Cara memperbesar / mengecilkan icon shortcut aplikasi di layar desktop

Cara mengatur shortcut  dengan membesarkan dan mengecilkan icon shotcut di layar desktop laptop

Shortcut aplikasi pada layar laptop atau komputer berfungsi sebagai pintasan untuk mempermudah membuka sebuah aplikasi, folder atau browser yang berada pada layar desktop laptop atau komputer.

Saat icon shortcut telah ditambahkan pada layar desktop di laptop atau komputer maka kalian tidak perlu mencari aplikasi pada menu pencarian atau harus masuk ke file explorer untuk membuka sebuah folder file.

Pada Windows 10 icon shortcut aplikasi dapat diatur ukurannya dengan memperbesar atau mengecilkan icon shortcut aplikasi pada tampilan layar desktop pada laptop atau komputer.

Jika kalian ingin menginginkan tampilan shortcut aplikasi di layar laptop yang minimalis maka dapat di atur dengan mengecilkan icon desktop aplikasi di layar dan jika ingin memperjelas maka dapat memperbesar icon pada desktop shortcutnya.

Cara Memperbesar dan Memperkecil Shortcut di Layar laptop

1. Letakan kursor bagian layar desktop, kemudian Klik kanan pada mouse atau tekan trackpad dan muncul menu seperti di bawah ini.

2. Pada menu pengaturan diatas, Klik pada bagian View, Pilih Large icons untuk memperbesar ukuran icon aplikasi menjadi besar, Medium icons dengan ukuran sedang dan untuk mengecilkan icon shortcut dengan memilih Small icons.

3. Jika icon aplikasi pada layar laptop atau komputer kalian terlihat berantakan dengan letak yang tidak teratur maka dapat mengembalikan icon aplikasi seperti semula dengan mengklik atau checklist pada Auto arrange icons dan otomatis icon aplikasi yang tidak teratur letaknya dapat tersusun rapi kembali.

4. Pada pilihan Align icons to grid, kalian dapat memindahkan letak gambar aplikasi pada tempat yang kalian inginkan di layar desktop.

5. Jika kalian ingin menampilkan atau menyembunyikan icon shortcut aplikasi di layar desktop maka aturlah pada bagian Show desktop icons dan beri tanda cecklist untuk menampilkan icon aplikasi dan hilangkan checklist jika ingin menyembunyikan shortcut di layar laptop atau komputer kalian.

Cara Menambahkan Folder Baru Sebagai Shortcut di Layar Laptop

Pada menu pengaturan kalian juga dapat menambahkan folder baru sebagai shortcut yang berfungsi untuk menyimpan file. Caranya pilih New seperti pada gambar dibawah.

Pilih folder dan kilik kemudian tuliskan nama foldernya. Dengan menambahkan folder di layar desktop maka saat kalian dapat menyimpan file, gambar, video atau audio.

Dengan menambahkan shortcut folder pada layar desktop laptop selanjutnyna kalian dapat membuka file yang ada pada folder tersebut.

Dengan memperbesar atau mengecilkan icon shortcut maka kalian dapat menyesuaikan kenyamanan tampilan shortcut pada layar laptop atau komputer. Semoga bermanfaat.