Cara mengetahui artikel terindeks dari cakupan di Google Search Console


Mesin crawl google yang bernama Googlebot dengan mesin perayap canggih berupa Googlebot smartphone yang merayapi blog atau website  pada pada agen pengguna smartphone dan Googlebot desktop yang merayapi pada agen pengguna desktop.

Jika kalian sudah mengetahui blog terindeks di google maka saatnya untuk mengetahui apakah Postingan Artikel di Blogger sudah muncul di penalurusan Serp.

Untuk mempermudah perayapan dan Googlebot mengenali blog atau website maka kalian harus mengirim peta situs atau sitemap  yang direkomendasika dalam bentuk sitemap.xml , rss.xml atau atom.xml

Untuk mempercepat pengindeksan Google memberi kemudahan melalui Google Search Console dengan menggunakan Inspeksi URL atau minta pengindeksan.

Apakah artikel sudah terindeks google

Ketersediaan URL di Google adalah langkah awal mesin crawl dapat menemukan postingan saat minta pengindeksan dengan memasukan alamat URL setelah melakukan  inspeksi dan UJI URL AKTIF dengan hasil URL tersedia tersedia untuk Google pada ketersediaan URL dapat diindeks.




Baca juga 

Cara Mengetahui Artikel Terindeks Google

Untuk mengetahui jumlah artikel yang terindeks dapat diketahui melalui Cakupan di Google Search Consol yaitu laporan pengindeksan. 

Dikirim dan Diindeks

Dikirim dan diindeks dengan Status Valid yang menunjukan jumlah artikel  telah terindeks dan masuk dalam penelurusan dan muncul di google.

Diindeks, Tidak Dikirim di Peta Situs

Arti diindeks tidak dikirim dipeta situs menunjukan bahwa halaman atau artukel telah terindeks di google dan mucul di hasil penelusuran, namun Url yang ditemukan oleh crawling tidak berasal dari peta situs blog. 

Google memasukan artikel yang telah diindeks dari sumber lain yaitu Url dalam versi Mobile yaitu Url dengan akhiran ?m=1 bukan .html yang ada di sitemap.

Jumlah artikel yang belum terindeks atau tidak diindeks dapat diketahui pada Status Dikecualikan yang artinya tidak masuk dalam indeks google. 

Ditemukan - Saat Ini Tidak Dindeks

Pada jenis Ditemukan – Saat ini tidak diindeks artinya Google telah menemukan URL artikel tetapi belum memasukkanya pada indeks dan akan melakukkan crawl ulang pada perayapan berikutnya yang masuk pada daftar artian dengan pertimbangan dapat diindeks atau juga tidak diindeks yang akan munculpada laporan berikutnya. 

Di crawl – Saat ini tidak diindeks 

Di crawl – Saat ini tidak diindeks artinya Google telah mengcrawl dan tidak mengindeksnya yang berarti artikel tidak ada dalam daftar indeks google.

Dari ketiga jenis status diatas pada Cakupan diketahui bahwa artikel mana yang telah terindeks dan mana yang tidak terindex atau belum terindeks. 

Dengan penjelasan pada cakupan di Google Search Console dapat diketahui jumlah artikel yang terindeks sehingga  para blogger dapat mempertimbangkan dan menentukan artikel mana yang sesuai dengan SEO.