Cara Mengatasi Iklan Adsense Blank Tidak Muncul

Cara mengatasi iklan adsense blank, iklan adsense tidak muncul atau tidak tampil di blog atau website

Inlah cara mengatasi iklan adsense blank dan tidak muncul yang akan Milsmilo Blog berikan tipsnya bagaimana cara mengatasi iklan adsense blank dengan warna putih, iklan google adsense tidak muncul atau tidak tampil pada postingan agar dapat muncul kembali.

Sebagai publisher yang menampilkan iklan google adsense di blog dan wesbite, kemudian menemukan iklan adsense tidak tampil adalah sebuah masalah yang harus diperbaiki agar penghasilan blog meningkat.

Kenapa Iklan Adsense Tidak Muncul Di Blog

Inilah masalah yang sering dihadapai saat iklan adsense blank atau tidak tampil.

  1. Iklan adsense tidak muncul pada semua halaman.
  2. Iklan adsense hanya muncul sebaaian dalam sebuah halaman.
  3. Iklan adsenseb blank atau tidak muncul pada sebagian halaman.
  4. Iklan adsense tidak muncul di sidebar atau pada related post.

Dari ketiga katagori tidak munculnya iklan adsense maka inilah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah iklan adsense yang tidak muncul di blog dan website sebgai berikut.

Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul Di Website

Inilah hal yang dapat dilakukan secara umum dan mudah untuk mengatasi iklan adsense tidak muncul di website.

1. Periksa Ads Block Di Browser

Periksa apakah ads block atau pemblokir iklan diaktifkan pada browser.

Mengkaktifkan ads block adalah salah satu penyebab pertama iklan adsense tidak muncul di blog dan website.

Jika iklan adsense tidak muncul semua pada setiap halaman blog atau website, maka kemungkinan terbesar pertama adalah ads blok telah diaktifkan. Cara untuk mengatasinya adalah buka atau non aktifkan ads block di brower kalian.

Setelah cara mengatasi pertama dengan mengecek ads block di browser dan telah menonaktifkan ads block tidak berhasil dan iklan tetap tidak muncul maka masuk pada langkah kedua berikut ini.

2. Cek Kode Unit Iklan Adsense

Memasang kode iklan yang salah dapat menyebabkan iklan adsense tidak tampil di semua halaman.

Cara mengatasinya adalah cek kembali kode unit iklan yang telah dibuat dan dipasang di blog. Jika kode iklan tidak sesuai dapat menyebabkan iklan adsense tidak tampil. Kode iklan yang tidak lengkap adalah faktor pertama yang dapat menyebabkannya.

Untuk memasang kode iklan adsense di blog agar tidak terjadi kesalahan adalah menyalin langsung kode dengan secara langsung saat membuat unit iklan adsense lalu memasangnya di blog atau website.

Jika kode iklan yang dipastekan atau disimpan pada tempat lain, maka harus disimpan dalam format txt dengan menggunakan text editor seperti Notepad, Atom, TextEdit di laptop atau macbook.

Jika kalian menyimpannya kode iklan adsense pada aplikasi telah mengandung format text seperti MS Word, Pages atau aplikasi yang lainya maka lakukan Parse terlebih dahulu agar format text tidak masuk dalam kode iklan adsense sehingga menyebabkan iklan tidak tampil atau blank.

Caranya adalah pastekan dan simpan kode tersebut dalam bentuk format txt pada aplikasi edit text di laptop seperti notepad, atom, textedit atau colornote di HP android.

3. Memasukan Kode Adsense Yang benar

Cara lain untuk mendapatkan kode iklan adsene yang benar kembali adalah melalui dashboard adsense berikut ini.

Pilih menu Iklan > pilih Menurut Unit Iklan. Pada bagian bawah terdapat daftar Unit iklan yang ada yaitu unit iklan yang telah dibuat.

Pilih nama unit iklannya, kemudian Klik tanda < > untuk Dapatkan Kode.

Selanjutnya akan terbuka kode iklan adsense. Klik salin kode, kemudian pilih Selesai.

Ganti kode iklan lama pada penempatan iklan adsense di blog atau wesbite dengan cara Pastekan kode iklan tersebut pada tempat dimana iklan tersebut tidak tampil melalui pengaturan pada tata letak di blog dan website kalian.

4. Periksa Kebijakan Google Adsense

Pelanggaran terhadap kebijakan google adsense dapat menyebabkan iklan tidak muncul.

Cara untuk mengatasi iklan adsense tidak muncul adalah dengan mengecek apakah blog atau website melakukan pelanggaran terhadap kebijakan google adsense atau tidak dengan cara berikut ini.

Buka dashboard adsense kemudian pilih Pusat Kebijakan. Kemudian akan muncul pesan seperti dibawah ini yaitu Tidak ada masalah saat ini yang menandakan bahwa iklan dapat tampil dan muncul di blog atau website.

Cara mengatasi iklan adsense blank, iklan adsense tidak muncul atau tidak tampil di blog atau website

Jika terjadi pelanggaran kebijakan adsense maka iklan dapat tidak muncul atau tampilan iklan dibatasi, sehingga kalian harus memperbaiki masalah tersebut dahulu agar iklan dapat tampil kembali.

5. Periksa dan Buat Ads txt

Memperbaiki masalah ads txt agar iklan dapat muncul telah di jelaskan pada pembahasan sebelumnya pada cara mengatasi penghasilan berisiko pada ads txt.

Dari ketiga cara untuk mengatasi iklan adsense tidak muncul atau tampil di blog atau wesbite dengan mengecek ads block di browser, memasang kode iklan google adsense dengan benar, dan mengecek pada pusat kebijakan adsense maka iklan adsene masih dapat muncul.

Cara Mengatasi Iklan Adsense Muncul Sebagian Dalam Halaman

Apa penyebab iklan adsense blank dengan warna putih atau tidak muncul pada beberapa halaman blog dan website, atau iklan hanya muncul sebagian pada sebuah halaman, iklan tidak muncul di sidebar atau didalam postingan.

Kenali penyebab iklan adsense tidak muncul dalam sebuah halaman yaitu saat iklan thanya muncul sebagian atau beberapa iklan lainnya tidak muncul maka kalian dapat melakukan cara berikut ini.

Mengganti Ukuran Iklan

Ukuran iklan yang tidak sesuai dengan tata letak halaman menyebabkan iklan adsense tidak tampiil yaitu muncul blank dengan warna putih.

Hal ini dapat disebabkan ukuran iklan yang dibuat lebih besar dari lebar template pada postingan terutama saat kalian menentukan ukuran iklan dalam ukuran tetap.

Cara untuk mengatasinya adalah menyesuaikan ukuran iklan dengan lebar halaman agar tidak melebihi lebar ukuran halaman.

Gunakan ukuran iklan responsive sehingga dapat menyesuaikan pada tata letak pada template yang digunakan dan juga pada tampilan iklan di browser pada perangkat yang digunakan sehingga iklan adsense tidak blank.

Cara untuk mengganti ukuran iklan adsense dapat dilakukan dengan cara berikut,

Mengganti Ukuran Iklan Adsense

Buka dashboard adsense kemudian pilih menu Iklan > pilih Menurut Unit iklan.

Pilih nama unit iklan dibagian bawah kemudian Klik tanda pensil atau Edit.

Ganti ukuran iklan menjadi responsive atau ubah ukuran tetap yang sesuai dengan tata letak template di blog atau website kalian.

Memasang Iklan Unit Iklan Berbeda Dalam Satu Halaman

Memasang beberapa unit iklan yang sama dalam sebuah halaman di blog atau website dapat juga menyebabkan iklan tidak mancul atau blank meskipun itu jarang terjadi, solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah pasang kode iklan yang berbeda dalam satu halaman postingan.

Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul Di Sidebar

Sidebar adalah tempat yang strategis untuk meletakan iklan. Ukuran leabr sidebar kecil maka ukuran iklan yang dipasang harus disesuaikan.

Buat ukuran yang sesuai dengan lebar sidebar pada tampilan blog atau website kalian.

Menggunakan ukuran responsive adalah cara mengatasi iklan adsense yang tidak muncul di sidebar.

Untuk mengubah atau mengganti ukuran iklan adsense dapat dilakukan melalui edit pada unit iklan yang telah dibuat.

Cara Mengatasi Iklan Adsense Blank Pada Beberapa Halaman

Jika tampilan iklan adsense blank pada sebagian halaman lainnya dan sementara di halaman lainnya iklan tampil, maka kalian dapat mengatasi dengan mengenali penyebab iklan tidak muncul pada beberapa halaman.

Penyebab Iklan Tidak Muncul Pada Beberapa Halaman

1. Artikel Terlalu Pendek, Teks atau Kata Dalam Artikel Sedikit

Artikel yang terlalu pendek kurang dari 300 kata dapat menyebabkan iklan adsense tidak muncul.

Jumlah kata yang sedikit tidak sebanding dengan jumlah iklan yang ditempatkan dalam postingan misalanya kalian menempatkan 4 unit iklan secara manual dan juga membuat iklan otomatis.

Panjang teks dalam artikel standar berkisar 300 kata sampai 500 kata. Google lebih menyukai postingan artikel panjang dengan pembahasan yang detail 1000 kata lebih.

Cara mengatasinya adalah update artikel kalian sehingga memiliki artikel yang lebih detail dengan jumlah kata lebih dari 1000 kata untuk mempermudah crawler mengindeks postingan.

2. Tidak Memiliki Kata Kunci Yang Tepat Untuk Iklan Adsense

Artikel tidak memiliki kata kunci yang tepat menjadi salah satu penyebab iklan adsense tidak muncul.

Para pengiklan adsense memasang kata kunci yang ditargetkan agar iklannya muncul pada publisher adsense.

Jika kalian tidak memiliki atau sedikit kata kunci yang dimasukan oleh pengiklan di google maka iklan akan sulit muncul di postingan artikel blog atau website kalian.

Menargetkan kata kunci yang sesuai dengan keyword yang dimasukan para pengiklan di google ads adalah solusi untuk mengatasi iklan adsense tidak tampil pada beberapa halaman atau postingan.

3. Crawler Belum Merayapi Halaman

Crawler akan merayapi postingan artikel dan akan memasukan kata kunci yang tepat sesuai dengan keyword iklan yang dimasukan oleh para pengiklan adsense.

Jika crawler belum merayapi postingan artikel blog maka dapat menyebabkan iklan adsense belum muncul, terutama postingan artikel yang belum dimasukan dalam indeks google saat baru memposting artikel.

Iklan adsense blank atau tidak muncul pada beberapa postingan artikel biasanya terjadi pada akun adsense yang baru diterima sehingga crawler belum merayapi pada keseluruhan halaman atau postingan artikel di blog atau website.

Cara untuk mengetahui kapan crawler merayapi postingn artikel dapat dilakukan dengan cara berikut.

Buka dashboard google search console blog kalian. Copy URL artikel yang akan di cek.

Pastekan URL pada kolom periksa url atau pengindeksan. Selanjutnya lihat hasil pengindeksan yaitu kapan crawler terakhir merayapi URL artikel.

Jika akun adsense kalian baru diterima dan artikel di crawl sebelum adsense diterima untuk Siap menayangkan iklan maka crawler belum memasukan artikel yang sesuai dengan iklan adsense.

Hal yang dapat dilakukan adalah menunggu crawler merayapi Url postingan atau artikel.

4. Kode HTML Yang Berantakan

Kode HTML yang berantakan dapat menyebabkan iklan adsense tidak muncul.

Misalnya saat kalian memposting artikel langsung dengan cara Copy Paste dari MS Word maka pada tampilan Html terdapat kode dari MS Word, dan agar kode MS Word masuk dalam kode Html maka ubah artikel dari word ke Format txt terlebih dahulu menggunakan Notepad, Atom, Edit Text atau aplikasi edit text laiinya terlebih dahulu.

Kode Html yang tidak diperlukan bisanya muncul saat kalian mengedit postingan artikel secara langsung pada Mode  tampilan menulis.

Untuk mengecek dan memperbaiki Html yang berantakan maka pilih pada Mode Menulis HTML kemudian buang kode html yang tidak diperlukan.

Kode HTML yang berantakan adalah penyebab iklan tidak muncul di blog, hal ini juga pernah saya alami. Dan setelah saya rapikan arttikel pada mode HTMLnya maka iklan adsense menjadi tampil kembali.

Tumpang tindih html dengan penempatan script kode adsense pada pengaturan di tata letak yang tidak sesuai dengan format penulisan HTML biasanya juga terjadi setelah pengeditan pada mode menulis.

Meskipun terkadang ada beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan iklan tidak tampil, namun dengan cara yang telah dijelaskan diatas adalah langkah awal untuk untuk memunculkan kembali iklan adsense yang blank, selama kalian tidak melanggar kebijakan google adsense sehingga iklan dibatasi atau akun di banned.

Demikan cara mengatasi iklan adsense blank dan tidak muncul yang dapat dilakukan dengan mudah dengan mengindetifikasi apa penyebab iklan adsense dapat tampil di blog dan website.