Cara Membuat / Memasang Iklan Multipleks Adsense

Cara membuat unit iklan multipleks di adsense, cara memasang iklan multipleks adsense di related post, dalam postingan artikel diatas, ditengah dibawah. Cara mengedit unit iklan di adsense.

Inilah panduan cara membuat unit iklan multipleks di adsense beserta cara memasang iklan multipleks di pada related post atau artikel terkait, dipasang dalam postingan pada bagian atas, ditengah dan dibawah, serta dipasang di sidebar blogger.

Apa Itu Iklan Multipleks Adsense

Iklan multipleks adalah jenis iklan adsense berbentuk petak yang menampilkan beberapa iklan native yang mirip dengan macthed content atau rekomendasi konten.

Iklan multipleks pada umumnya sering ditempatkan di akhir artikel pada related post atau sidebar. Iklan multipleks juga dapat dipasang diatas, ditengah dan dibawah dalam postingan artikel.

Manfaat Memasang Iklan Multipleks Adsense di Blog

1. Iklan multipleks memuat beberapa iklan sekaligus dalam setiap kotak atau petaknya sehingga iklan yang ditampilkan tidak hanya satu saja seperti unit iklan display.

2. Dengan tampilan iklan yang lebih banyak memberikan banyak pilihan iklan bagi pengguna, sehingga akan memperbesar peluang penghasilan blog kalian menjadi lebih meningkat.

3. Iklan multipleks dapat disesuaikan bentuk dan tampilannya pada bentuk horizontal dan vertikal sehingga tempat pemasangannya di blog atau website dapat disesuaikan dalam bentuk melebar ke samping atau memanjang kebawah.

Jenis Iklan Multipleks Di Adsense

Ada dua jenis iklan multipleks di adsense yang dapat dipilih untuk dipasang pada blog dan website yaitu,

1. Iklan Mutipleks Horizontal

Iklan multipleks horizontal iklan dalam bentuk petak yang tersusun secara melebar yang tersusun dalam urutan kolom dan baris.

Iklan multipleks dapat dipasang pada releated post yang atau dipasang dalam postingan artikel.

2. Iklan Multipleks Vertikal

Iklan multipleks vertikal disusun berurutan ke bawah sehingga dapat dipasang pada sidebar dalam bentuk memanjang kebawah.

Ukuran Iklan Multipleks Adsense

Untuk membuat iklan multipleks terdapat dua pilihan ukuran iklan yang dapat kalian gunakan.

1. Ukuran iklan Multipleks Responsive

Ukuran iklan responsive adalah iklan multipleks yang dapat menyesuaikan pada tampilan perangkat yang digunakan oleh pengguna, sehingga iklan lebih mobile friendly.

2. Ukuran Iklan Multipleks Tetap

Saat menggunakan ukuran khusus, sebaiknya pilih ukuran iklan dengan rasio lebar:tinggi sekitar 2:1 untuk tata letak horizontal, atau 1:2 untuk tata letak vertikal.

Sebaiknya jangan gunakan ukuran iklan banner tradisional seperti 728x90 untuk iklan multipleks. Perhatikan bahwa tinggi atau lebar ukuran khusus Anda tidak boleh melampaui 1.200 piksel, dan hanya satu dimensi yang boleh lebih besar dari 600 piksel.

Ukuran tetap iklan responsive dapat kalian tentukan yang sesuai dengan saran dan aturan adsense.

Setelah mengetahui apakah iklan multipleks adsense itu, manfaat memasang iklan multipleks, jenis-jenis iklan multipleks dan ukuran iklan multipleks maka melangkan pada cara senjutnya yaitu langkah-langkah cara membuat unit iklan multipleks.

Cara Membuat Unit Iklan Multipleks Adsense

Langkah-langkah membuat unit iklan multipleks di adsense adalah sebagi berikut

Langkah 1. Membuat Nama Unit Iklan Multipleks

Buka dan Login Akun Adsense.

Selanjutnya pilih menu Iklan, pilih Menurut Unit Iklan untuk membuat iklan baru. Kemudian pilih Iklan Multipleks.

Cara membuat unit iklan multipleks di adsense, cara memasang iklan multipleks adsense di related post, dalam postingan artikel diatas, ditengah dibawah. Cara mengedit unit iklan di adsense

Selanjutnya akan terbuka pengaturan untuk membuat iklan multipleks adsense seperti dibawah ini, kemudian tulis Nama unit iklannya.

Cara membuat unit iklan multipleks di adsense, cara memasang iklan multipleks adsense di related post, dalam postingan artikel diatas, ditengah dibawah. Cara mengedit unit iklan di adsense

Langkah 2. Menentukan Jenis Iklan Multipleks Dengan Ukurannya

Selanjutnya pilih bentuk iklan multipleks horizontal atau multipleks vertikal.

Multipleks horizontal adalah iklan akan tersusun pad tampilan horizontal atau melebar, sedangkan multipleks vertikal adalah iklan akan tersusun memanjang kebawah secara vertikal.

Setelah mementukan jenis horizontal atau vertikal maka Selanjutnya buat ukuran Iklan.

Disini terdapat dua pilihan ukuran iklan yaitu Responsive dan Tetap. Ukuran iklan responsive adalah iklan dapat menyesuaikan sesuai dengan perangkat digunakan.

Jika kalian memilih iklan ukuran tetap maka tentukan ukuran iklan multipleks secara manual. Tentukan ukuran iklan pada lebar dan tingginya.

Lihat pada preview atau pratinjau untuk mengetahui hasil perubahannya.

Dari kedua ukuran iklan multipleks tersebut maka google adsense menyarankan untuk lebih menggunakan ukuran Responsive dari pada menggunakan ukuran Tetap.

Langkah 3. Memilih Jenis Font Iklan Multipleks

Selanjutnya kalian dapat memilih dan menentukan Jenis font yang digunakan pada iklan multipleks.

Pilih jenis font yang dapat kalian gunakan untuk dengan cara klik dropdown pada Font. Pilih fontnya dan lihat perubahan pada preview.

Setelah menentukan jenis font maka kalian dapat mengganti warna huruf pada Color text atau Warna teks.

Klik pada dropdown untuk memilih warna font, atau masukan kode warna pada kotak kode warna.

Lihat pada pratinjau untuk mengetahui hasil warna huruf yang telah diganti atau diubah.

Lalu lanjutkan pada langkah berikutnya membuat background iklan multipleks.

Langkah 4. Membuat Warna Background Iklan Multipleks

Disini kalian dapat menentukan warna background yang dapat disesuaikan dengan tampilan warna di blog atau website kalian.

Pilih warna latar belakang iklan multipleks pada Gaya Iklan. Klik pada dropdown warna kemudian pilih warnanya pada kotak warna atau tentukan warna dengan memasukan kode warnanya.

Lihat perubahan pada preview saat kalian mengganti background pada iklan multipleks.

Langkah 5. Membuat Kode Iklan Multipleks

Setelah selesai mengatur tampilan iklan multipleks, maka pilih dan klik Buat.

Selanjutnya muncul kode iklan dalam bentuk Html dan Amp. Karena saya akan menempatkan iklan otomatis di blogger maka saya pilih Html.

Cara membuat unit iklan multipleks di adsense, cara memasang iklan multipleks adsense di related post, dalam postingan artikel diatas, ditengah dibawah. Cara mengedit unit iklan di adsense

Setelah itu klik salin cuplikan kode. Agar kode dapat digunakan kembali maka paste atau tempel pada aplikasi edit text seperti, Notepad, Atom, TextEdit atau yang lainya.

Setelah unit iklan multipleks dibuat maka kalian memasangnya di blog atau website, dan saya akan memasangnya di blogger yaitu platform yang saya gunakan sekarang.

Cara Memasang Iklan Multipleks Adsense

Langkah selanjutnya adalah memasang iklan multipleks di blog atau webste, dan pertama saya akan memasang iklan multipleks di bagian related post.

Cara Memasang Iklan Multipleks Pada Related Post Blogger

Buka dashboard blogger kalian.

Karena disini template blogger yang saya gunakan terdapat tempat untuk meletakan iklan adsense di related post atau matched content maka Selanjutnya pilih menu Tata Letak.

Selanjutnya pilih tempat meletakan kode iklan multipleks yaitu iklan Matched Content.

Pastekan kode iklan yang telah disalin tadi, dan selanjutnya pilih Simpan.

Simpan juga perubahan, klik pada icon save template dipojok kanan bawah area tata letak di blogger.

Setelah disimpan maka buka blogger dan lihat hasilnya apakah iklan multipleks sudah muncul.

Jika iklan belum muncul maka tunggu proses pemindahan iklan terlebih dahulu sampai iklan muncul semua yaitu iklan multipleks 2 baris dan 4 kolom pada settingan default iklan multipleks.

Untuk memasangnya dibagian atas, tengah atau bawah di postingan dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

Cara Memasang Iklan Multipleks Pada Postingan Artikel

Pilih menu Tata Letak di blogger.

Pilih tempat meletakan kode iklan adsens pada tata letak iklan dibagian yang diinginkan dalam postingan yaitu, di bagian atas portingan artikel, ditengah postingan dan dibawah postingan artikel

Setelah itu pastekan kode iklan multiplkes.

Selanjutnya Simpan, dan lihat hasil pemasangannya.

Sebelum memasang iklan multipleks di sidebar, maka kalian harus membuat unit iklan baru dalam jenis multipleks vertikal jika kalian akan memasang kedua jenis ikllan multipleks horizontal dan vertikal.

Namun jika kalian sudah tidak ingin menggunakan iklan multipleks horizontal yang telah dibuat tadi maka kalian dapat mengeditnya menjadi iklan multipleks horizontal dengan cara berikut ini.

Cara Mengedit Unit Iklan Adsense (Multipleks)

Buka adsense.

Pilih menu Iklan > pilih Menurut Unit Iklan.

Lihat pada bagian Unit iklan yanag ada dibagian bawah.

Pilih nama unit iklan multipleks ynag telah dibuat tadi, kemudian Edit unit iklan dengan mengklik tanda pensil disebelah kanan. Kemudian akan terbuka pengaturan iklannya.

Ubah atau ganti ke bentuk multipleks vertikal, jika ada perubahan lainya maka sesuaikan pada jenis font, dan warna latar belakangnya.

Setelah selesai kemudian pilih Simpan.

Setelah merubah jenis iklan multipleks dari horizontal menjadi vertikal maka kalian dapat memasangnya di sidebar blogger berikut ini.

Cara Memasang Iklan Multipleks di Sidebar

Buka dashboard blogger, kemudian Pilih menu Tata Letak.

Pilih Sidebar, kemudian Pastekan kode iklan multiplkes.

Selanjutnya Simpan.

Tips : Agar kalian dapat memasang unit iklan multipleks di blogger dengan mudah maka gunakan template blogger premium yang mendukung penempatan iklan adsense pada Matched Content atau Related post, serta penempatan iklan adsense diatas, ditengah dan dibawah postingan.

Demikian cara membuat unit iklan multipleks beserta dengan cara memasangnya di blog atau website di blogger., serta cara mengedit unit iklan yang telah dibuat pada adsense.

Buat kalian yang menggunakan wordpress, sesuaikan dengan pengaturan permasanganya di blog atau website kalian. Terima kasih