Ingin baterai handphone awet dan tahan lama, lakukanlah tips aman ini

Cara  agar baterai HP awet dan tahan lama, cara agar baterai HP awet, cara merawat baterai HP agar awet

Bagaimana caranya agar baterai di HP awet dan tahan lama, mengingat baterai HP orisinil asli bawaan saat membeli HP baru harganya mahal maka merawat baterai HP agar awhal penting yang harus dilakukan dan diperhatikan meskipun terkadang sepele dan sering diabaikan.

BateraƬ pada handphone sangatlah penting sebagai pemasok sumber daya agar handphone dapat digunakan.

Handphone adalah sebuah perangkat mobile yang sebagian besar fungsinya membutuhkan baterai sebagai sumber daya untuk menjalankan fungsi alat dan komponen elektronik.

Bagaimana cara merawat baterai agar awet bertahun-tahun adalah dengan menggunakan HP dengan wajar sehingga baterai tidak cepat kehilangan dayanya karena rusaknya cell baterai.

Supaya baterai awet maka kalian dapat melakukan hal berikut ini.

Cara agar baterai Handphone awet dan tahan lama

1. Gunakan HP dengan wajar agar baterai awet

Menggunakan HP dengan wajar yang dalam arti tidak berlebihan dapat memperpanjang umur baterai menjadi lebih awet.

Hentikan pemakaian HP sejenak jika baterai sudah terasa panas, gunakan kembali jika baterai sudah dingin sehingga baterai menjadi awet.

2. Bawalah charger jika mau bepergian

Jika kalian memang sangat membutuhkan HP dalam aktifitas mobile maka jangan lupa untuk membawa charger sehingga baterai aman tidak sampai kehabisan daya.

Segerakan lakukan pengisaian daya. Saat notifikasi daya baterai mulai berkurang segerakan lakukan pengecasan.

Setting notifikasi baterai daya minimum di 15 persen sehingga ada kesempatan untuk mempersiapkan pengecasan baterai sebagai salah cara agar baterai awet dan tahan lama.

3. Gunakan charger asli atau orisinil agar baterai tahan lama

Charger orisinil dibuat sesuai dengan kriteria handphone dan baterai yang memiliki kapasitas Ampere dan Voltase yang cocok sesuai dengan HP dan baterai pada handphone.

Setiap charger memiliki kapasitas Ampere dan Voltase yang berbeda dalam menghasilkan daya untuk mengisi baterai.

Menggunakan charger asli akan mempanjang umur baterai supaya awet dan tidak cepat rusak.

4. Atur kecerahan pada layar HP

Atur kecerahan layar HP sesuai dengan kondisi kalian, jika HP lebih sering di gunakan di dalam ruangan maka atur kecerahan pada tingkat minimal sehingga lebih hemat baterai.

Jika digunakan di luar ruangan atur kecerahan layar HP menjadi lebih terang minimal dapat terlihat oleh mata dengan jelas. 

Sebenarnya pada HP sudah di sematkan pengaturan pencahayaan adaptif tetapi terkadang setting tingkat kecerahannya pada taraf maksimal sehingga kecerahan layar cenderung berlebihan sehingga menguras pemakaian baterai lebih banyak sehingga baterai lebih cepat habis.

5. Atur jaringan data seluler terkuat agar hemat daya baterai

Jaringan seluler di tempat kalian tentunya berbeda-beda kekuatan sinyalnya, cek kekuatan sinyal 2G, 3G atau 4G di daerah kalian. Jika sinyal terkuat pada 3G maka setting jaringan di HP kalian pada 3G saja jika tidak begitu membutuhkan koneksi data yang cepat.

Baca juga : Cara ganti jaringan handphone android 2G, 3G 4G

Jika HP di setting pada 4G sementara di daerah kalian minim sinyal maka handhphone akan mencari sinyal dan membutuhkan daya baterai yang lebih banyak.

6. Jangan gunakan HP saat sedang di charger

Penggunaan HP saat di cas menyebabkan baterai menjadi lebih panas dan menyebabkan baterai tidak awet karena panas baterai yang berlebih dapat merusak cell baterai.

7. Segera lepas charger jika baterai sudah penuh

Pada setiap HP sudah di lengkapi dengan sistem pemutusan arus listrik otomatis ke saluran baterai jika baterai sudah terisi penuh sehingga masih aman jika kita lupa mencabut charger saat baterai sudah penuh terisi.

Meskipun demikian kalian harus sesegera mungkin untuk melepas charger jika baterai sudah terisi penuh jika ingin baterai lebih awet.

8. Atur waktu tidur handphone

Waktu tidur handphone adalah waktu dimana saat HP tidak digunakan dalam waktu tertentu layar akan mati secara otomatis.

Smartphone sudah dibekali dengan pengaturan hemat daya dan pengaturan waktu tidur, lakukan setting waktu tidur HP kalian berkisar antara 30 detik sedang 1 menit agar baterai lebih hemat.

Penggunaan baterai yang hemat membuat baterai menjadi awet.

9. Atur suara dan getar

Nonaktifkan getar untuk panggilan suara dan notifikasi, suara dan getar untuk menghemat penggunaan baterai. Penggunaan getar membutuhkan penggunaan daya baterai yang besar.

10. Matikan akses data handphone saat malam hari

Malam hari adalah waktu untuk istirahat begitu juga HP perlu istirahat agar baterai tetap awet dan tahan lama.

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan HP jika tidak digunakan, menonaktifkan akses data, atau mengatur pada mode pesawat.

Mengatur koneksi data di HP menghemat penggunaan baterai sehingga baterai awet dan tahan lama.

Itulah tips cara agar baterai HP awet dan tahan lama yang dapat dilakukan dengan mudah sehingga kalian tidak perlu mengganti baterai dengan membeli yang baru

Jika handphone dan baterai ingin awet dan tahan lama perlu membiasakan menggunakan handphone dengan benar, dan sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Semoga tips bermanfaat.