Solusi agar tidak Gagal terindex Google karena salah membuat permalink khusus di Blogspot

cara agar tidak gagall terindex google adalah dengan membuat permalink atau url yang benar di blogspot

Permalink merupakan faktor penting yang harus diperhatikan agar cepat terindeks di google.

Permalink adalah Permanen link yang menunjukan alamat sebuah link pada sebuah postingan di website atau blog, dan permalink sering disebut dengan URL.

Google akan merayapi permalink yang merupakan url judul artikel sehingga harus mengandung keyword target yang harus dimasukan saat membuat permalink khusus atau kustom.  

Fungsi mesin pencari adalah menemukan banyak artikel yang masuk dalam indeks atau daftar catatan dari sebuah mesin bot sehingga para pengguna dapat menemukan sesuatu yang di cari pada search engine dengan mudah. 

Dapat terindeks di mesin pencari Google bagi seorang blogger adalah sangat penting karena artikel yang terindeks dapat mudah ditemukan sehingga trafik kunjungan website meningkat

Penyebab Gagal Terindex Google

Saat melakukkan permintaan pengindeksan di Google Search Console tentunya kalian akan memasukan alamat URL postingan yang berupa link yang disebut dengan Permalink

Salah satu penyebab artikel gagal terindeks dapat terjadi karena kesalahan dalam menuliskan permalink yaitu saat membuat permalink khusus pada postingan di blogger / blogspot sehingga menyebabkan Error 404 yaitu halaman tidak ditemukan saat melakukan permintaan pengindeksan. 

Agar artikel atau postingan dapat terindeks google maka harus diperhatikan dalam membuat permalink khusus yang benar di blogspot.   

Kesalahan saat membuat permalink atau Url postingan di blogger menyebabkan google sulit mengakses saat merayapi halaman sehingga blog tidak terindex.

Di blogspot penulisan permalink dapat dilakukan secara otomatis yaitu permalink telah tersusun otomatis berdasarkan judul yang ditulis tetapi hasil permalinknya tidak lengkap sesuai judul artikel karena judul yang terlalu panjang. 

Untuk itu kalian dapat menuliskan permalink sendiri pada Permalink Khusus. Dengan menggunakan permalink khusus kalian dapat menuliskan judul yang agak panjang.

Meskipun demikian kalian harus memperhatikan juga cara membuat permalink atau url yang sesuai dengan seo yaitu penulisan judul artikel tidak telalu panjang melebihi 70 karakter yang mengandung keyword didalamnya.

Selanjutnya ikuti langkah berikut ini cara membuat permalink di blogspot.

Cara membuat permalink khusus di Blogspot

1. Buka menu Postingan > Tuliskan judul artikel pada entri Judul.

2. Pada pojok kanan atas  Klik Pengaturan > Pilih Permalink Khusus.

3. Tuliskan permalink sesuai judul kalian dan setiap kata dipisahkan dengan tanda  - (strip) seperti contoh dibawah ini,

Kesalahan saat menulis permalink menyebabkan kegagalan dalam permintaan pengindeksan seperti menuliskan tanda / (garis miring) pada menuliskan permalink seperti contoh dibawah ini.

Penulisan tanda / (garis miring) menunjukan arah direktori  lainnya sehingga URL tidak ditemukan dengan peringatan Error 404 yaitu halaman tidak ditemukan. 

Kesalahan penulisan saat membuat permalink biasanya terjadi karena ketidaksengajaan tetapi berakibat fatal sehingga artikel gagal terindeks.

Ketelitian dalam menuliskan permalink atau URL perlu diperhatikan sehingga error 404 tidak terjadi yang menyebabkan artikel gagal terindeks sehingga akan muncul di penelusuran google.