Force Quit Menutup Aplikasi Macet / Mematikan Macbook Hang

cara force quit mac macbook, cara menutup paksa aplikasi macet tidak bergerak, cara mengatasi macbook hang, cara mematikan macbook hang, aplikasi tidak bisa di tutup di macbook

Inilah cara force quit mac menutup aplikasi macet dan cara mematikan Macbook hang yang akan Milsmilo Blog berikan tips dan panduanya sekarang.

Saat kalian mengalami masalah tiba-tiba aplikasi macet di Macbook sehingga aplikasi tidak dapat ditutup, atau tiba-tiba Macbook hang dan macbook tidak bisa dimatikan maka jangan bingung.

Bagaimana cara mengatasi aplikasi yang tidak bergerak dan cara mematikan macbook hang yang tidak bisa mati, kondisi tersebut wajar dan dapat terjadi namun tergantung dari apa penyebab aplikasi macet dan Macbook hang.

Penyebab aplikasi macet tidak mau beregerak atau Macbook hang saat digunakan biasnya terjadi karena memori internal Macbook penuh karena berisi sedikit ruang penyimpanan yang tersedia di Macbook.

Baca juga : Cara Menghapus Apilkasi Di Macbook

Apa Itu Force Quit Mac

Force Quit adalah cara untuk menutup paksa aplikasi saat macet atau Macbook mengalami hang sehingga aplikasi tidak dapat ditutup dengan menggunakan tombol close.

Saat kondisi macbook hang, berhenti dan macet saat digunakan, maka force quit adalah cara untuk mematikan macbook hang dengan menggunakan tombol power atau mematikan macbook dengan shortcut jika tidak dapat ditutup paksa dengan menekan tombol power atau daya.

Dalam kondisi normal, kalian dapat menutup aplikasi dengan cara berikut ini.

Cara Menutup Aplikasi Di Macbook

1. Klik close pada tanda merah dipojok kanan atas pada jendela aplikasi.

Aatau gunakan shorcut dengan menakan tombol Command + Q ⌘Q dan Aplikasi akan menutup dengan normal.

2. Jika kalian mengaktifkan auto save saat aplikasi ditutup maka akan muncul notifikasi peringatan jika perubahan terakhir belum disimpan.

3. Pilih Save untuk menyimpan perubahan di aplikasi sebelum menutup aplikasi di Macbook.

4. Jika aplikasi sudah ditutup, maka tutup juga aplikasi melalui Dock jika dibawah aplikasi masih terdapat tanda titik dibawah icon aplikasi di dock yang menandakan aplikasi belum masih dibuka.

5. Tutup aplikasi pada dock, caranya arahkan kursor pada ikon aplikasi di dock, kemudian klik kanan pada mouse atau ketuk touchpad dengan dua jari kemudian pilih Quit.

6. Dan kalian berhasil menutup aplikasi yang digunakan.

Cara menutup aplikasi juga dapat dilakukan melalui menu bar berikut ini.

Cara Menutup Aplikasi di Macbook Melalui Menu Bar

1. Arahkan kursor pada nama aplikasi di menu bar.

2. Klik nama aplikasi tersebut kemudian pilih Quit.

3. Setelah aplikasi ditutup maka tutup juga aplikasi pada dock Macbook.

4. Caranya pilih aplikasi yang akan ditutup kemudian arahkan kursor ke aplikasi.

5. Selanjutnya klik kanan pada mouse atau ketuk touchpad dengan dua jari kemudian pilih Quit.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya jika kalian menemukan kondisi aplikasi tidak dapat ditutup seperti biasa yaitu aplikasi tidak dapat ditutup atau macet dan macbook hang.

Menutup aplikasi yang tidak bisa bergerak dan menutup macbook hang yang tidak bisa mati dapat dilakukan dengan cara force quit.

Saat kalian melakukan force quit di mac dengan menutup paksa aplikasi yang berhenti dan tidak bisa dibuka maka perubahan yang belum disimpan dapat hilang.

Sebagai contoh saat saya sedang menggunakan aplikasi preview untuk mengedit foto dan gambar, aplikasi tiba-tiba tidak bergerak, hang, macet, dan tidak bisa ditutup.

Inilah cara force quit untuk menutup paksa aplikasi di Macbook yang macet atau hang saat digunakan berikut ini.

Cara Force Quit / Menutup Aplikasi Macet di Macbook

1. Pilih menu Apple di pojok kiri atas.

2. Selanjutnya pilih Force Quit

cara force quit mac macbook, cara menutup paksa aplikasi macet tidak bergerak, cara mengatasi macbook hang, cara mematikan macbook hang, aplikasi tidak bisa di tutup di macbook

3. Selanjutnya akan terbuka kotak dialog force quit, lalu pilih aplikasi yang akan ditutup paksa.

4. Gunakan tombol keyboard sebagai shortcut untuk membuka jendela force quit adalah Command + Option + Esc yang ditekan secara bersamaan.

4. Setelah itu klik Force Quit, maka kalian berhasil menutup aplikasi yang macet.

Gunakan tombol keyboard sebagai shortcut untuk membuka jendela force quit adalah Command + Option + Esc yang ditekan secara bersamaan.

Jika kalian ingin membukanya kembali, maka buka aplikasi melalui dock atau melalu launchpad.

Namun apa yang harus dilakukan jika kalian telah melakukan force quit di mac untuk menutup aplikasi, namun aplikasi dan macbook tidak dapat ditutup yaitu saat kalian menggunakan aplikasi namun macbook hang, macet dan tidak bisa ditutup.

Inilah cara mengatasi Macbook hang dengan mamatikan Mac secara paksa dengan cara berikut.

Cara Mengatasi / Mamatikan Macbook Hang

Lakukan langkah pertama mengatasi macbook hang berikut.

Langkah pertama, Mematikan Macbook Hang Dengan Tombol Daya

1. Tekan tombol daya atau power selama 10 detik sampai Macbook mati dengan sendirinya.

2. Nyalakan kembali untuk membuka aplikasi dan macbook kalian.

Jika Macbook tidak bisa mati atau tidak dapat dimatikan dengan menggunakan tombol daya atau power maka kalian dapat mematikan Macbook hang dengan cara berikut.

Langkah kedua, Mematikan Macbook Hang Dengan Keyboard

1. Untuk mematikan Macbook hang maka kalian dapat menggunakan force quit shortcut untuk menutup semua aplikasi di Mac, inilah caranya.

2. Tekan secara bersamaan tombol Control + Option + Command + Power di keyboard dan ini akan menutup semua aplikasi di Mac.

3. Jika belum berhasil dapat menggunakan shortcut Control + Command + Power yang ditekan secara bersamaan.

4. Selanjutnya Mac akan mati.

5. Tunggu sebentar setelah mematikan laptop Macbook, kemudian nyalakan Mac kembali.

Bagaimana mudah kan cara menutup aplikasi macet, tidak bergerak dan tiba-tiba berhenti.

Menutup aplikasi macet berhenti tidak bisa ditutup adalah dengan cara Force Quit atau dengan menggunakan shortcut force quit, tekan Command + Option + Esc secara bersamaan untuk membuka jendela force quit.

Begitu juga cara mengatasi Macbook hang yaitu dengan mamatikan Macbook yang tidak bisa mati dengan cara menekan tombol daya atau power dan menggunakan shortcut tombol Control + Option + Command + Power ditekan secara bersamaan.

Dengan menutup paksa aplikasi dengan cara force quit Mac yang hang dan macet maka kalian dapat menggunakan dan membuka Macbook kembali.