Membuat Bayangan Tulisan / Shadow Font di Photoshop

cara membuat bayangan tulisan di photoshop, cara membuat shadow font di photoshop, cara membuat tulisan berbayang shadow text  photoshop dengan drop shadow photoshop

Inlah cara membuat bayangan tulisan atau shadow font di photoshop yang akan Milsmilo Blog berikan panduan tutorialnya sekarang.

Membuat bayangan pada tulisan adalah sering dilakukan saat membuat teks di photoshop sehingga tulisan menjadi lebih menarik.

Membuat shadow font atau membuat teks berbayang merupakan teknik memberi efek shadow pada tulisan sehingga tulisan terlihat seperti memiliki bayangan.

Bagaimana Cara Membuat Bayangan Tulisan di Photoshop

Cara untuk membuat bayangan tulisan dengan memberi efek shadow font dapat dilakukan dengan menggunakan efek drop shadow di photoshop.

Meskipun ada cara lainnya namun membuat shadow font dengan efek drop shadow lebih cepat  dan mudah.

Cara membuat shadow font atau shadow text di adobe photoshop melalui pengaturan layer, yaitu menggunakan layer style drop shadow.

Membuat efek drop shodow pada tulisan atau font dapat melalui panel melalui blending options, serta dapat melalui menu layer kemudian memilih style layer drop shadow.

Dengan menggunakan drop shadow pada adobe photoshop maka kalian dapat mengatur efek bayangan dan memberi warna bayangan serta mengatur jarak bayangan dengan tulisan.

Selain itu kalian juga dapat membuat bayangan tulisan menjadi lebih lebar dengan mengatur size drop shadow, menentukan tingkat transparansi bayangan pada opacity, mengatur penyebaran bayangan dan kehalusan bayangan pada noise drop shadow.

Cara Membuat bayangan tulisan / Shadow Font di Photoshop

Inilah langkah-langkah cara membuat shadow font atau tulisan berbayang di photoshop.

Langkah 1. Buat File / Project Baru

1. Buka Photoshop, Buat project file baru, pilih menu File lalu pilih New atau tekan Command + N (MacOs) atau Ctrl + N (Windows).

2. Buat nama file, kemudian tentukan ukuran kavas pada width dan height.

cara membuat bayangan tulisan di photoshop, cara membuat shadow font di photoshop, cara membuat tulisan berbayang shadow text  photoshop dengan drop shadow photoshop

3. Atur resolusi, color mode, dan background kemudian pilih Create.

Langkah 2. Membuat Teks atau Tulisan

1. Buat layer baru, pilih Layer > New > Layer atau tekan Shift + Command + N (macos) atau Shift + Ctrl + N (windows).

2. Selanjutnya pilih Text tool, lalu atur tulisan dengan menentukan jenis font, ukuran font, warna font, jarak font.

cara membuat bayangan tulisan di photoshop, cara membuat shadow font di photoshop, cara membuat tulisan berbayang shadow text  photoshop dengan drop shadow photoshop

3. Sebagai contoh saya menggunakan font arial black, ukuran font 68 pt, jarak antar font 60, warna font ungu atau sesuaikan dengan teks atau tulisan yang akan kalian buat.

Setelah mengatur teks maka sebagai contoh saya akan membuat tulisan Shadow Text

Baca juga : Cara menambah dan menghapus layer di photoshop

Langkah 3. Membuat Bayangan Tulisan / Shadow Font dengan Drop Shadow

Setelah tulisan dibuat maka langkah selanjutnya adalah membuat bayangan tulisan.

1. Pilih menu Layer, kemudian pilih Layer Style, lalu pilih Drop Shadow.

2. Atau arahkan kursor pada layer pada panel layer, kemudian klik kanan lalu pilih Bending Options dan pilih Drop Shadow.

3. Atau melalui optios panel layer, klik icon fx kemudian pilih Drop Shadow.

4. Selanjutnya atur bayangan tulisan menggunakan drop shadow pada Blending mode, Opacity, Angle, Distance, Spread, Size, Countour, Anti aliaxed, Noise.

5. Bebagai contoh saya mengatur drop shadow untuk membuat bayangan tulisan sebagai berikut.

cara membuat bayangan tulisan di photoshop, cara membuat shadow font di photoshop, cara membuat tulisan berbayang shadow text  photoshop dengan drop shadow photoshop

  • Blending mode : Multyplay
  • Opacity : 100%
  • Angle : 180
  • Use global light : Yes
  • Distance : 11 px
  • Size : 0
  • Spread : 0
  • Countour : Sesuaikan
  • Anti aliaxed : Yes
  • Noise : 0

6. Hasil membuat bayangan tulisan atau shadow font adalah seperti dibawah ini.

cara membuat bayangan tulisan di photoshop, cara membuat shadow font di photoshop, cara membuat tulisan berbayang shadow text  photoshop dengan drop shadow photoshop

Langkah 4. Mengatur Drop Shadow Bayangan Tulisan

Untuk membuat bayangan tulisan di photoshop maka kalian dapat menyesuaikan efek bayangan pada tulisan atau dengan mengatur Drop Shadow pada photoshop berikut ini.

Blending Mode

Blending mode untuk mengatur efek bayangan pada tulisan atau teks, blending mode multiplay dan linear burn memberikan efek lebih gelap pada bayangan.

Color

Color untuk mengatur warna bayangan tulisan yang dibuat dengan memilih warna pada color bar atau masukan kode warna yang akan dijadikan shadow font.

Opacity

Opacity untuk mengatur tingkat transparansi bayangan tulisan, sehingga kalian dapat mengatur dan memberikan efek bayangan yang lebih menonjol atau tidak.

Angle

Angle untuk mengatur sudut bayangan atau shadow berasal sehingga memberikan efek bayangan yang sesuai dengan desain teks.

Arahkan kursor pada Angle, kemudian klik tahan dan putar pada angle atau tulis besarnya angka pada angle.

Use global light

Use global light untuk mengatur setiap perubahan pada sudut bayangan, mengaktifkan use global light akan memberikan efek yang lebih terlihat saat menggunakan efek bevel and emboss.

Distance

Distance untuk mengatur jarak bayangan atau shadow. Disini kalian dapat mengatur seberapa jauh bayangan tulisan yang akan di buat.

Geser slider pada distance ke kanan untul menambah jarak bayangan dan geser ke kiri untuk mengurangi jarak bayangan dengan dengan tulisan.

Size

Size adalah untuk mengatur ukuran bayangan, geser pada slider untuk menambah size akan membuat bayangan semakin lebar dari objek tulisan.

Spread

Spread digunakan untuk mengatur penyebaran bayangan, menambah spread akan memberikan efek lebih gelap pada bayangan yang tersebar.

Contour

Contour digunakan untuk mengatur efek bayangan drop shadow pada tulisan, terdapat pilihan contour yang dapat kalian sesuaikan dan atur titik jatuhnya bayangan dan sangat membatu saat menggunakan bevel and emboss.

Anti-Aliaxed

Anti aliaxed untuk meningkatkan kualitas bayangan. Disarankan untuk mencetang anti aliaxed.

Noise

Noise digunakan untuk mengatur kehalusan bayangan, menambah noise akan memberikan efek bayangan seperti berpasir, menyerupai tanah atau seperti beton.

Langkah 5. Menyimpan File atau Project Bayangan Tulisan / Shadow Teks

1. Pilih menu File > Save as.

2. Tentukan Folder penyimpanan dan tulis nama filenya, lalu Save.

3. Untuk menyimpan di laptop atau pc, pilih Export > Quick export png atau Export as.

4. Tentukan tempat penyimpanan, jenis file dan tulis nama file atau ptoject kemudian. Save.

Setelah mengatuhi pengaturan efek bayangan menggunakan Drop Shadow photoshop maka kalian dapat mencoba efek bayangan tulisan sendiri dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian saat membuat shadow font di photoshop.

Jangan bosan untuk mencoba membuat bayangan tulisan di photoshop sampai kalian dapat menemukan shadow font atau tulisan yang paling sesuai dengan desain text photoshop kalian.