Cara ganti jaringan 4G, 3G, 2G di HP Android untuk mengatasi susah sinyal

Cara mengganti jaringan 4G, 3G, 2G di HP android untuk mengatasi susah sinyal dan koneksi internet lemot sehingga sinyal penuh

Mengganti jaringan 4G, 3G atau 2G dengan memilih jaringan terkuat di HP Android adalah solusi mengatasi susah sinyal dimana kemampuan jangkauan jaringan seluler tidak dapat dijangkau oleh perangkat baik oleh handphone ataupun modem untuk menerima jaringan 4G, 3G ataupun 2G.

Mengapa jaringan 4G, 3G atau 2G masih menjadi prioritas sumber koneksi di HP untuk internet dan telepon. Hal ini disebabkan masih adanya daerah susah sinyal tidak terjangkau oleh jaringan seluler yang diterima oleh handphone meskipun di beberapa daerah dapat menerima jaringan 5G.

Tersedianya jaringan internet sekarang ini adalah menjadi kebutuhan terutama untuk komunikasi chatting seperti Whatsapp, Massanger, Belanja Online, Mobile banking, Browsing, Pembelajaran jarak jauh Daring dengan Zoom Meeting dan Google Meet, Sosial media membutuhkan jaringan internet yang stabil.

Koneksi internet 2G terhubung pada koneksi internet GPRS dan EDGE, pada jaringan 3,5 G pada HSPA, HSDPA, HSUPA, HSPA+,EVDO

Bagaimana dengan daerah yang susah sinyal internet untuk koneksi jaringan 3G dan 4G tentunya sedikit merepotkan dan menjengkelkan untuk dapat terhubung ke konkesi internet ataupun telepon.

Untuk dapat terhubung pada jaringan yang diinginkan adalah dengan mengatur jaringan terkuat atau memilih jaringan dengan lock sinyal 3G atau 4G agar saat terkoneksi ke internet menjadi stabil.

Walaupun sinyal yang di dapatkan tidak terlalu kuat akan tetapi tidak terjadi perpindahan sinyal sesuai dengan jaringan terkuat yang diterima di HP Android kalian.

Jika di daerah kalian susah sinyal internet 4G maka solusi susah sinyal internet adalah dengan cara mengganti jaringan 4G ke 3G di HP Android jika jaringan 4G lemah.

Jika lebih kuat maka dapat di switch pada sinyal dengan mengganti jaringan 3G ke 4G dengan setting LTE only atau EVDO only.

Untuk mengunci jaringan yang diinginkan agar koneksi internet stabil maka dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu

  • Pertama dengan menggunakan aplikasi android untuk switch atau mengunci jaringan seluler, 
  • Kedua dengan menekan kode khusus pada tombol HP Android dengan menekan *#*#4636#*#* papan dial HP android.
  • Pada beberapa tipe handphone memasukan kode ganti jaringan *#*#4636#*#* tidak dapat dilakukan maka solusi untuk mengubah jaringan internet agar stabil dengan menambahkan aplikasi 4G Only Network Mode di HP Android yang dapat di download di Play Store.

    Baca juga :

    Cara mengganti jaringan internet 4G, 3G atau 2G tanpa aplikasi.

    1. Buka handphone android kalian, Tekan pada papan dial *#*#4636#*#*.

    2. Terbuka pengaturan kemudian Pilih Informasi telepon scroll ke bawah dan pilih pada Setel jenis jaringan yang disukai dan sentuh pada bagian kotak berwarna merah.

    Cara mengganti jaringan 4G, 3G, 2G di HP android untuk mengatasi susah sinyal dan koneksi internet lemot sehingga sinyal penuh

    3. Kemudian pilih pengaturan jaringan yang akan di lock dan temukan pilihannya dengan scrool ke bawah.

    WCDMA preferred adalah untuk mengatur jaringan terkuat otomatis akan terhubung di handphone yaitu pada 2G, 3G atau 4G sesuai dengan kekuatan sinyal operator seluler di daerah kalian.

    GSM only untuk mengunci sinyal 2G saja dengan koneksi sambungan data GPRS dan EDGE.

    WCDMA only untuk memilih jaringan 3,5G saja dengan koneksi data internet pada HSPA, HSDPA, HSUPA, HSPA+, EVDO yang disesuaikan dengan jenis HP kalian dan operator seluler yang ada.

    LTE only mengubah ke jaringan 4G saja. Untuk mengunci koneksi sinyal 4G atau 3G secara otomatis akan memilih sinyal terkuat yang diterima pada HP android kalian.

    Pengaturan jaringan juga dapat dilakukan pada sinyal CDMA atau EVDO yang di sesuaikan dengan jenis handphone kalian.

    Jika menggunakan papan dial dengan memasukan kode ganti jaringan *#*#4636#*#* tidak dapat dilakukan maka kalian dapat menggunakan aplikasi android.

    Cara mengganti jaringan 3G ke 4G dengan aplikasi Android

    1. Download aplikasi di 4G Only Network Mode di Play Store.

    2. Buka aplikasi kemudian sentuh pada gambar pengaturan, kemudian akan terbuka Info Peralatan mulai dari IMEI, Phone Number, Signal Strength dan sebagianya.

    Cara mengganti jaringan sinyal 4G, 3G, 2G di HP android untuk mengatasi susah sinyal dan koneksi internet lemot sehingga sinyal penuh

    3. Untuk memilih jaringan pada pengaturan HP klik pada bagian Set Preferred Network Type dan sentuh tanda panah ke bawah. Cara memilih pengaturan sama dengan menggunakan cara pertama dengan menekan kode pada papan dial.

    4. Terbuka pengaturan sinyal yang bisa kalian pilih kemudian pilih LTE only untuk ganti jaringan ke 4G saja.

    Pilihan setting lainnya adalah :

    • Pilih WCDMA preferred untuk mengunci jaringan otomatis terkuat yang di terima pada handphone pada sinyal 4G. 3G atau 2G, 
    • Pilih LTE only untuk mengganti jaringan ke 4G saja, 
    • Pilih WCDMA only untuk mengunci jaringan pada 3,5G saja.
    • Pilih LTE/WCDMA, pilih pengaturan ini jika menginginkan pada penerimaan sinyal pada jaringan 3G atau 4G dan berganti secara otomatis pada jaringan internet terbaik di handphone kalian.

    Menambahkan aplikasi 4G Only Network Mode dapat dilakukan untuk merubah jaringan dari 3G ke 4G di HP Samsung.

    Jika kalian ingin menghemat baterai dan tidak menginkan jaringan hanya untuk telepon atau SMS saja maka sebaiknya di setel pada 2G only.

    Dengan mengganti atau merubah jaringan yang sesuai dengan kekuatan sinyal yang baik adalah untuk mengatasi sinyal yang tidak stabil sehingga koneksi internet menjadi lebih lancar.

    Semoga bermanfaat.