Cara Mengatasi Penghasilan Berisiko Di Adsense Ads Txt

Cara mengatasi dan memperbaiki masalah file ads txt di google adsense, cara membuat file ads txt di google adsense, cara memasang ads txt di blog blogger dan website, cara cek ads txt

Inilah panduan dan tips Cara mengatasi penghasilan berisiko di Adsense ads txt yaitu cara untuk memperbaiki file ads txt yang muncul pada notifikasi Penghasilan anda berisiko atau earning at risk di google adsense.

Cara mengatasi penghasilan anda berisiko di adsense ads txt adalah dengan membuat file ads txt, memasang ads txt di blog atau website, bagaiimana cara cek ads txt, serta cara agar notifikasi penghasilan anda bersisko hilang dan tidak mucul lagi.

Notifikasi earning at risk pada google adsense yang muncul tersebut adalah, “Penghasilan anda berisiko, anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads txt untuk menghindari dampak yang serius dari pendapatan anda”

Penyebab Munculnya Pesan Penghasilan Berisiko

Buat kalian yang memiliki akun adsense yang telah diterima untuk monetisasi menanyangkan iklan google adsense di blog atau website dengan munculnya pesan Penghasilan Anda Berisiko dapat terjadi pada akun adsense kalian baik yang masih baru atau sudah lama.

Munculnya pesan tersebut adalah saran untuk memperbaiki file ads txt di blog atau website meskipun sifatnya tidak wajib namun sangat dianjurkan untuk memasang file ads.txt di blog dan wabsite jika akun adsense telah siap untuk menanyangkan iklan google adsense.

Dikutip dari lamaan Google Adsense bahwa Authorized Digital Sellers, atau ads.txt merupakan inisiatif IAB Tech Lab yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Membuat file ads.txt sendiri memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Munculnya pesan penghasilan anda berisiko di Adsens adalah disebabkan karena blog atau website belum memasang file ads txt, dan jika dicek pada status file ads txt di adsense pada menu Situs maka pesannya akan tertulis Tidak Ditemukan seperti dibawah ini.

Cara mengatasi dan memperbaiki masalah file ads txt di google adsense, cara membuat file ads txt di google adsense, cara memasang ads txt di blog blogger dan website, cara cek ads txt

Tidak di temukan artinya Tidak ada file ads.txt yang ditemukan saat situs terakhir kali di-crawl.

Jadi saat crawl merayapi blog atau website tidak menemukan file ads txt yang disebabkan file ads txt belum dipasang pada ads txt kustom.

Ads txt kustom adalah file ads txt yang ditambahkan atau diupload ke direktori domain root.

Status file ads txt lainya dapat berupa Diizinkan yang artinya ID penayang Anda ditemukan dalam file ads.txt situs.

Tidak diizinkan menerangkan bahwa ID penayang Anda tidak ditemukan dalam file ads.txt, dan AdSense tidak dapat menampilkan iklan.

Tidak berlaku artinya ID penayang Anda tidak diperlukan dalam file ads.txt.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara memperbaiki munculnya pesan peghasilan anda berisiko dengan memperbaiki file ads txt.

Cara Memperbaiki Masalah File Ads Txt Pada Adsense

Inilah langkah-langkah untuk memerbaiki munculnya Penghasilan anda berisiko di adsense karena file ads txt tidak ditemukan di blog atau website.

Hal pertama adalah dengan membuat file ads txt google adsense dengan cara berikut ini.

Cara Membuat File Ads Txt Di Adsense

Klik Perbaiki sekarang pada pesan notifikasi Penghasilan berisiko di beranda adsense.

Setelah muncul kotak file ads txt kemudian pilih Salin atau copy ads txt.

Jika tidak mucul maka Klik pada bagian Url Situs. Url Situs ada pada menu Situs seperti dibawah ini.

Cara memperbaiki file ads txt di google adsense pada notifikasi Penghasilan Anda Berisiko, membuat dan memasang file ads txt ke  blog dan wesbite

Selanjutnya akan muncul kotak ads txt lalu pilih tombol Salin, atau copy dan paste ads txt tersebut dengan format txt pada Notepad, Atom atau Textedit (Macbook) atau salin pada aplikasi txt lainnya.

Jika tidak mucul maka Klik pada bagian Url Situs. Url Situs ada pada menu Situs seperti dibawah ini.

Selain dengan cara diatas kalan juga dapat membuat file ads txt sendiri secara langsung.

Cara langsung membuat file ads txt adsense dengan menulis Ads txt adsense pada text editor seperti Notepad, Atom, EditText atau platform edit text laiinnya seperti dibawah ini.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tulisan  pub-0000000000000000 berwarna merah adalah ID Adsense dan ganti dengan ID Adsense kalian yang dapat dilihat pada menu Akun di dashboard Adsense.

Setelah membuat ads txt pada editor text spereti Notepad, Atom, Edittext secara langsung atau dengan cara mendownloads atau salin Ads txt maka langkah selanjutnya adalah memasang ads txt di Blogger pada platform yang saya gunakan sekarang.

Cara Memasang Ads Txt Di Blogger atau Website

Buka dashboard Blogger, kemudian pilih menu Setelan.

Setelah itu pilih Aktifkan Ads txt kustom di blogger, dengan menggeser tombol ke kanan.

Setelah itu pastekan ads txt yang telah dibuat tadi, kemudian Simpan.

Disini kalian telah berhasil memasang file ads txt di blogger.

Jika menggunakan jaringan iklan lainya selain Google Adsense maka tambahkan juga file ads txt pada jaringan iklan yang kalian gunakan.

Langkah selanjutnya adalah mengecek file ads txt apakah sudah terpasang di blog atau belum.

Cara Cek Ads Txt

Buka browser, kalian dapat menggunakan Chrome, Mozzilla, Opera. Edge atau Safari.

Masukan url ads txt blog yaitu https://domainkalian.com/ads.txt. Ganti tulisan domainkalian.com dengan alamat domain kalian, kemudian Enter.

Jika blog atau website belum dialihkan dari www ke non www maka masukan url blog yang sesuai dengan alamat blog atau website kalian.

Baca juga : Cara mengalihkan Domain custom tanpa www

Hasilnya akan muncul ads txt di browser yang telah dipasang pada ads txt custom di Blogger.

Jika belum muncul maka periksa pada Setelan ads txt custom mungkin saja tombol belum diaktifkan.

Setelah mengecek apakah ads txt sudah diaktifkan atau dipasang di blog atau website maka langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa Crawl dapat menemukan file ads txt.

Dan inilah cara agar pesan atau notifikasi penghasilan anda berisiko pada adsene cepat hilang dan tidak muncul lagi terus menerus dengan membuat robots txt kustom.

Cara Memperbaiki File Ads txt Pada Robot Txt Kustom Agar Cepat Ditemukan

Hal yang dapat dilakukan agar Crawl dapat menemukan file ads txt dengan cepat adalah membuat robots.txt custom yang tidak melarang crawl untuk menemukan file ads txt.

Buat dan tambahkan aturan robot.txt custom berikut agar Crawl atau Bot menemukan file ads txt yang telah dipasang pada pengaturan robot txt default di blogger atau website.

User-agent: *
Allow: /ads.txt
Disallow: /ads

Langkah selanjutnya adalah pasang aturan robots txt tersebut di blogger.

Buka dashboard blogger kemudian pilih menu Setelan.

Pilih dan Aktifkan Robots txt custom dengan menggeser tombol ke kanan.

Buat robots txt seperti dibawah ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

User-agent: *
Allow: /ads.txt
Disallow: /ads

Sitemap: https://domainkalian/sitemap.xml

Ganti teks berwarna merah dengan alamat domain kalian, Setelah itu simpan.

Tunggu Crawler merayapi file ads txt yang telah dibuat dan dipasang di blog atau wesbite.

Jika crawler telah mengcrawl dan menemukan file ads txt, maka status notifikasi Penghasilan anda berisiko akan hilang atau tidak muncul lagi pada beranda adsense dibagian atas.

Untuk mengecek apakah ads txt telah berhasil dipasang, maka kalian dapat mengecek pada Status ads txt yang berada pada beranda dibagian pojok kanan bawah.

Jika kalian telah berhasil memperbaiki adsense ads txt, maka Status ads txt berubah menjadi Diotorisasi dan berwarna hijau seperti dibawah ini.

Cara mengatasi dan memperbaiki masalah file ads txt di google adsense, cara membuat file ads txt di google adsense, cara memasang ads txt di blog blogger dan website, cara cek ads txt.

Hal ini menandakan bahwa crawl telah menemukan file ads txt yang telah dibuat dan dipasang yatu kalian telah memperbaiki masalah file ads txt di Adsense pada penghasilan anda berisiko.

Pastikan bahwa Status ads txt menjadi Diizinkan, yaitu ID penayang Anda ditemukan dalam file ads.txt situs. 

Pada proses ini kalian telah berhasil memperbaiki masalah munculnya pesan Penghasilan anda berisiko dengan memperbaiki file ads txt di blog atau website di Google Adsense.

Demikian tips dan cara mengatasi atau memperbaiki masalah file ads txt yang ditandai dengan munculnya pesan notifikasi Penghasilan anda berisiko di google adsense.

Dengan membuat file ads txt maka dan memasangnya di blok atau website maka kalian telah memenuhi saran yang sangat dianjurkan oleh Google Adsense.