Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan Pada Windows 10

Inilah cara screenshot di laptop tanpa aplikasi tambahan pada Windows 10.

Screenshot adalah merekam layar yang menghasilkan gambar yang bersifat statis atau tidak bergerak.

Di beberapa perangkat format gambar yang dihasilkan dapat berbentuk PNG atau JPG tergantung dari perangkat yang di gunakan.

Screenshot juga dapat digunakan pada laptop dan smartphone dan sebagai alternatif menyimpan gambar tanpa harus mendownload.

Screenshot sangat di butuhkan terutama bagi para kreator konten seperti tutorial di blog, membuat video Youtube dan juga untuk bahan presentasi bagi seminar.

Bagi para blogger menyertakan gambar pada artikel tutorial dari hasil screenshot sangat berguna untuk mempermudah penjelasan bagi pengunjung blog.

Buat kalian yang ingin mengambil gambar saat Zoom dapat melakukan screenshots zoom di laptop tanpa aplikasi tambahan.

Cara Screenshot Di Laptop Dan PC Windows

Setiap laptop sudah dibekali kemampuan screenshot yang menghasilkan gambar yang cukup bagus dan solusi bagi kalian yang ingin mengambil gambar dilayar desktop.

Pada setiap laptop dan PC Windows cara untuk melakukan screenshot terkadang agak berbeda seperti pada Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan Windows 11.

Meskipun demikian kalian dapat memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan perangkat laptop atau PC Windows yang digunakan.

Beberapa alternatif dapat di lakukan dengan menekan beberapa fungsi tombol dan cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan tombol PrtSc pada keyboard laptop, kemudian di paste pada aplikasi Paint bawaan windows.

PrtSc adalah singkatan dari Print Screen yaitu merekam layar aktif.

Baca Juga :

Cara screenshot di Macbook

Cara screen recorder atau merekam layar di Mac

Cara memindahkan data file dari laptop ke flashdisk

Cara lainnnya dapat menggunakan kombinasi shortcut screenshot di laptop windows selain menggunakan PrtSc pada laptop Windows adalah dengan menggunakan Snipping tool dan Snip and sketch.

Untuk lebih lengkapnya inilah cara screenshoot di laptop windows tanpa aplikasi tambahan berikut ini.

Cara Screenshot Di Laptop Windows 10

Cara Screenshot Di Laptop Windows Tanpa Aplikasi Tambahan yang pertama adalah dengan menggunakan PrintScreen atau PrtSc.

Cara Screenshot Di Laptop Dengan PrintScreen

1. Buka tampilan layar yang akan di screenshot.

2. Selanjutnya Tekan tombol PrtSc pada keyboard.

Cara screen screenshoot di laptop windows 10 tanpa aplikasi tambahan,

3. Buka aplikasi Paint 3D, dengan cara Ketikan Paint 3D pada pencarian di taskbar > kemudian Klik pada Icon Paint 3D.

4. Terbuka layar Paint 3D > kemudian Pilih New.

Cara screen screenshoot di laptop windows 10 tanpa aplikasi tambahan

5. Tekan tombol Ctrl + V dan keluar gambar hasil screenshot > kemudian klik kiri pada mouse untuk menghilangkan garis pada gambar > Pilih Menu > Save as > Pilih Images dan Klik kiri.

Cara screen screenshoot di laptop windows 10 tanpa aplikasi tambahan

6. Jika kalian ingin mengambil gambar pada fokus tertentu, sebelum gambar di simpan dapat di lakukan crop atau memotong gambar dengan cara menekan tombol Crop pada Menu Crop. Jika kalian tidak ingin melakukan crop maka lewati langkah ini.

6. Langkah selanjutnya, Kemudian terbuka menu file, Pilih Picture > Tuliskan nama filenya > Save.

7. File bisa disimpan pada folder pilihan kalian dengan meletakan kursor pada folder yang dituju kemudian klik kiri dua kali dan terbuka foldernya kemudian Save.

8. Jika kalian akan menyimpan gambar screenshot baru lainnya, lakukan screenshot pada layar laptop kalian, kemudian lakukan langkah dibawah ini.

9. Pada aplikasi Paint 3D Pilih Menu New > Tampil gambar seperti dibawah ini.

10. Selanjutnya Pilih Don't save, kemudian Paste gambar yang telah di screenshot dengan cara Tekan tombol Ctrl + V di keyboard dan ulangi seperti langkah diatas.

Cara screen screenshoot di laptop windows 10 tanpa aplikasi tambahan

Langkah selanjutnya adalah cara SS di laptop windows 10 dengan menggunakan Snipping tool.

Cara Screenshot Di Laptop Windows Dengan Snipping Tool

Untuk mengaktifkan Snipping tool di Windows 10 dengan cara tuliskan Snipping Tool pada kotak pencarian di taskbar.

Setelah mengetahui dimana letak snipping tool, maka langkah selanjutnya adalah kalian dapat melakukkan screenshoot dengan cara berikut ini.

Buka layar laptop kalian yang akan di screenhot.

Setelah itu ketikan Snipping Tool pada kolom pencarian. Kemudian akan terbuka Options Snipping tool untuk melakukan screenshot.

Options Screenshot Snipping Tool

Pilih Mode Snip untuk mengambil ss dilaptop kalian yaitu

1. Free-from Snip

Untuk mengambil screenshot secara bebas dengan memilih area screenshot. Gunakan mouse atau trackpad untuk memilih area layar yang akan diambil Ssnya.

2. Rectangular Snip

Untuk mengambil tangkapan layar dengan bentuk screenshot kotak akan muncul garis sperti kotak crop. Selanjutnya arahkan pada layar yang akan di ambil screenshotnya.

3. Windows Snip

Untuk mengambil screenshot pada tangkapan layar di jendela aktif pada layar laptop dan akan terbentuk garis warna merah dibagian tepinya. Klik kiri dengan mouse untuk melakukan screenshot.

4. Full-Screen Snip

Pilih Full Screen Snip untuk membuat tangkapan layar screenshot dan gambar SS akan langsung terbentuk pada tampilan di Snipping tool.

Setelah hasil screenshot muncul pada layar sniping tool kemudian pilih icon Save untuk menyimpan hasil SSnya.

Selanjutnya Tuliskan nama filenya dan tentukan tempat folder penyimpanannya. Penyimpanan hasil screenshot secara default ada pada Folder Picture.

Untuk membuat screenshot yang baru lagi maka pilih New.

Jika kalian ingin mengedit hasil screenshot maka pilih icon Paint 3D di pojok kanan atas kemudian edit menggunakan Paint 3D. Setelah selesai kalian tinggal simpan ke laptop atau PC kalian.

Setelah kalian dapat melakukan screenshot dengan menggunakan Snipping tool maka langkah selanjutnya adalah mengambil screenshot dengan menggunakan Snip & Sketch.

Cara Screenshot Di Laptop Windows Dengan Snip And Sketch

Untuk membuat screenshot dengan snip and sketch maka tekan shortcut tombol Windows + Shift + S.

Setelah itu akan muncul options snip sketch dibagian atas layar, pilih option tersebut apakah kalian ingin melakukan screenshot dengan cara memilih bagian tertentu saja dengan cara crop, mengambil screenshot secara bebas, atau mengambil screenshot pada layar penuh.

Setelah kalian memilih salah satu option screenshot pada snipe and sketch. Selanjutnya akan muncul tangkapan layar hasil screenshot menggunakan Snip and Sketch pada kotak notifikasi di taskbar.

Klik gambar hasil screenshot tersebut, kemudian akan terbuka gambar screenshot pada kotak dialog snip and sketch.

Untuk menyimpan hasil screenschot pilih icon Save, kemudian tulis nama filenya dan tentukan tempat folder penyimpanannya kemudian Save.

Sebelum kalian menyimpan SSnya maka kalian dapat mengedit dengan memotong atau crop screenshot.

Pilih icon Crop, kemudian seret dengan menggunakan mouse atau trackpad pada bagian yang akan di Crop tersebut.

Cara screenshot di laptop dengan PrintScreen, Snipping Tool dan Snip and Sketch pada Windows 10 adalah cara yang paling mudah untuk digunakan,

Dengan menggunakan cara tersebut maka kalian dapat langsung mengeditnya jika kalian ingin memotong bagian screenshot atau mengedit hasil secreenshot lainnya serta dapat mencetak atau Print screenshot tersebut tanpa harus menutupnya telebih dahulu.

Setelah kalian mengetahui cara screenshoot di laptop windows 10 maka kalian dapat memilih cara tersebut untuk membuat screenshot di laptop kalian.

Demikian cara sreenshoot pada laptop windows 10 tanpa menggunakan aplikasi tambahan yang dapat dilakukan dengan mudah.