Memahami masalah indeks karena error server 5xx

Tujuan dari inspeksi URL adalah untuk mengetahui apakah URL artikel dapat dikenali oleh google atau tidak.

Jika google dapat mendeteksi keberadaan url maka proses pengindeksan bisa dilakukan tetapi jika url tidak tersedia maka indeks artikel akan gagal sebab google tidak menemukannya.

Salah satu tanda artikel tidak dapat diindeks adalah munculnya peringatan saat minta indeks yaitu Permintaan pengindeksan di tolak seperti pada gambar di bawah ini.


Live URL Test

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan Uji URL langsung atau Live URL Test untuk mengetahui penyebabnya.

Dari uji url langsung dapat diketahui ternyata bahwa URL tidak tersedia untuk Google dengan keterangan Ketersediaan Error server (5xx).

Ketersediaan Error server (5xx) artinya google tidak dapat menemukan url tersebut karena adanya error server. Error server dapat terjadi karena adanya gangguan atau masalah pada server browser, host atau juga pada aplikasi browser pada laptop atau komputer.

Cara Mengatasi Error Server 5xx saat Minta Pengindeksan

Untuk mengetahui error yang dapat disebabkan oleh error server host atau error server browser, maka lakukan penegecekan pada keduanya dengan cara berikut ini.

1. Menguji URL Langsung Di Google Search Console

Hal pertama yang harus dilakukan adalah coba lakukan uji url langsung pada url lainnya, apakah terjadi error server 5xx juga atau tidak dan jika terjadi error juga maka kemungkinan memang sedang terjadi error server.

Baca juga :

2. Mengecek Statistik Perayapan

Langkah kedua adalah buka dashboard blogger kemudian pilih pada Setelan / Setting dan buka Statistik perayapan kemudian buka laporan. Pada laporan dan terdapat ceklist warna hijau Host tidak mengalami masalah dalam 90 hari terakhir.

Maka dapat di simpulkan bahwa tidak terjadi gangguan server artinya server error kemungkinan hanya bersifat sementara pada saat uji url langsung sehingga google tidak dapat mengenali atau menemukan url yang kalian minta untuk di indeks.

3. Cek Update Browser Yang Digunakan

Langkah ketiga adalah coba gunakan browser lain untuk menguji url tersebut dan jika hasilnya error server juga maka tunggulah sampai 24 jam berikutnya untuk uji url kembali dan jika kondisi server sudah normal maka permintaaan indeks dapat dilakukan kembali.

Jika saat menggunakan browser lainnya ternyata tidak terjadi error maka browser yang digunakan sebelumnya terjadi masalah. Adapun langkah yang harus ditempuh adalah bersihkan cache, periksa update apakah sudah menggunakan versi terbaru, jika belum maka lakukan update.

4. Lakukan Test URL Kembali Setelah 24 jam

Setelah menunggu 24 jam maka coba lakukan pengecekan kembali dengan dengan Uji URL langsung di Google Search Console.

Buka dashboard search console kemudian pilih Url inspeksi selanjutnya masukan Url artikel yang akan diindex tersebut. Saat inspeksi Url menunjukan tidak adanya pesan error server maka selanjutnya dapat dilakukan Uji URL langsung, kemudian muncul pesan URL tersedia untuk google maka lakukan Minta Pengindeksan.

Selanjutnya tunggu beberapa waktu apakah Url langsung dapat terindex di Google atau tidak jika dapat ketahui pada laporan cakupan di console dengan Status Valid maka Url tersebut telah dimasukan pada index Google.

Dan jika laporan cakupan menunjukan Ditemukan - saat ini tidak diindeks maka artikel tersebut tidak tersedia di index google dan google bot akan mengcrwal ulang Url tersebut serta nantinya bisa diindex atau tidak akan muncul pada laporan cakupan pengindexan.

Jika Dicrawl - Saat ini tidak diindeks menunjukan bahwa Googlebot telah mengcrawl Url artikel tersebut tetapi tidak memasukannya pada indeks di pencarian google.

Demikian tips sederhana yang dapat dilakukan jika tertapat pesan URL tidak tersedia di google dengan keterangan ketersediaan error server.