Mengatasi Traffic Blog Turun Akibat Update Algoritma Google Oktober 2023

Cara memperbaiki dan mengatasi traffic blog turun, rangking artikel turun atau hilang di pencarian google akibat dampak update algoritma google 2023

Milsmilo Blog - Apakah traffic blog atau website pada bulan oktober 2023 ini atau bulan selanjutnya tiba-tiba traffic blog turun drastis tanpa sebab yang belum kalian ketahui.

Kalian tidak usah bingung, traffic blog turun dapat terjadi akibat adanya update algoritma google 2023 terbaru di bulan oktober ini, sehingga memberikan dampak pada blog atau website kalian.

Apakah blog atau website kalian termasuk terkena dampak update algoritma google sehingga traffic blog turun.

Update Algoritma Google 2023

Google telah memberikan release algoritma terbaru. Pada akun twitter Google Search Central yang memberitahukan bahwa pada tanggal 5 oktober 2023 melakukan update algoritma google 2023.

Cara memperbaiki dan mengatasi traffic blog turun, rangking artikel turun atau hilang di pencarian google akibat dampak update algoritma google 2023

“Today we released the October 2023 core update. We'll update our ranking release history page when the rollout is complete”. “Hari ini kami merilis pembaruan inti Oktober 2023. Kami akan memperbarui halaman riwayat rilis peringkat kami ketika peluncuran selesai”

Dan pada bulan oktober google memperbaharui algoritma dengan merilis pembaruan Spam Update pada algoritmanya.

Cara memperbaiki dan mengatasi traffic blog turun, rangking artikel turun atau hilang di pencarian google akibat dampak update algoritma google 2023

Released the October 2023 spam update, which applies globally and improves our coverage in many languages, including Turkish, Vietnamese, Indonesian, Hindi, Chinese.

Merilis pembaruan spam Oktober 2023, yang berlaku secara global dan meningkatkan cakupan kami dalam banyak bahasa, termasuk Turki, Vietnam, Indonesia, Hindi, Tiongkok, dan bahasa lainnya.

Dampak / Akibat Update Algoritma Google

Setelah google melakukan update alogoritma maka akan memberikan dampak bagi beberapa blog atau website.

Sumber keyword yang mendatangkan traffic pada blog atau website kalian di hasil pencarian google dapat hilang sebagai akibat spam update algoritma google tersebut.

Akibat yang dapat ditimbulkan setelah update algoritma google yang paling memukul berat blog atau website adalah traffic blog turun drastis, turun rangking, tidak dimasukan dalam sebuah keyword atau query bahkan terpental jauh di pencarian gooogle.

Tarffic Blog Turun Drastis

Dampak yang paling berat dirasakan oleh beberapa blog atau website akibat pembaruan spam adalah traffic blog turun drastis tiba-tiba setelah google mengupdate alogritmanya 2023 tersebut terutama bagi blog atau website.

Banyak blog kecil akan mengalami dampak dari algoritma ini karena kalah SEO oleh website atau situs bermodal besar.

Permasalahan yang dihadapi oleh blog atau website bermodal kecil adalah alasan klasik yang terkena dampak update spam algoritma google tersebut karena banyak blog kecil yang mulai berkembang sering dianggap melakukan praktek spam sehingga akan terpengaruh oleh pembaruan algoritma google.

Blog kecil dengan modal pas-pasan tidak akan dapat menandingi praktek SEO blog atau website besar sehingga saat update algoritma dilakukan banyak blog-blog kecil tumbang.

Setiap google memperbaharui algoritmanya maka blog-blog kecil memiliki resiko yang lebih besar mengalami penurunan traffic yang sangat drastis bahkan hilang di pencarian google meskipun hal itu bukan sebuah penalti yang diberikan oleh google.

Jika kalian melakukan searching setelah update algoritma menggunakan keyword sederhana maka yang keluar adalah situs-situs besar yang terkadang isi pembahasan artikelnya sangat ringan sedangkan blog kecil tidak akan mampu menembus keyword tersebut kembali padahal sebelumnya pernah masuk di rangking 1 atau 10 besar di pencarian google.

Mungkin kalian bertanya mengapa traffic blog turun dan apa penyebab traffic blog turun setelah update algoritma google, padahal sebelumnya traffic blog sedang naik dan banyak pengunjung.

Penyebab traffic blog turun drastis adalah jumlah keyword yang menjadi sumber traffic organic di pencarian google pada blog atau website berkurang atau hilang setelah update algoritma tersebut.

Keyword pada artikel blog atau website yang terkena dampak algoritma google yang sebelumnya memberikan banyak traffic ke blog hilang atau turun rankingnya di pencarian google.

Sebagai contoh, salah satu artikel saya yang masuk pada rangking 1 di google dengan traffic 1500 per bulan memiliki lebih memiliki banyak organic keyword yang masuk dalam hasil indeks google mengalami penurunan traffic yang begitu banyak akhirnya terlempar dan hilang di pencarian di google.

Setelah terkena dampak algoritma google maka jumlah keyword yang dimasukan dalam indeks berkurang drastis karena setelah update spam sehingga artikel dimasukan dalam indeks keyword atau query dengan volume kecil karena kalah SEO atau optimasi dengan website bermodal besar.

Sebelum google mengupdate algoritmanya ini, banyak blog atau website besar tergeser posisinya di pencarian google oleh blog-blog kecil yaitu kalah ranking di pencarian google.

Saya patut mengacungkan jempol bahwa banyak blog-blog kecil dapat mengungguli rangking di pencarian google hanya dengan mengandalkan seo yang sederhana. Namun setelah update ini banyak blog-blog kecil yang tersingkir dan hilang di pencarian google karena terdampak oleh hal tersebut.

Pada kondisi ini ada blog yang diuntungkan namun pada sisi lainya banyak blog yang merasa tersakiti oleh kondisi tersebut. Blog-blog kecil yang tumbuh justru akan membawa insiprasi dan menambah banyak pilihan bagi pengguna di pencarian namun sekarang terdampak oleh algoritma google ini.

Apapun kondisinya tentunya menjadi pelajaran berharga agar pemilik blog lebih memperbaiki kualitas blognya.

Ranking Blog atau Website Turun Di Google

Akibat update algoritma google menyebabkan ranking artikel di google turun itu sudah biasa jadi kalian jangan kaget jika blog atau website kalian mengalami hal ini.

Sebuah artikel yang sebelumnya mendatangkan traffic yang banyak pada sebuah keyword sehingga masuk rangking 1 google akhirnya turun rangking di google secara perlahan menjadi rangking 5 misalnya dan bahkan akhirnya hilang.

Pada kondisi ini saya merasakannya juga yaitu artikel di blog saya yang telah masuk pada ranking 1 google dan bertahan lama pada posisi tersebut akhirnya terpental entah kemana setelah update algoritma google di oktober 2023 ini.

Meskipun kondisi ini wajar dan dapat menimpa siapa saja namun artikel yang saya bangun dengan murni sehingga masuk pada ranking 1 atau halaman 1 akhirnya hilang di pencarian.

Blog atau website bermodal besar lebih tahan terhadap update algoritma google meskipun ada dampaknya juga namun trafficnya turun tidak sebanyak yang dirasakan oleh blog-blog kecil.

Apakah blog-blog kecil yang terkena dampak algoritma google ini akan kembali muncul dan berkembang kembali seperti sebelumnya karena banyak blog-blog kecil justru menjadi inspirasi perkembangan blog lainya.

Jika blog atau website mengalami penurunan traffic, bagaimana dengan blog lain apakah traffic turun juga.

Ranking dan Traffic Blog Naik

Pada beberapa blog atau website dapat juga diuntungkan oleh update algoritma google yaitu traffic blog atau website justru naik dan artikel menjadi masuk pada peringkat atau rangking 1 google karena blog atau website pesaing terkena dampak spam update algoritma google ini sehingga posisinya turun di pencarian google.

Dari kedua kondisi tersebut apakah akibat yang ditimbulkan setelah perubahan algoritma google pada blog atau website kalian, apakah traffic blog turun drastis atau justru naik.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara mengatasi dan memperbaiiki akibat alogoritma google yang menyebabkan traffic blog turun drastis.

Tentunya kalian tidak menginginkan tarffic blog turun apalagi blog atau website sudah diterima menjadi publisher adsense sehingga berpengaruh terhadap peluang pendapatan blog yang menurun juga.

Mengatasi Traffic Blog Turun Setelah Update Algoritma Google

Dampak atau akibat yang ditimbulkan setelah google melakukan update algoritma 2023 akan berbeda-beda pada setip blog atau website.

Jika blog atau website kalian ikut terdampak oleh algoritma google tersebut maka langkah dan cara apa yang harus dilakukan untuk mengatasi traffic blog turun agar normal dan naik kembali tersebut dengan cara sederhana.

1. Tetap Tenang

Menghadapi kenyataan bahwa traffic blog atau website turun akibat update algoritma google 2023 maka hal yang pertama adalah tetap tenang dan jangan panik.

Saat google melakukan update algoritma dapat menyebabkan traffic turun dan hal ini sebagai kondisi yang wajar dan biasa yang dapat terjadi pada setiap blog atau website jika masuk dalam katagorinya.

2. Posting Artikel Yang Berkualitas

Tetap posting artikel seperti biasa dengan memperhatikan dan menghindari hal-hal yang dapat dianggap sebagai spam seperti memasukan keyword yang berlebihan pada artikel.

Buat artikel yang mudah dipahami oleh pembaca dengan menggunakan bahasa yang teratata baik sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik.

3. Gunakan Keyword Utama Pada Artikel

Gunakan keyword utama yang ada pada judul, dan buat judul yang berbeda dari artikel lainya di blog atau website sehingga tidak memunculkan duplikat content atau duplikat keyword pada sebuat artikel.

4. Perbaiki Masalah di Google Search Console

Lihat pada laporan di google search console kalian, segera perbaiki masalah-masalah blog atau wesbsite di google search console terutama yang menyebabkan crawler google sulit mengindeks url artikel pada peta situs seperti error kesalahan pengalihan.

5. Cek Traffic Blog

Cek traffic artikel di google search console, terutama artikel yang mengalami penurunan traffic secara drastis bahkan tidak mendatangkan traffic sama sekali atau yang tidak dimasukan dalam keybword apapun setelah terkena efek algoritma google.

Cek juga traffic di google analytics, pelajari artikel yang hilang di pencarain google dan juga pantau pada traffic real time apa yang masih banyak mendatangkan traffic.

6. Perbaiki Artikel Yang Terdampak Algoritma Google

Perbaiki dan update artikel tersebut secara wajar dengan menghilangkan keyword yang dapat dikatagorikan spam seperti mengulang-ulang keyword secara berlebihan.

Perbaiki artikel dengan menggunakan bahasa yang lebih tepat, meskipun artikel tersebut asli dibuat secara manual namun jika terdekteksi seperti bahasa yang buat menggunakan alat atau tool maka sempurnakan dan perbaiki kembali.

7. Patuhi Kebijakan Spam Untuk Pencarian Web Google

Pelajari hal-hal dan hindari pelanggaran terhadap kebijakan Spam untuk pencarian web Google.

Jika blog atau website terindikasi melanggar kebijakan spam google maka perbaiki hal-hal tersebut yang sekiranya memberikan pengaruh terhadap penurunan traffic blog dan website.

Kesimpulan

Update algoritma google 2023 ini memberikan efek atau akibat yang berbeda pada setiap blog atau website dan yang paling sering dirasakan oleh blog-blog kecil adalah menyebabkan traffic blog menjadi turun.

Jika blog atau website terdampak oleh update spam sehingga menyebabkan berkurangnya query yang mendatangkan traffic serta menurunya ranking di pencarian google maka perbaiki kualitas blog baik terutama konten atau artikelnya.

Update algoritma google 2023 juga dapat memberikan efek atau akibat yang menguntungkan bagi blog atau website yaitu traffic blog atau website menjadi naik, peringkat atau rangking artikel di pencarian google menjadi naik pula.

Cara agar blog atau website tetap stabil atau tidak terpengaruh oleh update alogoritma maka meningkatkan seo blog atau website perlu dilakukan dan selalu mematuhi kebijakan spam untuk pencarian di google.

Buat artikel yang baik di mata pengguna atau pembaca dan juga baik di mata mesin pencari dan tetap semangat ngeblog.