Beginilah cara memindahkan data file dari laptop ke flashdisk atau sebaliknya

Cara memindahkan data file foto, musik dari laptop ke flashdisk dan dari flashdisk ke laptop, cara memindahkan file ke flashdisk, memindahkan file dari laptop ke flashisk

Inilah panduan dan tips cara memindahkan data atau file ke flashdisk. Cara memindahkan data dari laptop ke flashdisk yang berupa file dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu copy, cut dan send to ke flashdisk.

Memindahkan file dari laptop ke flashdisk adalah cara untuk menghemat penyimpanan internal atau hardisk sehingga laptop tidak lemot.

Banyak orang menggunakan flashdisk atau disebut juga dengan flash drive karena bentuknya yang kecil terasa lebih praktis, ringan, tidak memuat banyak tempat.

Fungsi flashdisk adalah untuk menyimpan data penting dari berbagai jenis document berupa file pdf atau doc pada Microsoft Word, video dengan format MP4, MP3 untuk musik, gambar dalam format JPEG, PNG atau Webp.

Alasan untuk memindahkan file ke flashdisk adalah kalian ingin menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai di tempat kerja, kantor atau tempat kuliah untuk dilanjutkan di rumah.

Baca juga : Memindahkan File dari Android ke Mac

Setelah mengetahui Cara Memasang dan Melepas Flashdisk di Laptop, selanjutnya kalian ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan flashdisk untuk pindahkan file.

Simak langkah-langkahnya lebih lanjut yaitu bagaimana cara memindahkan data di laptop Windows ke flashdisk.

Cara Memindahkan Data File dari Laptop ke Flashdisk

Cara pindahkan file ke flashdisk adalah dengan Mentransfer data file dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini yaitu pertama memindahkan file dari laptop ke flashdisk dengan cara Copy dan Paste.

Cara pertama, Memindahkan file dengan Copy dan Paste

Copy paste adalah cara memindahkan file ke flashdisk dengan menyalin file yang ada, sehingga file asli tidak akan hilang dan tetap utuh pada folder penyimpanan di laptop atau PC.

1. Colokan atau pasang flashdisk pada port USB drive yang disesuaikan dengan jenis flashdisknya.

Flash USB drive di laptop yaitu terdapat port USB 2.0 yang ditandai dengan warna putih pada port laptop sedangkan USB 3.0 yang ditandai dengan warna biru.

2. Saat flashdisk dipasang di laptop maka akan muncul notifikasi bahwa kalian telah memasukan flashdisk yang menandakan bahwa flashdisk telah terhubung ke laptop.

3. Buka File Explorer pada laptop windows dengan cara Klik Icon Windows pada Taskbar kemudian Pilih Documents, atau dengan menekan tombol keyboard Win + E, bisa juga dengan ketikan File Explorer pada kolom pencarian di taskbar.

4. Selanjutnya terbuka file pada laptop atau pc kalian, cari folder dan nama filenya, lalu arahkan kursor pada nama file tersebut.

5. Kemudian klik kanan pada mouse, dan akan terbuka pilihan menu selanjutnya arahkan kursor ke bawah lalu pilih dan klik Copy.

Cara memindahkan data file dari laptop ke flashdisk, cara memindahkan file ke flashdisk, memindahkan file dengan cara copy paste, cut, send to di laptop windows

5. Jika sudah arahkan kursor ke Drive (D:) dengan merk atau nama flashdisk. Jika ingin disimpan pada sebuah folder maka buatlah terlebih dahulu.

6. Jika sudah arahkan kursor pada folder kemudian klik Kanan pada mouse atau ketuk pada touchpad dengan menggunakan dua jari, selanjutnya Pilih Paste. Tunggu proses pemindahan file sampai selesai.

Melangkah pada cara yang kedua yaitu cara memindahkan file ke flashdisk dengan Cut dan Paste di Windows.

Cara kedua, Memindahkan file dengan Cut dan Paste

Memindahkan file ke flashdisk dengan perintah Cut, maka secara otomatis data akan berpindah ke folder flashdisk dan tidak tersalin di folder penyimpanan laptop.

Jadi disini kalian tidak perlu untuk menghapus file saat tidak memerlukanya lagi dilaptop terutama saat ingin mengurangi memori di laptop yang sudah penuh.

Cara pindahkan file dari laptop ke flashdisk dengan metode cut - paste sangat mudah.

1. Buka File Explorer, kemudian arahkan kursor ke nama file tersebut, selanjutnya klik kanan pada mouse atau ketuk pada touchpad dengan dua jari, lalu Pilih Cut.

2. Arahkan kursor pada folder di Flashdisk selanjutnya klik Kanan dan Pilih Paste.

3. Tunggu Proses pemindahan data pada file sampai selesai.

Cara ketiga, Memindahkan file ke flashdisk dengan Send to

Send to adalah cara memindahkan data file ke flashdisk tanpa mengarahkannya ke sebuah folder pada flashdisk.

1. Plih nama file pada Laptop kemudian klik kanan dan Pilih Send to.

2. Arahkan dan pilih pada nama flashdisk kalian kemudian Enter atau Oke, tunggu sampai selesai prosesnya.

Untuk memindahkan berbagai jenis file, Pdf, MS Word, MS Excel, gambar, foto atau musik dari flashdisk ke laptop dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti metode di atas yaitu menyimpan file ke flashdisk di laptop.

Pilih salah satu metode memindahkan data yang paling mudah menurut kalian dengan menggunakan copy-paste, cut-paste dan send to.

Dengan memidahkan data file ke flashdisk maka akan mengurangi penyimpanan hardisk di PC atau memori di laptop menjadi lebih lega, sehingga laptop tidak lambat karena memori penuh.