Cara ganti format video menjadi MP4 agar dapat diputar

cara ganti format video menjadi mp4, cara merubah format video di hp android

Mengapa video tidak dapat di putar pada sebuah perangkat baik pada handphone atau komputer.

Penyebab utama video tidak dapat diputar pada handphone atau laptop adalah karena format file video tidak sesuai dengan perangkat pemutar video tersebut.

Cara mengatasi agar video dapat di putar adalah dengan mengganti format video menjadi compatible atau cocok terhadap media player yang ada pada HP atau komputer.

Tidak semua HP atau smarthphone memiliki media player yang dapat memutar video dengan berbagai format, umumnya hanya dapat memutar video dengan dengan format MP4, GIF, 3GP.

Jika kalian memiliki video dengan format mov misalnya maka handphone tidak dapat memutarnya maka ganti format video menjadi MP4 adalah solusi agar video dapat diputar.

Format video MP4 dapat diputar di sebagian besar player di HP, laptop atau komputer.

Saat kalian merekam sebuah video pada layar screen pada laptop atau komputer maka format yang berbentuk adalah mov dan otomatis apabila di putar di handphone atau pada media player yang tidak mendukung format mov maka video tersebut tidak dapat diputar.

Baca juga :

Cara merubah format video menjadi MP4 sangat mudah dengan menggunakan aplikasi Android yang bernama Video Konverter, Kompresor MP4, 3GP, MOV, AVI, MKV yang dapat di download di Play Store.

Aplikasi ini dapat merubah format video menjadi menjadi ke beberapa format yang bisa kalian pilih berupa MOV, 3GP, AVI, F4V (versi PRO). FLV, M4V, MP4, MPEG, MPG, MTS, TS, VOB, WEBM (versi PRO). dan WMV (versi PRO).

Cara merubah format video

1. Setelah kalian download aplikasi Video Converter, selanjutnya buka apalikasinya.

2. Sentuh icon video converter kemudian pilih video yang akan di ubah formatnya dengan memberi tanda ceklist kemudian sentuh.

3. Pada pengaturan ubah format menjadi MP4, pilih resolusi videonya, frame rate, video codec dan audio codec sesuai dengan keinginan kalian, dan jika tidak ingin merubahnya biarkan saja secara default dan ubahlah formatnya saja.

4. Jika kalian ingin mengkompresnya, pada menu Compres geser ke kanan, atur video bitrate dan audio bitrate dengan menggesernya ke kanan atau ke kiri, dan besarnya file dapat di ketahui di bagian bawah pada Estimated Output Size.

Selain mengganti format video aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merubah format audio pada menu Audio Converter, memotong audio pada Audio Cutter, menggabungkan audio pada Audio Merger, merubah video menjadi audio saja pada Video to Audio, memotong video pada Video Cutter dan menggabungkan video pada Video Merger yang dapat lihat pada versi gratis atau berbayarnya.

Demikian cara mudah mengganti format video agar dapat di putar dengan berbagai format melalui HP Android. Semoga bermanfaat,