Cara Membuat Huruf Besar (Drop Cap) Di Awal Paragraf Word

Cara membuat huruf besar atau Drop Cap di awal paragraf di word seperti di koran dengan mengatur ukuran drop cap di ms word

Inilah cara membuat huruf besar (Drop Cap) di awal paragraf word yaitu membuat huruf besar yang berbeda ukurannya di awal paragraf di ms word yang sering ditemukan pada koran atau majalah.

Cara untuk membuat drop cap atau huruf besar di word sangat mudah yaitu kalian tinggal pilih atau seleksi huruf yang akan dijadikan drop cap kemudian aktifkan drop cap di MS Word kalian.

Apa Drop Cap Itu

Drop cap adalah huruf besar di awal kalimat atau paragraf yang dbuat berbeda ukurannya lebih besar dari huruf normal lainya. Contoh drop cap sering digunakan pada koran dan majalah.

Apakah Fungsi Drop Cap Di Word

Fungsi drop cap adalah untuk memberikan variasi tulisan atau teks di awal kalimat dengan tujuan menarik pembaca ke paragraf, alinea atau kalimat tersebut.

Dengan menggunakan drop cap di awal paragraf maka para pembaca akan langsung tertuju pada huruf besar tersebut dan membaca tulisan atau artikel tersebut.

Fungsi drop cap pada microsoft word adalah untuk membuat huruf besar berbeda dengan lainya yang umumnya digunakan di awal paragraf.

Baca Juga : Cara Mengatur Spasi Baris Paragraf Di MS Word

Drop cap sebenarnya tidak hanya digunakan di awal kalimat saja tetapi dapat juga digunakan pada kata atau kalimat yang akan dibuat menjadi drop cap seperti ditengah kalimat atau paragraf..

Macam-Macam Drop Cap Di Word

Untuk membuat huruf besar atau drop cap di word terdapat macam-macam drop cap di word yang dapat dipilih.

  • Drop cap Dropped adalah huruf besar yang menjorok kedalam pada paragraf.
  • Drop cap In Margin adalah huruf besar yang berada di awal paragraf dengan baris dibawahnya rata mengikuti baris atasnya yang dipidahkan oleh drop cap.

Langkah selanjutnya adalah cara membuat huruf besar di awal paragraf dengan drop cap di MS Word yang dapat di lakukan pada semua versi word 2021, 2019, 2016, 2013, 2010, 2007 dan versi lainya.

Cara Membuat Huruf Besar / Drop Cap Di Awal Paragraf Pada MS Word

Buka Microsoft Word, dan saya menggunakan MS Word 2019.

Tulis kalimat dalam bentuk sebuah pargaraf.

Setelah itu seleksi pada huruf pertama pada awal kalimat.

Selanjutnya pilih menu Insert kemudian klik Drop Cap, pilih bentuk drop cap Dropped atau drop cap In Margin.

Cara membuat huruf besar atau Drop Cap di awal paragraf di word seperti di koran dengan mengatur ukuran drop cap di ms word

Langkah selanjutnya adalah bagaimana mengatur drop cap yaitu mengatur besar kecilnya huruf pada awal paragraf drop cap dengan Line to drop dan mengatur jarak drop cap dengan Distance from text.

Cara Mengatur Ukuran Drop Cap Di Word

Untuk mengatur ukuran drop cap menggunakan Line to drop dan Distance from text. Caranya pilih menu Insert > pilih Drop cap > pilih Drop Cap Options.

Kemudian atur ukuran drop cap pada Options, tentukan jenis font pada Font.

Cara membuat huruf besar atau Drop Cap di awal paragraf di word seperti di koran dengan mengatur ukuran drop cap di ms word

Pilih Line to drop untuk mengatur besarnya huruf pada drop cap berdasarkan jumlah baris sebagai contoh saya membuat ukuran drop cap 2 line atau ukuran drop cap 2 baris.

Pilih Distance from text untuk mengatur jarak drop cap dengan text.

Cara Menghilangkan Drop Cap Di Word 

Setelah kalian dapat membuat huruf besar diawal paragraf dengan drop cap maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menghilangkan drop cap di awal paragraf yang dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

Arahkan kursor pada huruf besar drop cap selanjutnya pilih pada menu Insert > pilih Drop Cap > pilih None.

Cara membuat huruf besar atau Drop Cap di awal paragraf di word seperti di koran dengan mengatur ukuran drop cap di ms word

Dan hasilnya huruf yang dijadikan drop cap kembali normal seperti semula.

Demikian cara membuat huruf besar atau drop cap di awal paragraf di microsoft word yang dapat digunakan untuk membuat variasi teks atau tulisan berupa huruf besar seperti di koran atau majalah.