Tes baterai Laptop untuk mengetahui daya kapasitasnya

Kemampuan baterai laptop dapat diketahui dari kapasitas baterai saat di cas apakah masih dapat terisi penuh atau tidak. Jika masih dapat terisi penuh maka baterai masih dalam keadaan baik akan tetapi tidak ada salahnya kalian mengecek kemampuan baterai laptop kalian untuk mengetahui kemampuan dayanya jika memiliki masa pakai yang sudah lama.

Bagaimana cara mengetahui kapasitas baterai Laptop

Untuk mengetahui daya tahan baterai laptop di Windows 10 dapat diketahui dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan yaitu pada Baterry Report melalui Cmd atau Command Prompt.

Adapun informasi yang dapat diketahui melalui Baterry Report

  1. Nama laptop atau notebook yang digunakan, 
  2. Informasi baterai berupa nama dan pabrik pembuatnya,
  3. Jenis bahan yang digunakan.
  4. Design kapasitas dan jumlah kapasitas battery jika di cas penuh.
  5. Penggunaan terakhir yang menunjukan status daya menggunakan battery saja atau saat di cas pada persentase dan daya saat awal digunakan.
  6. Riwayat saat digunakan apakah pada sedang terisi penuh atau tidak yang ditunjukan dengan angka dengan satuan mWh.

Cara mengetahui daya tahan baterai laptop di Windows 10

  1. Tulisakan pada pencarian atau search, Cmd atau Command Prompt.
  2. Klik kiri pada pada aplikasi Command Prompt kemudian terbuka jendelanya Cmd dan tulih powercfg/batteryreport.
  3. Kemudian muncul tulisan dibawahnya Battery life report saved to file path C:\Users\Nama User kalian\battery-report.html. Yang menunjukan letak file battery report tersebut.
  4. Muncul tulisan C:\Users\Nama User kalian> dan selanjutnya ketikan battery-report.html sehingga menjadi C:\Users\Nama User kalian>battery-report.html dan tekan Enter.
  5. Atau kalian bisa masuk melalui jalur filenya dengan cara tekan Logo Windows + E pada keyboard dan Masuk pada File eksplorer Pilih Local Disk (C) > Pilih Users > Pilih nama user kalian > Pilih battery-report.html > Enter.
  6. Jangan lupa aktifkan koneksi internet untuk membuka file pada browser maka akan terbuka Baterry Report. 


Seberapa jauh kemampuan baterai laptop kalian dapat diketahui pada laporan Installated batteries jika Design Capacity dan Full Charge Capacity memiliki jika jumlah angka yang sama pada gambar diatas, menunjukan bahwa baterai masih 100 persen bagus untuk mencapai carge maksimal.

Dan jika pada kedua point tersebut terdapat perbedaan maka kapasitas baterai dapat diketahui selisihnya telah berkurang dan jika kapasitas baterai tersisa 60 sedang 50 persen maka bersiaplah untuk mengganti baterai yang baru. Pada laporan lainnya kalian dapat lihat rincian penggunaan baterai pada di laptop atau notebook lebih lanjut pada battery report.

Demikian cara cek kemampuan baterai pada laptop di Windows 10, Semoga bermanfaat.