Cara Menghilangkan Tanda R (Roaming) di Sinyal HP Android

Cara menghilangkan tanda R sinyal HP android ganti ke 4G, 5G, arti dan penyebab sinyal R HP, menonaktiffkan Roaming, mengatur jaringan otomatis HP

Cara menghilangkan tanda R di sinyal HP Android - apakah sekarang kalian sedang mengalami masalah munculnya sinyal R di HP android seperti HP samsung, oppo, vivo, xiaomi, asus sehingga kalian tidak dapat terkoneksi dengan jaringan data internet.

Meskipun demikian kalian jangan bingung, karena hal tersebut dapat terjadi di HP android dan disini Milsmilo Blog akan membahasanya bagaimana cara mengatasi munculnya tanda R pada bar sinyal agar hp dapat terkoneksi secara normal pada sinyal 4G dan 5G kembali.

Apa Itu Tanda Sinyal R di HP

Arti tanda sinyal R di HP adalah tanda Roaming yaitu pesan yang muncul pada sinyal HP bahwa kalian sedang terhubung secara Roaming pada data internet yaitu sinyal diluar jangkauan operator seluler yang umumnya terjadi jika kalian berada di luar negeri atau negara lain.

Agar tetep terhubung dengan layanan seluler di luar wilayah suatu negara atau masuk ke wilayah operator negara lain maka kalian harus mengaktifkan jaringan atau data Roaming (R).

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa muncul sinyal R sedangkan saya berada di dalam negeri dan tersedia jaringan seluler Indosat, Telkomsel, Tri, XL yang saya gunakan.

Sebelum membahas lebih lanjut, maka ketahui terlebih dahulu hal yang menjadi penyebab munculnya sinyal R di HP android berikut ini.

Penyebab Munculnya Sinyal R di HP

Inilah hal yang dapat menyebabkan munculnya sinyal R pada HP android

1. Menggunakan HP di Luar Negeri

Tanda R pada sinyal HP muncul saat menggunakan HP di luar negeri dengan otoritas operator seluler negara yang berbeda.

Nomor HP memiliki kode nomor telepon negara yang berbeda-beda dan Indonesia memiliki kode +62.

Saat HP digunakan diluar negeri maka nomor HP akan menggunakan kode nomor telepon negara tersebut dan jaringan harus mengikuti operator diluar negeri dengan mengaktifkan jaringan Roaming.

Roaming akan dkenakan tarif berbeda karena menggunakan jaringan seluler di negara atau wilayah lain.

2. Diluar Jangkauan Operator Seluler

Penyebab tanda R sinyal di HP muncul dapat terjadi jika kartu seluler yang kalian gunakan diluar jangkauan sinyal operator.

Misalnya kalian menggunakan kartu SIM indosat, telkomsel, tri atau XL namun saat kalian memasuki wilayah tertentu dimana jaringan operator yang digunakan tidak menjangkau wilayah tersebut namun dapat dijangkau oleh jaringan seluler lainya.

Hal ini bisa menyebabkan munculnya tanda R pada sinyal HP. Jika masih dalam satu wilayah Indonesia munculnya sinyal R tergantung dari operator masing-masing jika layanan data atau jaringan tidak tersedia pada suatu wilayah tertentu, atau tidak tersedianyanya layanan data atau jaringan tertentu pada suatu wilayah.

3. Jaringan Data Seluler Operator Dimatikan

Sinyal R muncul dapat disebabkan karena operator seluler telah mematikan jaringan tertentu misalnya operator telah mematikan jaringan 2G (Gprs, Edge) dan 3G sedangkan kalian menggunakan mode sinyal 2G atau 3G sehingga muncul sinyal R.

4. Mengaktifkan Roaming di HP

Penyebab sinyal R adalah kalian telah mengaktifkan Roaming pada HP android, apakah itu sengaja atau tidak yang jelas pada pengaturan HP roaming telah diaktifkan.

4. HP Sudah Jadul

HP tidak mendukung pada jaringan seluler yang disediakan oleh operator yaitu HP tidak mendukung layanan data 4G atau 5G, sementara operator telah mematikan jaringan data 2G dan 3G sehingga muncul sinyal R di HP android.

Setelah mengetahui penyebab munculnya sinyal R maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menghilangkan tanda R di sinyal HP android. Inilah langkah-langkah yang dapat dilakukan.

Cara Menghilanglan Tanda R di Sinyal HP Android

Pada beberapa kondisi di HP android hp samsung, oppo, xiaomi, asus, vivo mungkin ada sedikit perbedaan letak menunya namun caranya tetap sama yang dapat kalian sesuaikan dengan pengaturan di HP android kalian.

Langkah 1. Menonaktifkan Roaming Data

1. Buka HP android kalian.

2. Pilih Pengaturan > pilih Jaringan Seluler.

3. Nonaktifkan Roaming Data dengan menggeser tombol ke kiri.

Jika langkah pertama sudah dilakukan namun tetap muncul tanda R pada sinyal maka lakukan langkah kedua yaitu memilih jaringan secara otomatis.

Langkah 2. Memilih Jaringan Otomatis

Buka Pengaturan > pilih Jaringan Seluler.

Pilih Operator jaringan > lalu pilih Otomatis.

Tunggu sampai proses mencari jaringan otomatis selesai.

Langkah 3. Restart HP

Setelah memilih jaringan secara otomatis namun belum berhasil kemudian lakukan Restart HP yaitu matikan HP kemudian nyalakan kembali.

Pada sampai langkah ini biasanya menghilangkan tanda R pada sinyal HP sudah berhasil.

Langkah 4. Tanyakan Ketersediaan Layanan Operator

Jika tidak berhasil dan masih muncul tanda R maka kemungkinan yang sering terjadi adalah bahwa jaringan atau data seluler tidak tersedia oleh operator seluler yang kalian gunakan sekarang jadi kalian dapat tanyakan pada layanan operator seluler yang digunakan seperti indosat, telkomsel, tri, xl, apakah di wilayah tersebut jaringan data seluler 2G, 3G telah dimatikan atau dinonaktifkan.

Jika jaringan 2G, 3G telah dimatikan pada wilayah jangkauan HP kalian, maka ganti mode jaringan data ke 4G atau 5G sesuai dengan support HP android kalian.

Langkah 5. Ganti Kartu SIM Operator atau Ganti HP

Jika semua hal diatas dilakukan namun hasilnya tetap saja sinyal R muncul di HP kalian dan aktifitas kalian yang membutuhkan sinyal dalam wilayah tertentu saja tidak melakukan mobile maka coba ganti kartu atau sim card indosat, telkomsel, tri, xl seluer kalian yang sesuai dan mendukung ketersediaan jaringan data seluler di wilayah kalian.

Sebelum mengganti kartu kalian harus menanyakan pada operator seluler apakah jaringan tersedia di wilayah kalian menetap sekarang.

Jika jaringan seluler tidak tersedia pada wilayah tertentu atau HP tidak mendukung jaringan yang tersedia, seperti beberapa operator telah mematikan atau menonaktifkan sinyal 2G, 3G maka kalian harus mengganti atau membeli HP android 4G atau 5G baru.

Cara Menghilangkan Sinyal R (Roaming) di HP Samsung

Untuk pengguna HP samsung maka cara mengatasi sinyal R di HP samsung dengan mematikan data roaming dengan cara berikut ini.

1. Buka HP Samsung.

2. Pilih Settings > pilih Connections.

3. Pilih Mobile Networks.

4. Nonaktifkan pada Data Roaming dengan menggeser tombol ke kiri.

Cara Menghilangkan Sinyal R (Roaming) di HP Oppo

1. Buka HP Oppo kalian.

2. Pilih menu Settings, lalu guril ke bawah dan temukan opsi Dual SIM & Celluler atau Mobile Network.

3. Pilih Mobile Network, kemudian matikan atau nonaktifkan Data Roaming.

Jika kalian telah mematikan atau menonaktifkan data roaming namun masih muncul sinyal R di hp samsung dan oppo maka kalian dapat melakukan langkah selanjunya seperti diatas untuk menghilangkan sinyal R di HP android.

Itulah cara mengatasi tanda R sinyal HP android dan penyebab munculnya sinyal R atau Roaming pada HP android.

Dengan menghilangkan tanda R sinyal di HP dan mengembalikan sinyal R ke 4G, 5G maka koneksi jaringan dan data internet di HP dapat digunakan dengan normal meskipun tidak roaming atau masih dalam wilayah Indonesia dengan kode nomor telepon +62 secara normal.