengecek kesehatan baterai di Macbook. Dengan mengetahui Cycle Power atau Daya baterai Macbook maka kalian mulai dapat merawat baterai dan melakukan persiapan mengganti baterai lama mengingat baterai original macbook lebih mahal dari baterai laptop biasa.