Cara Membuat Superscript Dan Subscript Di Photoshop

Cara membuat Superscript dan Subscript di Photoshop pada teks dan tulisan, membuat superscript text berada diatas dan subscript text berada dibawah

Inilah tutorial Cara Membuat Superscript Dan Subscript Di Photoshop yaitu membuat text superscript dan text subscript.

Sebelum melangkah bagaimana cara membuat superscript dan subscript dengan photoshop maka saya akan flashback sedikit terlebih dahulu dahulu tentang pengertian superscript dan subscript.

Superscript dan Subscript Di Photoshop

Pengertian Superscript adalah karakter berupa text, huruf atau angka yang berada diatas dari text atau angka normal yang biasanya berupa huruf atau angka dengan tulisan yang lebih kecil.

Sedangkan pengertian Subscript adalah karakter text, angka atau huruf yang berada dibawah text, angka atau huruf normal yang berupa karakter lebih kecil.

Membuat Superscript dan subscript pada penggunaan desain di photoshop adalah sering dilakukan untuk menulis nama kimia molekul, rumus kimia dan fisika, tanda pangkat, merek dagang,

Penulisan superscript dan subscript dalam membuat desain seperti banner, leaflet kesehatan dan berbagai penerapan desain yang menyangkut penulisan diatas karakter dan dibawah karaketer huruf.

Superscript dan subscript pada teks dapat di terapkan untuk membuat tulisan berada diatas sedikit dari tulisan biasa terutama jika ingin memberikan variasi bentuk teks dalam sebuah desain maka kalian tidak perlu membuat teks atau tulisan secara terpisah dan cukup dengan membuat superscript dan subscript saja.

Untuk mengatur ukuran text superscript atau subscript terlalu kecil atau kurang besar maka kalian dapat merubah ukuran character teks pada superscript dan subscript dengan cara blok teks pada superscript dan subscript kemudian ganti ukuran font atau hurufnya menjadi lebih besar pada kolom Font Size pada panal Character atau pada options bar.

Untuk membuat superscript dan subscript di photoshop dapat dilakukan melalui Panel Character Text tool seperti dibawah ini.

Cara membuat Superscript dan Subscript di Photoshop pada teks dan tulisan, membuat superscript text berada diatas dan subscript text berada dibawah

Untuk lebih jelasnya kalian dapat melakukan cara membuat superscript dan subscript pada langkah dan cara berikut ini.

Cara Membuat Superscript dan Subscript Di Photoshop

Buka photoshop, kemudian buat file baru melalui menu File > New atau tekan Ctrl+N (Win) atau Command+N (Mac). Kenudian Tulis nama file, ukuran artboard, colormode, resolusi dan background.

Langkah pertama adalah membuat superscript pada teks.

Cara Membuat Superscript Di Photoshop

Sebagai contoh saya akan menulis Ca2+ dan 2+ akan dijadikan Superscript

Pilih Text tool Horizontal Type Tool photoshop kemudian tulis teks Ca seperti biasa setelah itu Pilih Superscript pada panel character dan tuliskan teks yang akan dijadikan superscript text.

Cara membuat Superscript dan Subscript di Photoshop pada teks dan tulisan, membuat superscript text berada diatas dan subscript text berada dibawah

Untuk mengembalikan penulisan teks secara normal maka non aktifkan Superscript dan jika ingin membuat superscript kembali maka pilih icon tersebut pada panel character.

Jika cara membuat superscript dirasa lama karena harus bergantian mengaktifkan dan menonaktifkan superscript maka Cara cepat membuat Superscript adalah dengan cara memblok text, huruf atau angka tersebut.

Tuliskan semua teks secara biasa terlebih dahulu kemudian blok teks, angka atau huruf kemudian aktifkan atau pilih Superscript pada panel Character.

Selanjutnya masuk pada langkah kedua yaitu cara membuat text Subscript berikut ini.

Cara Membuat Subscript Di Photoshop

Sebagai contoh saya akan menuliskan H2SO4 dan teks yang akan dijadikan subscript adalah 2 dan 4.

Pilih text tool, kemudian tulis huruf H kemudian pilih Subscript dan tuliskan angka 2 kemudian nonaktifkan subscript dan tulis teks secara biasa dan untuk membuat subscript selanjutnya pilih icon subscript.

Cara membuat Superscript dan Subscript di Photoshop pada teks dan tulisan, membuat superscript text berada diatas dan subscript text berada dibawah

Cara cepat membuat subscript adalah dengan memblok teks, angka, huruf yang akan dijadikan subscript seperti pada cara membuat superscript.

Dari penjelasan tersebut maka nantinya kalian dapat membuat superscript dan subscript dengan photoshop pada desain kalian dan tidak hanya terbatas pada penulisan secara formal saja seperti rumus kimia atau lambang matematika.

Cara membuat superscript dan subscript dapat divariasikan untuk membuat teks atau tulisan yang unik yaitu yaitu tulisan atau text yang berada diatas atau dibawah teks biasanya sesuai dengan kreativitas masing-masing.