Solusi baterai laptop tidak bisa terisi penuh 100 persen saat di cas / carger


Baterai laptop pada saat kondisi normal adalah dapat tersisi penuh 100 persen. Timbul pertanyaan yang terjadi pada sebuah laptop saya, mengapa  pengisian baterai tidak bisa penuh hanya mencapai 74 persen saja tidak mau naik level pengisiannya walaupun saya sudah lakukan carge lebih lama dari waktu normal saat terisi penuh yaitu sekitar dua jam dan indikator lampu tidak menunjukan perubahan menjadi warna biru saat baterai terisi penuh.

Tingkat penggunaan sangat berpengaruh terhadap umur dan kapasitas daya pada baterai. Untuk itu harus diketahui terlebih dahulu kapasitas baterai apakah masih sesuai dengan daya yang ada pada spesifikasi baterai ataukah memang sudah mengalami pengurangan kapasitas akibat pemakaian dan umur baterai yang sudah lama.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara mengecek kapasitas daya baterai pada Windows 10 dengan Baterai Report. Simak caranya ada pada artikel Cara cek kemampuan kapasitas daya baterai laptop dengan Battery Report.

Setelah saya melakukkan pengecekan pada battery report ternyata hasil Design capacity 30.096 mWh dan Full charge capacity 30.096 mWh,  hal tesebut menunjukan bahwa baterai masih dapat terisi sesuai dengan kapasitasnya dan baterai masih baik. Jika hasil angka menunjukan full charge capacity lebih kecil dari design capacity maka baterai telah mengalami penurunan dan memang baterai tidak dapat  tersisi karena kapasitasnya telah berkurang.

Bagaiamana cara mengatasi indikator baterai yang tidak bertambah saat di carger

Setelah saya ketahui kapasitas baterai masih baik dan tidak terjadi penurunan kapasitas selanjutnya saya melakukan pengecekan berikutnya yaitu dengan cara mencarger baterai saat laptop dinyalakan untuk mengetahui apakah level baterai bisa bertambah atau tidak.

Nyalakan laptop dengan level baterai maksimal yang telah saya cas tadi yaitu sekitar 74 persen kemudaian lakukan carger laptop dalam keadaan menyala, klik pada icon baterai dan seting Power mode (on battery) battery saver pada level minimal. 

Aktifkan mode sleep atau komputer untuk tidur dengan cara menekan tombol pada keyboard Fn + Z z (Mode sleep disesuaikan pada tombol laptop kalian masing-masing). Selanjunya saya cek level baterai setelah kurang lebih setelah 20 menit di cas dan hasilnya bertambah, kemudian lanjutkan lagi pengisian baterai dalam keadaan sleep dan hasilnya bertambah menjadi 81 persen dan maksimal hanya pada level tersebut.Dari hasil cek baterai tersebut di ketahui bahwa level pada indikator hanya mencapai 81 persen meskipun sebenarnya full capacity daya sudah penuh yaitu sebesar 30.096 mWh saat di cek menggunakan battery report.

Baca juga :

Cara menaikan level indikator baterai agar penuh menjadi 100 persen

Setelah saya mengetahui kondisi baterai normal dengan kapasitas daya full capacity masih maksimal maka langkah selanjutnya adalah nyalakan laptop atau notebook bisa sambil di gunakan sampai baterai habis dan laptop mati dengan sendirinya. Tapi ingat sebelum baterai habis dan latop mati tutuplah semua apilkasi yang di gunakan.

Selanjutnya saya cas laptop sampai terisi maksimal, dan jika charger sudah terasa dingin tetapi indikator lampu belum menunjukan baterai penuh maka hentikan pengecasan.

Kemudian saya menyalakan laptop dan mengecek level baterai pada tingkat berapa persen,  jika level sudah mulai naik maka habiskan baterai sampai laptop mati sendiri, kemudian cas kembali laptop dalam keadaan layar monitor di tutup dan jangan dibuka.

Dan hasilnya indikator lampu berubah menjadi warna biru yang menunjukan bahwa baterai telah terisi penuh kemudian saya nyalakan laptop dan level baterai sudah terisi menjadi 100 persen. Semoga tips sederhana ini bermanfaat, terima kasih.